Cara Membersihkan Lampu Mobil yang Sudah Kusam

Updated: Oct 2



Pada malam hari, terutama dalam kondisi hujan, lampu mobil menjadi salah satu bagian yang sangat dibutuhkan ketika berkendara. Penerangan menjadi kurang optimal bila lapisan kaca lampu buram dan kusam.


Biasanya hal ini disebabkan karena tegangan listrik pada lampu terlalu tinggi dan mobil selalu terparkir di bawah sinar matahari langsung. Serta, penggunanya tidak pernah merawat dan membersihkan lampu mobil.


Oleh karena itu, perlu sekali untuk mengetahui bagaimana cara membersihkan lampu mobil dengan tepat. Tidak perlu membawanya ke bengkel, Tunas Friends bisa melakukannya sendiri kok, asalkan sudah tahu cara membersihkan lampu mobil sesuai dengan tahapan yang baik dan benar.


Baca juga: Spesifikasi Lengkap New Yaris 2020


Alat dan Bahan yang Digunakan untuk Membersihkan Lampu Mobil

Sebelum mengulas tentang cara membersihkan lampu mobil, siapkan dulu beberapa alat dan bahan berikut ini. Semua alat dan bahan tentu mudah didapat, bahkan tersedia di rumah. Inilah yang Tunas Friends perlukan:

  • Masking tape

  • Amplas kertas ukuran 1500

  • Sabun pembersih mobil

  • Compound / kompon khusus kaca

  • Wax mobil

  • Kain microfiber atau kanebo

  • Air bersih

Jangan lupa untuk memilih waktu senggang di luar aktivitas rutin sehari-hari, seperti di akhir pekan supaya lebih fokus dan tidak terburu-buru. Sehingga pembersihan lebih maksimal dan memuaskan.


Baca juga: Spesifikasi Lengkap Toyota Corolla Cross 2020 Indonesia


Cara Membersihkan Lampu Mobil

Berikut ini merupakan tahapan-tahapan yang bisa diikuti dalam membersihkan lampu mobil yang kusam. Ikuti dengan teliti ya, Tunas Friends!


Mencuci Lampu Mobil

Pertama-tama, hilangkan jamur dan kotoran kering yang menempel pada lampu mobil menggunakan lap/kain. Ini adalah tahapan penting yang tidak boleh dilupakan setiap akan membersihkan bagian-bagian mobil ya, Tunas Friends.


Kemudian, cuci bagian lampu mobil dengan sabun pembersih atau wax. Jangan lupa untuk mengeringkannya dengan kanebo atau kain halus lainnya hingga benar-benar tidak ada sisa air sabun yang menempel.


Jika Terdapat Baret pada Lampu Mobil

Siapkan amplas 1500 dan gosok bagian kaca/mika lampu perlahan setelah mencelupkannya ke air secara berkala. Bilas dengan air sambil digosok lagi menggunakan amplas sampai goresannya menghilang.


Jika dirasa sudah benar-benar bersih, langsung keringkan. Jangan sampai ada bekas embun atau cairan yang tertinggal karena bisa menimbulkan noda baru yang sulit dihilangkan.


Jika Lampu Mobil Sudah Menguning

Siapkan kompon, oleskan bahan kompon pada kaca/mika lampu mobil secara merata di bagian yang terlihat menguning dan buram. Tidak masalah jika Tunas Friends ingin mengoleskannya ke segala area, siapa tahu ada noda kuning yang tidak terlihat oleh kasat mata.


Setelah itu, bersihkan olesan kompon tadi dengan lap/kain microfiber, kanebo, atau kain lainnya. Kemudian bilas sampai bersih dan jangan lupa dikeringkan.


Supaya lebih mengkilap, lapisi kaca/mika lampu mobil dengan wax secara merata ke seluruh bagian. Lalu bersihkan dengan kain hingga benar-benar bersih.


Cara Menggosok pada Lampu Mobil

Mungkin banyak dari Tunas Friends yang belum mengetahui, bahwa ketika menggosok bagian ini harus menggunakan gerakan memutar searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam.


Menggosoknya juga jangan terlalu kencang karena bisa menimbulkan goresan baru. Cukup dengan perlahan namun pasti, memang dibutuhkan ketelitian dalam membersihkannya.


Periksa Kondisi Mika Lampu Mobil

Setelah selesai membersihkan lampu mobil sesuai dengan tahapan 1 sampai 4, segera periksa kondisi lampu mobil. Caranya yaitu dengan menyalakan dan menyorotnya ke arah dinding yang bertekstur rata. Pastikan semua kotoran/noda pada mika lampu hilang dan cahaya lampu mampu berfungsi sempurna seperti sedia kala.


Namun, jika masih merasa kurang puas karena lampu belum memberikan cahayanya dengan baik, Tunas Friends bisa mengulangi kembali langkah-langkah mengenai cara membersihkan lampu mobil di atas.


Perlu diperhatikan, sebisa mungkin Tunas Friends menutup daerah sekitar lampu dengan kain atau masking tape supaya cat pada body mobil tidak tergores amplas. Tunas Friends juga harus berhati-hati dan lebih teliti ketika membersihkan kaca mobil. Jangan sampai memunculkan noda baru yang tidak diinginkan akibat kelalaian yang tidak disengaja.


Baca juga: Kaca Mobil Berjamur? Ini Cara Ampuh Membersihkannya!


Cara Merawat Lampu Mobil agar Tidak Menguning

Selain cara membersihkan lampu mobil, Tunas Friends juga perlu memahami bagaimana cara merawat lampu mobil supaya tidak cepat buram dan menguning. Di antaranya adalah dengan:

  • Tidak memarkirkan mobil di bawah terik matahari, melainkan memarkirkannya di tempat teduh supaya lampu mobil tidak cepat berubah warna menjadi agak kuning.

  • Menggunakan lampu yang sesuai dengan spesifikasi mobil yang Tunas Friends miliki. Jangan memakai lampu yang watt-nya terlalu besar ya!

  • Menggunakan cairan khusus untuk melindungi lampu mobil, seperti cairan wax dan cairan anti sinar UV.

  • Langsung mencucinya setelah terguyur hujan, jangan didiamkan terlalu lama supaya noda air tidak membekas.


Baca juga: Handling Lebih Mantap! Kelebihan Angin Nitrogen untuk Ban Mobil


Hendaknya, Tunas Friends melakukan perawatan lampu mobil secara rutin dan konsisten. Ini bertujuan agar performa mobil tetap maksimal dan apabila Tunas Friends memerlukan layanan service kendaraan #dirumahaja, Tunas Friends bisa booking service dari rumah dan tunggu kami datang, mudah sekali bukan?


Tunas Friends juga sedang galau memilih mobil baru yang cocok dengan budget? Kunjungi Dealer Tunas Toyota via online dan temukan produk yang Tunas Friends inginkan di sini.

98 views
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2020

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company