Kaca Mobil Berjamur? Ini Cara Ampuh Membersihkannya!

Updated: Oct 2



Kaca mobil adalah salah satu bagian terpenting dari mobil yang harus terjaga kebersihannya. Sebab, ketika kaca mobil berjamur atau kotor karena debu, akan menjadi penghalang penglihatan saat berkendara.


Jangan anggap kaca mobil yang buram dan berjamur merupakan masalah sepele. Jika dibiarkan, bisa membahayakan diri sendiri lho, Tunas Friends!


Kaca mobil berjamur biasanya disebabkan oleh penempatan mobil di area parkir yang lembab tanpa sinar matahari, ditambah Tunas Friends jarang membersihkan kaca mobil setelah terguyur hujan.


Sebenarnya, cara membersihkan kaca mobil berjamur tidaklah sulit. Tunas Friends bisa mencucinya di salon mobil. Namun, jika Tunas Friends memiliki banyak waktu, apalagi saat PSBB seperti sekarang ini, membersihkannya sendiri di rumah adalah sebuah pilihan yang tepat.


Lalu, bagaimana caranya dan alat apa saja yang diperlukan? Mari simak ulasan berikut ini.


Baca juga: Spesifikasi Lengkap New Yaris 2020


Alat yang Digunakan untuk Membersihkan Kaca Mobil Berjamur

Sebelum mengetahui caranya membersihkan kaca mobil, Tunas Friends harus mempersiapkan beberapa perlengkapannya terlebih dahulu berupa alat khusus pembersih kaca, seperti:


Kain Microfiber

Tunas Friends tentu membutuhkan kain berbahan halus seperti kain microfiber. Kain jenis ini berfungsi untuk mengangkat debu-debu dan kotoran yang menempel pada kaca. Lakukan pembersihan dengan kain microfiber (tanpa menggunakan air) sebelum mencucinya.


Spons Bersih

Siapkan juga spons bersih (bukan spons cuci piring ya, Tunas Friends!) yang berfungsi untuk menggosok bagian kaca dengan sabun pembersih. Spons bisa menjangkau ke permukaan kaca yang sulit dibersihkan, sehingga kotoran-kotoran akan mudah hilang dengan cepat.


Squeegee

Terakhir adalah squeegee. Alat ini bisa Tunas Friends gunakan setelah mencuci kaca mobil dengan sabun pembersih. Fungsinya adalah mengangkat sisa-sisa kotoran dan sabun yang menempel pada kaca mobil. Dengan begitu, tidak ada bekas sabun yang membekas dan membuat kaca mobil lebih bersih.


Baca juga: Spesifikasi Lengkap Toyota Corolla Cross 2020 Indonesia


Bahan yang Digunakan untuk Membersihkan Kaca Mobil Berjamur

Adapun bahan-bahan yang digunakan sebagai pembersih kaca mobil. Beberapa di antaranya yaitu pembersih yang memang khusus untuk kaca mobil dan pembersih kaca aquarium yang bisa dimanfaatkan sebagai cairan pembersih kaca mobil.


Cairan Pembersih Khusus Kaca Mobil

Mungkin, Tunas Friends mengenal cairan ini dengan sebutan glass cleaner. Teksturnya cenderung kental dan pekat, serta mampu membuat kaca kembali mengkilap seperti baru.


Glass cleaner mampu mengangkat kotoran-kotoran seperti minyak dan jamur yang sudah berkerak di permukaan kaca, bahkan masuk ke pori-pori kaca. Kotoran atau residu semacam ini susah banget hilangnya kalau hanya menggunakan air biasa.


Baca juga: Handling Lebih Mantap! Kelebihan Angin Nitrogen untuk Ban Mobil


Cara Membersihkan Kaca Mobil Berjamur

Nah, ini saatnya mempelajari bagaimana cara membersihkan kaca mobil dengan baik dan benar. Yuk, perhatikan tahapannya!

  1. Sebisa mungkin gunakan air bersih untuk membersihkan kaca mobil. Tunas Friends bisa menyiapkan air mengalir atau air di dalam ember.

  2. Pilih tempat yang tepat dan tidak berada di bawah sinar matahari langsung. Sebab, cairan bisa cepat mengering dan meninggalkan bekas noda baru pada kaca mobil.

  3. Sediakan juga kain bersih berbahan microfiber, spons, dan squeegee. Atau, alat dan kain lain berbahan halus yang Tunas Friends miliki.

  4. Semprot atau usap bagian kaca dengan cairan pembersih yang sudah dijelaskan di atas. Gosok sampai bersih dan jamur terangkat dengan sempurna.

  5. Jika perlu, bilas dengan air sesaat setelah Tunas Friends memberikan cairan pembersih pada kaca. Namun, Tunas Friends bisa melewati tahap ini jika memang tidak dianjurkan adanya pembilasan dengan air.

  6. Usahakan untuk membersihkan kaca depan mobil terlebih dahulu karena memiliki kesulitan paling tinggi. Jika cairan pembersih tidak sengaja mengenai body mobil, segera bilas dengan air supaya tidak merusak cat mobil.

  7. Ulangi tahapan di atas apabila hasilnya belum memuaskan. Jangan lupa untuk tetap menggunakan sarung tangan dan petunjuk pemakaian supaya lebih aman.


Baca juga: Tips Memilih Rak Sepeda di Mobil untuk Anda yang Suka Bersepeda


Jika Tunas Friends berencana membeli mobil? Kunjungi Tunas Toyota sekarang dan pilih produk yang sesuai kebutuhan! Atau, Tunas Friends sedang mencari layanan servis mobil yang bisa datang ke rumah? Booking di sini!

21 views
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2020

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company