top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Setir Mobil Terasa Berat? Yuk, Kenali 6 Penyebab Setir Berat


6 Penyebab Setir Berat
6 Penyebab Setir Berat

Fungsi Power Steering pada mobil adalah untuk meringankan setir ketika sedang berkendara. Sehingga saat Tunas Friends memutar setir mobil akan terasa lebih mudah dan ringan.


Apabila setir terasa menjadi lebih berat dan susah untuk dikemudikan, tentu ada komponen yang bermasalah. Namun apa saja yang bisa membuat setir menjadi berat? Simak Penyebab Setir Mobil menjadi berat


Pompa Oli Power Steering Macet

Yang pertama adalah permasalah pada bagian pompa oli power steering. Biasanya permasalahan ini muncul dikarenakan Pompa Oli Power Steering yang tidak bekerja dengan optimal dan menghambat arus kerja oli.



Selain itu penyebab kurang optimalnya kerja pompa oli adalah ada bagian yang macet sehingga power steering tidak bisa bekerja secara maksimal.


Kurangnya Oli Power Steering

Selain pompa oli yang rusak tentu faktor berkurangnya Oli pada Power Steering yang disebabkan karena terjadinya kebocoran oli juga akan membuat setir menjadi berat. Saat Oli Power Steering berkurang maka tekanan yang dihasilkan pun juga menurun.

Oli Power Steering
Oli Power Steering

Cara sederhana yang dapat dilakukan agar setir menjadi ringan lagi yaitu mengisi oli power steering sesuai dengan standar yang sudah diberikan atau service power steering agar menghasilkan hasil yang maksimal.


Rusaknya Komponen Belt Power Steering

Komponen lainnya yang bisa membuat power steering menjadi berat yaitu apabila Belt Power steering rusak. Fungsi pada Belt Power Steering adalah untuk mengatur perputaran baik itu menghentikan dan memulai memutar setir



Apabila Belt Power Steering ini putus maka tentu Pompa Power Steering tidak dapat berputar dan tekanannya menjadi jauh lebih berat daripada kondisi normal.


Permasalahan Rack Steer

Rack Steer pada mobil adalah penghubung antara setir dan kaki kaki mobil agar tetap stabil dan ringan saat memutar atau menghentikan setir.


Kerusakan yang dirasakan saat Rack Steer rusak yaitu setir terasa lebih berat dan susah untuk kontrol atau di kemudikan. Jika ada 1 seal saja di Rack Steer rusak maka anda harus ganti secara keseluruhan.


Long Tie Rod Rusak

Setir mobil akan berubah menjadi berat Apabila long tie rod dan inner tie rod bermasalah. Karena komponen besi panjang menghubungkan output dari rack steer ke steering knuckle.



Ujung besi panjang ini disebut dengan Ball Joint yang bekerja sebagai engsel dan pada bagian ini yang biasa nya sering terjadinya kerusakan. Penyebab kerusakan ini bisa muncul karena sering melewati jalanan yang berlubang atau rusak.


Gelaja yang dialami Apabila mengalami kerusakan pada ball joint adalah setir menjadi berat dan terasa adanya getaran pada setir. Apabila kerusakan ini terjadi di kendaraan Tunas Friends, maka disarankan untuk segera mengganti inner tie rod secara keseluruhan.


Tekanan Angin Ban Pada Mobil Berkurang

Meskipun sederhana, ternyata kurangnya tekanan angin pada ban juga bisa menjadi penyebab setir menjadi berat,loh. Karena kurangnya pada tekanan angin akan mempersulit pengemudi untuk memutar setir saat sedang mobil berjalan.


Tekanan angin ban mobil
Tekanan angin ban mobil

Langkah untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan cara rutin mengecek tekanan angin pada ban sebelum mobil akan dipakai. Jika tekanan angin pada ban sudah mulai mengurang segera isi dengan tekanan angin yang sesuai standar agar saat kendaraan mobil terasa lebih nyaman.



Itulah beberapa penyebab terjadinya stir mobil yang terasa berat. Oleh karena itu tunas friend, jangan lupa selalu mengecek dan merawat kendaraan pribadi. Apabila kendaraan mobil tunas friend mengalami kerusakan segera datang ke Tunas Toyota terdekat dan kami akan siap melayani anda.


Untuk mempermudah proses servis toyota, tunas friends bisa langsung melakukan booking service via website resmi kami dengan cara klik tombol di bawah ini. Yuk, langsung servis toyota mu sekarang.



1 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

1 Comment


Firman Reza
Firman Reza
Nov 03, 2022

saya ingin bertanya, kenapa steering mobil toyota raize saya apabila diputar berkali-kali seperti pada saat parkir di tempat sempit atau pada saat belajar parkir, lama kelamaan steer-nya menjadi berat dan bahkan lama-lama menjadi harus menggunakan tenaga untuk memutarnya. Saya sudah pernah bertanya ke bengke resmi tunas toyota dan mereka hanya menyampaikan sudah ada beberapa pelanggan yang mengeluhkan hal yang sama dan belum ada solusinya. Sebelumnya saya pakai mobil merk Honda dan selama 4 tahun tidak pernah mengalami hal seperti ini (steer yang lama kelamaan menjadi berat pada saat parkir). Mohon penjelasannya.Terima kasih.

Like
bottom of page