Search
  • Admin

AC Mobil Terasa Bau? Ternyata Inilah 5 Penyebabnya


AC Mobil Bau
AC Mobil Bau

Mungkin beberapa dari Tunas Friends masih bingung sebenarnya kenapa dan apa penyebab AC mobil bau pada saat dinyalakan. Pastinya Tunas Friends sudah mengantisipasi terlebih dahulu ketika berbicara mengenai bau di kabin mobil dengan memasang pewangi mobil di depan AC.


Tetapi walaupun sudah diberi pewangi, tetap saja muncul bau yang tak sedap dari AC mobil. Nah, maka dari itu yuk simak penjelasan di bawah ini agar Tunas Friends dapat menemukan solusi untuk mengatasi masalah AC mobil bau.


Baca juga: Perkiraan total biaya servis mobil toyota avanza


Penyebab AC Mobil Bau

Salah satu masalah yang akan ditemukan oleh para pemilik kendaraan yaitu bau tak sedap yang dihasilkan oleh AC mobil. Terutama kalian harus mencari tahu terlebih dahulu apa sih sumber yang menimbulkan bau tak sedap agar bisa mengatasi masalah ini.


Kebiasaan Merokok Dalam Mobil

Jika beberapa dari Tunas Friends adalah seorang perokok, sebaiknya hindari untuk merokok di dalam mobil. Merokok di dalam mobil dapat meninggalkan jejak bau yang bisa menempel pada beberapa bagian seperti karpet, jok, dashboard, sampai plafon mobil yang tentunya mengakibatkan AC mobil menjadi bau.


Saat sudah menimbulkan bau, untuk membersihkan hingga menghilangkan baunya cukup sulit. Jika kalian ingin memiliki kondisi sistem pendingin mobil yang tetap wangi, jangan pernah sekalipun kalian merokok dalam kabin mobil dan selalu menjaga kebersihan kabin mobil.


Baca juga: Simak inilah promo service toyota terbaru


Filter AC Mobil Kotor

Mendengar namanya tentu kita sudah bisa mengetahui fungsi dari bagian AC mobil yang satu ini, filter ac memang memiliki peran yang penting untuk menyaring udara yang ada di dalam kabin mobil.


Tak herang kondisi filter mobil ini serang menjadi penyebab munculnya bau pada ac mobil. Debu yang menumpuk pada bagian filter ini bukan hanya membuat kondisi udara yang keluar menjadi tidak dingin, tapi juga bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.


Maka dari itu, penggantian filter ac ketika melakukan service berkala menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan, agar kondisi filter tetap terjaga yang pada akhirnya memberikan sirkulasi udara yang baik pada bagian kabin dan terhindar dari ac yang mengeluarkan aroma bau tidak sedap.


Baca juga: Catat inilah jadwal melakukan servis rem mobil dan fungsinya


Evaporator Kotor atau Bocor

Jika kondisi evaporator penuh dengan kotoran, itu merupakan salah satu penyebab dari AC mobil yang bau. Karena ketika kondisi evaporator tersebut kotor, dapat menimbulkan bau yang dihasilkan oleh bakteri serta jamur yang tumbuh dalam evaporator.


Selain kondisi yang kotor, kebocoran pada evaporator mobil juga dapat menimbulkan munculnya bau. Apabila hal ini terjadi sangat disarankan tunas friends untuk segera melakukan pengecekan atau servis di bengkel terdekat..


Pewangi Habis dan Kualitas Rendah

Rata-rata pemilik kendaraan roda empat memasang parfum atau pewangi yang dipasang pada bagian AC mobil. Hal tersebut tentu untuk memberikan sensasi harum di dalam kabin mobil.


Bila pewangi ini habis tentu udara di dalam kabin menjadi lebih bau, terutama apabila kurang melakukan perawatan dan pembersihan pada beberapa bagian kabin seperti karpet dan juga kursi mobil.


Baca juga: Daftar bengkel mobil toyota bandung


Namun ketika memasang pewangi dalam mobil juga tidak bisa sembarangan loh. Memilih pewangi ruangan dengan kualitas yang buruk juga justru akan membuat kondisi kabin menjadi bau, loh.


Grill AC Kotor

Selain pada bagian dalam seperti filter ac dan juga evaporator ac mobil, ternyata pada bagian luar seperti grill ac yang kotor juga dapat menyebabkan kondisi ac menjadi bau loh.


Faktor utamanya sudah tentu adalah debu yang menumpuk pada grill karena kurangnya melakukan pembersihan pada bagian tersebut, terlebih bagian yang terdapat pada dasbor ini seringkali terkena percikan kotoran dari makan atau berbagai benda lainnya.


Untuk itu membersihkan bagian grill termasuk bagian dashboard mobil lainnya menjadi sebuah hal yang penting untuk memastikan tidak munculnya bau yang tidak diinginkan ketika menyalakan ac mobil.


Baca juga: Daftar bengkel servis toyota daerah jakarta barat


Polusi Dari Luar Mobil

Ternyata beberapa kejadian munculnya bau bisa juga disebabkan oleh polusi yang ada di luar mobil loh, salah satunya adalah asap kendaraan yang ada disekitar. Asap ini bisa saja masuk ke bagian mesin terutama ac sehingga menyebabkan bau muncul.


Selain itu kondisi ventilasi jendela yang buruk dapat menyebabkan munculnya bau pada bagian kabin yang disebabkan oleh polusi yang ada di luar mobil seperti asap kendaraan ataupun saat melintasi kawasan yang dipenuhi oleh sampah.


Baca juga: Apa yang harus dicek saat servis pertama mobil toyota yaris


Nah itu dia beberapa penyebab kenapa ac mobil bau, menjaga kondisi mobil dan menjaga kebersihan menjadi hal yang penting untuk menghindari hal ini terjadi.


Bila tunas friends merasakan beberapa permasalahan di atas, bisa langsung menghubungi kami untuk melakukan service toyota di bengkel resmi kami, klik tombol di bawah ini untuk melakukan servis mobil lebih cepat dan praktis.



56 views0 comments