top of page
Search
  • Admin

Beberapa masalah ini sering menjadi penyebab kecelakaan di jalan Tol


jalan tol
jalan tol

Jalan Tol mungkin sudah sangat akrab di benak sebagian tunas friends, terutama yang memiliki mobilitas yang tinggi dan mengharuskan melewati jalanan bebas hambatan yang satu ini.


Kita juga mungkin sering mendengar mengenai kejadian kecelakaan yang terjadi di jalan tol, banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan, baik pada permasalahan pengemudi maupun sarana jalan.


Berikut ini kami sudah merangkum beberapa masalah yang sering terjadi dan dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan ketika berkendara di jalan tol. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.


Faktor Pengguna Jalan

Beberapa pengguna jalan tol terkadang menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan. Kondisi fisik yang tidak prima ketika berkendara serta kemampuan menaati aturan sering menjadi permasalahan di jalan tol.


Baca juga: Sederhana, Tapi sudah tau kepanjangan spbu?


Pengendara mengantuk dan tidak fokus ketika berkendara memang sangat membahayakan, begitu pula dengan kemampuan memahami aturan. Terkadang masih banyak saja pengendara yang tidak bisa membaca rambu lalu lintas.


Berkendara dengan kecepatan melebihi batas tentu sangat membahayakan, maka dari itu mengikuti aturan menjadi sangat penting ketika berkendara di jalan tol.


Kondisi fisik yang lelah sering mengakibatkan microsleep, maka dari itu bila merasakan hal ini beristirahat di rest area untuk mengembalikan kondisi fisik sangatlah disarankan.


Baca juga: Simak! Ternyata 5 mobil toyota ini cocok dijadikan mobil mudik loh


Faktor kendaraan

Faktor yang satu ini juga sering menjadi permasalahan ketika berkendara di jalan tol. Salah satu yang mungkin sering terjadi adalah masalah pecah ban. Kondisi ban yang seharusnya diganti namun masih digunakan sering mengakibatkan hal ini terjadi.


Pecah ban tentu dapat mengakibatkan kecelakaan karena pengemudi tidak mampu mengontrol mobil yang melaju dengan baik. Bukan hanya kondisi ban yang buruk, ternyata tekanan angin pada ban juga dapat mempengaruhi kondisi dari ban tersebut.


Baca juga: Jangan salah isi angin! inilah tekana standar ban mobil


Beberapa permasalah lainnya seperti mobil mogok ataupun kehabisan bensin bisa menjadi permasalahan lainnya yang tentu bukan hanya merugikan diri sendiri bahkan dapat juga berakibat fatal bagi pengendara lainnya apabila mengganggu dan juga mengakibatkan kecelakaan.


Faktor Jalan

Mungkin kita sering menemukan, di beberapa jalan tol terdapat jalan dengan kondisi yang kurang bagus bahkan berlubang. Hal ini menjadi sangat membahayakan dan dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan.


Kondisi jalanan yang lurus tanpa belokan juga terkadang membuat pengemudi lebih merasa lelah ataupun mengakibatkan kantuk yang dapat membahayakan si pengemudi maupun penumpang.


Baca juga: Mengenal apa itu aquaplaning dan penyebabnya


Dalam kondisi jalan tol yang hujan juga diperlukan kehati-hatian yang penuh ketika berkendara. Istilah aquaplaning sering kita dengar menjadi penyebab kecelakaan di jalan tol.


Jalanan yang basah membuat ban mobil menjadi lebih berat dalam bekerja, tak heran sering mengakibatkan mobil tergelincir karena kondisi jalan yang tergenang air. kewaspadaan ketika berkendara lagi-lagi menjadi hal yang sangat penting.


Baca juga: Seberapa pentingnya kah merotasi ban


Itulah beberapa permasalahan atau faktor yang dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan di jalan tol. maka dari itu memperhatikan seluruh aspek ketika berkendara sangatlah penting, mulai dari kondisi pengemudi, kondisi jalan hingga kondisi mobil.

0 comments
bottom of page