Search
  • Admin

Ketahui Fungsi, Komponen dan Cara Kerja Radiator Mobil


Fungsi Radiator Mobil
Fungsi Radiator Mobil

Radiator mobil merupakan sebuah komponen sistem yang berfungsi untuk pendingin mesin pada mobil. Kegunaan radiator yaitu untuk menstabilkan suhu pada mesin yang sedang melakukan pembakaran agar mesin tidak overheat.


Salah satu komponen utama yang memiliki peranan sangat krusial yaitu radiator. Nah, radiator mobil bekerja untuk menyerap suhu panas yang dihasilkan dari mesin agar suhu mesin tetap stabil.


Fungsi Radiator Mobil

Pada mesin mobil, suhu panas dapat timbul yang diakibatkan oleh reaksi pembakaran. Saat mobil dalam kondisi menyala, suhu panas pada mesin akan terus timbul. Maka dari itu, Semakin lama kalian berkendara, maka suhu panas yang dihasilkan oleh mesin semakin tinggi.


Baca juga: Berapa lama sih air radiator harus diganti?


Untuk mengatasi suhu panas yang terlalu tinggi sehingga dapat menyebabkan overheat, maka mesin mobil membutuhkan sistem pendingin untuk menjaga suhu agar tetap stabil sehingga tidak terjadi overheat.


Fungsi dari radiator pada mobil yaitu untuk memindahkan suhu panas mesin dari mobil ke udara. Radiator mengalirkan air atau yang sering kita sebut coolant melalui saluran yang sudah dipasang pada area mesin mobil.


Baca juga: Inilah 3 penyebab yang bisa membuat toyota avanza overheat


Saat mengalir, coolant akan menyerap suhu panas dan membawa suhu panas kembali ke radiator. Setelah itu radiator akan mendinginkan suhu coolant tersebut dan membuang suhu panas ke udara.


Komponen - Komponen Radiator Mobil

Untuk memaksimalkan kerjanya ternyata radiator ini memiliki beberapa komponen pendukung loh. Lalu, apa saja komponen-komponen tersebut? Yuk lanjut simak ulasannya.


Baca juga: Kapan harus ganti oli mobil toyota agya matic? berikut ulasannya


Upper Tank

Upper tank adalah tempat untuk menampung air coolant yang membawa suhu panas dari mesin. Letak upper tank berada di bagian atas radiator yang berbentuk memanjang. Upper tank juga bisa disebut dengan reservoir tank.


Radiator Core

Radiator Core merupakan komponen inti yang memiliki bentuk seperti pipa kecil dan di sekelilingnya memiliki lubang. Fungsi dari radiator core adalah menyalurkan panas melalui air ke udara luar.


Baca juga: Daftar bengkel mobil toyota bandung


Lower Tank

Setelah air mengalami proses pendinginan, air tersebut ditampung di pada lower tank. Setelah air sudah berada di lower tank, air dialirkan kembali untuk menerap suhu panas melalui saluran yang mengelilingi mesin.


Sirip Radiator

Sirip radiator memiliki fungsi membantu core pada saat membuang panas dari air ke udara luar. Letak sirip radiator ada pada tengah-tengah karena fungsi sirip radiator untuk mendukung kerja core.


Drain Plus

Drain plus merupakan komponen yang berfungsi sebagai penguras air pendingin dan memiliki letak di bawah radiator pada lower tank.


Baca juga: Ini dia penyebab lampu indikator check engine menyala


Radiator Cap

Radiator cap atau yang sering kita sebut tutup radiator memiliki fungsi sebagai penutup lubang radiator, mengatur tekanan, dan tempat mengisi air. Radiator cap sangat dibutuhkan untuk menutup radiator agar tidak terjadi bocor pada radiator mobil.


Cara Kerja Radiator

Air coolant yang memiliki suhu netral pada radiator bekerja sebagai pendingin suhu mobil yang mengalir ke saluran yang ada pada mesin untuk menyerap suhu panas.


Pada saat mengalir, coolant menyerap suhu panas dan membawanya kembali ke radiator. Setelah sampai di radiator, air yang membawa suhu panas tersebut masuk ke upper tank. Di dalam upper tank, terjadilah proses pendinginan air.


Baca juga: 8 komponen mobil wajib dicek setelah perjalanan jauh


Kemudian air tersebut akan dialirkan lagi untuk masuk ke dalam radiator core yang memiliki fungsi untuk membuang suhu panas ke udara luar.


Agar proses pembuangan suhu panas menjadi lebih cepat dan optimal, kipas radiator membantu kerja radiator core mengisap udara agar terjadi aliran di antara sirip udara pada radiator core.


Setelah suhu panas sudah dipindahkan ke udara, air kembali menjadi dingin dan dialirkan lagi untuk kembali menyerap suhu panas pada mesin.


Baca juga: 3 rekomendasi bengkel toyota jakarta selatan


Itulah beberapa informasi mengenai radiator mobil, apabila mobil tunas friends mengalami permasalahan terkait radiator. bisa langsung membawanya ke bengkel toyota terdekat.


Untuk lebih mudah untuk melakukam servis, tunas friends juga bisa melakukan booking service di bengkel resmi tunas toyota loh. Klik link di bawah ini untuk informasi lebih lengkap.



26 views0 comments