top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Apa Penyebab Mesin Mobil Mati di Jalan? Yuk, Kenali Penyebabnya

Diperbarui: 3 Nov 2022


Mesin Mobil mati Dijalan
Mesin Mobil mati Dijalan

Penyebab mesin mobil mati bisa disebabkan beberapa faktor. Kejadian seperti ini tentunya tidak mengenakan dan akan mengganggu perjalanan.


Namun Tunas Friends tak perlu khawatir karena kita akan kasih tips buat Tunas Friends. Sehingga kedepannya Tunas Friends bisa melakukan persiapan atau antisipasi.


Penyebab Mesin Mobil tiba-tiba Mati

Seperti penjelasan di awal, terdapat banyak faktor yang mengakibatkan terjadinya mesin mati secara tiba-tiba ketika akan dikendarai ataupun saat berkendara. Berikut ini adalah beberapa penyebab mesin mati yang mungkin tunas friends perlu ketahui.



1. Kehabisan bensin

Hal pertama yang mesti diperiksa ketika mesin mobil mati secara tiba-tiba adalah kondisi bahan bakar yang ada di tangki.


Jangan sampai perjalanan Tunas Friends terganggu hanya karena kehabisan bensin. Kejadian seperti ini bisa menimpa siapa saja yang lalai memperhatikan kapasitas bahan bakar sebelum melakukan perjalanan.


2. Fuel Pump Tersumbat

Alasan lain mobil mogok adalah gangguan pada fuel pump. Ketika komponen ini mengalami mampet atau tersumbat dapat dipastikan mesin tidak mendapat pasokan bahan bakar sebagaimana mestinya.



Untuk itu disarankan melakukan perawatan secara rutin terutama ketika Tunas Friends sering melakukan perjalanan jarak jauh.


3. Alternator rusak

Alternator memiliki fungsi memasok listrik ke dalam aki. Ketika fungsinya terganggu maka listrik di dalam aki lama-lama akan habis dan akhirnya mesin mati walau Tunas Friends sedang mengendarainya. Biasanya masalah seperti ini terjadi saat mobil dalam kondisi idle atau langsam.


4. Masalah pada sensor

Mobil-mobil modern saat ini menggunakan teknologi yang mengharuskan produsen menaruh banyak sensor. Seperti barang elektronik pada umumnya, sensor juga bisa mengalami gangguan. Ketika informasi yang ditransmisikannya keliru bisa saja membuat mesin mobil mati.



5. Ignition switch bermasalah

Masalah pada ignition switch juga bisa menjadi penyebab mobil mogok. Jika hal ini kejadian biasanya mesin akan kehilangan tenaga hingga akhirnya mati total. Penyebabnya bisa getaran yang kencang atau guncangan keras setelah menghantam polisi tidur atau lubang di jalan


Itulah beberapa penyeban mesin mobil mati saat dijalan, jika tunas friends memiliki informasi lain terkait penyebab mobil mati ditengah jalan, bisa infokan denganc ara komen di bawah ini yah.


Langkah yang harus dilakukan saat mobil mogok

Lalu, bila mengalami mobil mati di tengah jalan, apa yang seharusnya kita lakukan? tentunya Tunas Friends tidak perlu panik ketika mengalami mesin mobil mati tiba-tiba dalam perjalanan.



Hal pertama yang perlu dilakukan adalah tetap tenang. Selebihnya, untuk merespons situasi yang ada Tunas Friends bisa melakukan langkah-langkah berikut.

1. Menempi dan cari tempat aman

2. Pasang segitiga pengaman

3. Coba nyalakan mesin kembali

4. Menghubungi bantuan darurat 24 jam atau bisa hubungi call center Tunas Friend 1500-790


0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page