• Jesanto

Pentingnya Menjaga Tekanan Angin Ban Mobil



Ban mobil merupakan komponen utama yang penting untuk dirawat, di samping bodi mobil itu sendiri. Terutama tekanan angin ban mobil yang perlu dijaga agar tetap stabil ketika dibawa berkendara.


Seperti yang diketahui, mengisinya dengan angin nitrogen adalah salah satu cara untuk menjaga tekanan angin ban. Tunas Friends juga bisa mengisinya dengan angin biasa yang tersedia di bengkel pinggir jalan, harganya pun murah meriah.


Berikut ini ada beberapa tips menjaga tekanan angin ban dan manfaat menjaga tekanan angin ban yang perlu Tunas Friends ketahui lebih dalam. Tunas Friends akan menyadari betapa pentingnya stabilitas tekanan angin ban mobil yang selama ini Tunas Friends kendarai.


Apakah bisa mempengaruhi performa mobil dan juga keselamatan Tunas Friends? Mari simak ulasannya di bawah ini supaya lebih jelas!


Baca juga: Manfaat Servis Mobil Toyota secara Berkala


Tips Menjaga Tekanan Angin Ban

Mengetahui Tekanan Angin Ban yang Ideal

Tekanan angin ban yang ideal pada mobil satu dengan mobil lainnya tentu berbeda. Para pembuat mobil memiliki alasan tersendiri ketika menetapkan tekanan angin tersebut. Lalu bagaimana cara mengetahui angka tekanan angin ban yang ideal?


Lihatlah pada buku panduan kendaraan Tunas Friends. Oleh karena itu, saat membeli mobil baru, simpan buku panduan dan surat-surat lainnya pada satu kotak khusus supaya tidak hilang dan berpencar.


Selain buku manual atau buku panduan, Tunas Friends bisa melihatnya pada stiker yang menempel di belakang pintu pengemudi atau di sasis mobil. Jika tidak menemukannya, cari di sisi dalam ban mobil ya!


Tekanan Angin yang Terlalu Rendah dapat Membahayakan

Tunas Friends harus benar-benar memastikan tekanan angin yang ideal, tidak lebih apalagi kurang. Sebab, tekanan angin yang terlalu rendah bisa lebih berbahaya dan berisiko daripada tekanan angin yang terlalu tinggi. Walaupun keduanya sama-sama mampu mempengaruhi performa.


Jika terlalu rendah, ban mobil bisa rusak dan velg mobil menjadi bengkok karena dipaksa menopang beban berat tanpa bantuan tekanan angin yang cukup. Selain itu, ban mobil dengan tekanan angin yang rendah bisa menyulitkan ban bergulir secara benar sehingga membutuhkan banyak bahan bakar untuk membuatnya terus berputar.


Menurut penelitian dari National Highway Traffic Safety Administration di Amerika Serikat, mobil dengan tekanan angin ban di bawah 25% dari angka seharusnya, memiliki potensi 3x lebih besar mengalami kecelakaan. Mengapa?


Ban dengan tekanan yang rendah tidak mampu mencengkeram jalanan dengan baik dan membuat keseimbangan berkendara berkurang sehingga rentan terjadi kecelakaan.


Mengecek Tekanan Angin Secara Berkala

Tips terakhir yaitu melakukan pemeriksaan tekanan angin ban secara rutin di bengkel terpercaya atau bengkel resmi. Tunas Friends bisa menggunakan alat pemeriksa tekanan angin digital untuk mengetahui kondisinya secara lebih aktual.


Pastikan tekanan angin ban tidak kurang atau melebihi batas ideal yang disarankan dan pastikan ban dalam kondisi baik, sehingga bisa dipakai berkendara dengan nyaman dan aman.


Gunakan angin nitrogen untuk membuat ketahanan ban lebih lama. Namun, sebagai alternatif, Tunas Friends bisa mengisi angin ban dengan air compressor. Jangan lupa untuk selalu menjaga tekanannya.


Baca juga: Kelebihan dari Toyota Innova TRD Sportivo


Manfaat Menjaga Tekanan Angin Ban

Mencegah Pecah Ban

Pecah ban terjadi karena perubahan bentuk ban yang berlangsung lama (tanpa perbaikan) sampai akhirnya menyebabkan suhu panas pada permukaan ban. Jika sudah berada dalam kondisi ini, Tunas Friends harus segera pergi ke bengkel untuk melakukan servis.


Jangan sampai dibiarkan. Sebab, suhu panas yang didiamkan, lama-lama bisa mengakibatkan pemisahan pada lapisan ban, kemudian pecah secara mendadak tanpa mengenal tempat.


Ini akan menyusahkan Tunas Friends apabila sedang dalam perjalanan. Satu-satunya cara adalah menderek mobil ke bengkel terdekat, baru bisa ditangani lebih lanjut yaitu penggantian ban mobil.


Pengereman Lebih Baik

Apabila tekanan angin ban mobil Tunas Friends tidak normal, sistem pengereman bisa ikut menurun. Ini dikarenakan daya cengkeram ban terhadap jalanan berkurang, sehingga menyebabkan kualitas pengereman menjadi tidak optimal.


Semakin baik tekanan angin, maka kontak area yang dihasilkan antara ban dan jalan menjadi lebih luas. Dengan begitu, daya cengkeram dan kualitas pengereman menjadi lebih baik. Tunas Friends pun bisa mengendarai mobil dengan performa yang lebih baik dan lebih aman.


Lebih Stabil Saat Menikung dan Kecepatan Tinggi

Ban menjadi alat vital yang mempengaruhi performa kendaraan. Tekanan angin yang cukup akan membuat sisi samping ban lebih kuat untuk menahan gaya dan beban saat menikung.


Laju kendaraan terasa lebih stabil, terutama saat dibawa berbelok maupun mengebut. Oleh karena itu, selalu jaga tekanan angin ban dalam batas normal dan segera kunjungi bengkel apabila sudah waktunya diservis ya, Tunas Friends!


Usia Pakai Ban Lebih Lama

Kurangnya tekanan angin membuat ban jadi lebih cepat aus karena tidak semua bagian ban mengalami gesekan secara merata. Sehingga, mau tidak mau Tunas Friends harus menggantinya (padahal belum waktunya untuk diganti). Semahal apa pun ban yang Tunas Friends punya, jika tekanan anginnya tidak dijaga, hasil akhirnya tetap sama.


Apabila tekanan angin pada ban berada di batas ideal, seluruh bagian ban akan bergesekan dengan jalan secara merata, sehingga ban menjadi lebih awet dan tidak terjadi aus dalam jangka waktu yang singkat.


Meningkatkan Kenyamanan Berkendara

Pertanda bahwa tekanan angin pada ban tidak dalam kondisi normal yaitu terdengar suara mendengung atau terasa getaran yang disebabkan oleh ban mobil saat Tunas Friends berkendara.


Dengan terus menjaga tekanan anginnya, ketidaknyamanan tersebut tidak akan Tunas Friends rasakan. Bepergian kemana pun akan terasa nyaman dan aman, walaupun jauh.


Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Baret Mobil


Nah, bagaimana Tunas Friends? Kini Tunas Friends mengetahui bahwa sangat penting menjaga kestabilan tekanan pada ban mobil. Banyak manfaat yang didapat, baik dari segi keamanan dan juga kenyamanan.


Daripada bingung pilih lokasi ganti ban, lebih baik langsung kunjungi bengkel Tunas Toyota! Banyak promo diskon ban dan bonus yang menunggu! Ayo klik di sini untuk lihat promonya!

2 views
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2020

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company