top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Berapa Lama Sih Air Radiator Harus di Ganti?

Diperbarui: 9 Agu 2022


Ganti Air Radiator
Ganti Air Radiator

Air radiator menjadi salah satu bagian yang penting dan harus diperhatikan pada mobil. Karena Air radiator penting, Tunas Friends harus lebih aware untuk mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti Air Radiator.


Banyak permasalahan yang bisa terjadi jika pengguna mobil abai dalam memperhatikan Air Radiator mobil ini, salah satu dampak yang bisa terjadi yaitu dapat menyebabkan mobil overheat.



Yang perlu diketahui lagi cairan coolant memiliki masa pakai, sehingga harus diganti jika sudah menimbulkan kendala pada sistem kerja mesin mobil.


Jadi, harus diperhatikan secara teliti. Jangan sampai menunggu mobil mogok baru mengganti air radiator. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut berapa lama air radiator harus diganti.


Berapa Lama Air Radiator Harus di Ganti?

Pertama jika Tunas Friends melihat cairan coolant sudah memudar, itu termasuk salah satu tanda harus melakukan pergantian pada Air Radiator.



Oleh karena itu sebaiknya mengecek kondisi air coolant, jika warna nya sudah berubah menjadi lebih mudar, keruh, atau coklat dan kotor sebaiknya langsung diganti tanpa harus menunggu jarak tempuh yang sudah direkomendasikan pabrik mobil terlampaui.


Hal kedua yang harus diperhatikan jika sudah melewati jarak tempuh. Setiap mobil tentu sudah memiliki standarisasi jarak tempuh untuk kemudian hari, Tunas Friends juga perlu mengetahui maksimal jarak tempuh yang direkomendasikan, biasanya informasi ini bisa di dapatkan dari buku catatan servis.



Contoh pada Toyota Avanza, pergantian air radiator pertama saat beli baru direkomendasikan saat mobil sudah menempuh jarak 160.000 Kilometer. Kemudian pergantian berikutnya berlaku pada kelipatan jarak 80.000 Km. Informasi ini dapat membantu Tunas Friends untuk mengganti Air coolant radiator mobil.


Ketiga pergantian air radiator harus dilakukan jika mobil anda mengalami Overheat, ini merupakan salah satu dampak saat radiator tidak bekerja atau berfungsi sebagaimana mestinya. Kualitas cairan coolant tidak lagi bagus, hal ini akan menyebabkan mesin mengalami overheat.



Suhu mesin mengalami panas berlebihan akhirnya menimbulkan asap dari bawah kap mesin, sebelum hal seperti ini terjadi lebih baik memeriksa dan mengganti air radiator. Kondisi cairan coolant biasanya sudah memburuk menyebabkan radiator sudah tidak maksimal bekerja menyerap panas mesin.


Gejala seperti overheat ini biasanya terjadi saat dalam perjalanan, sebaiknya berhenti dipinggir jalan dan mematikan mesin, kemudia tunggu sampai suhu mesin sampai dingin baru berjalan kembali.



Selain itu hal yang harus diperhatikan kembali jika air radiator sering berkurang, hal teserbut biasanya harus melakukan menambahkan air secara rutin, tetapi bukan cairan coolant sebagaimana mestinya.


Karena sering mencapurkan air mineral dengan air coolant bisa menyebabkan kinerja radiator tidak maksimal. Sebaiknya mengganti air radiator secara keseluruhan. Sering berkurangnya cairan radiator juga bisa disebabkan karena adanya kebocoran pada komponen radiator. Untuk hal seperti ini sebaiknya periksakan secara teliti.



Untuk lebih mudahnya, tunas friends bisa meminta pengecekan kepada mekanik ketika melakukan service berkala. Itulah beberapa tips kapan sebenarnya harus mengganti air radiator.


Jika tunas friends ingin melakukan service, saat ini bisa juga melakukan booking service melalui website resmi tunas toyota, selain mempermudah dan mempercepat, ada undian berhadiah jutaan rupiah juga loh. Jadi tunggu apa lagi, yuk service mobil Toyota mu di bengkel Tunas Toyota.



0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page