top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

8 Komponen Mobil yang Wajib Dicek Setelah Perjalanan Jauh


komponen mobil

Bagaimana liburan akhir tahunnya, Tunas Friends? Sudah pergi ke mana saja dengan mobil kesayangan? Pasti seru ya, pergi bersama keluarga ke tempat-tempat yang sudah lama diidam-idamkan.


Nah, ada hal yang perlu Tunas Friends selalu ingat nih. Setelah melakukan perjalanan jauh, sebaiknya Tunas Friends langsung pergi ke bengkel untuk memeriksa beberapa komponen mobil.


Tujuannya yaitu untuk memastikan bahwa setiap komponen mobil masih berada dalam kondisi yang prima. Jangan sampai ketika akan digunakan untuk beraktivitas di kemudian hari, mobil tiba-tiba mogok dan tidak mau menyala.


Dengan melakukan pemeriksaan komponen mobil, kerusakan akan lebih awal terdeteksi dan mudah dalam penanganan. Tunas Friends juga bisa menggunakannya lagi dengan kinerja yang normal tanpa ada masalah.


Tunas Friends bisa melakukannya sendiri di rumah atau menyerahkan kepada ahli otomotif di bengkel terpercaya, seperti bengkel Tunas Toyota. Tidak perlu khawatir mengantre lama, cukup booking service dari rumah dan kunjungi bengkel sesuai janji temu.



Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai daftar komponen mobil apa saja yang perlu diperiksa setelah mobil bekerja keras menempuh perjalanan jauh. Simak ya!



Ban Mobil

Komponen pertama yakni ban mobil. Ban mobil merupakan satu-satunya bagian yang langsung bersentuhan dengan medan jalan dan menjadi salah satu bagian terpenting untuk menopang bobot sebuah mobil (beserta penumpangnya).


Periksa tekanan angin ban, telapak dan dinding ban, serta bibir velg mobil. Apakah terdapat hal aneh seperti terdapat benjolan, bolong, atau sobek pada permukaan ban. Apabila Tunas Friends menemukan kejanggalan, pastikan kembali dan segera lakukan penggantian.


Namun, jika ban mobil terasa normal dan dalam keadaan baik-baik saja, saatnya Tunas Friends melakukan pemeriksaan lanjutan dengan spooring dan balancing untuk menjaga kondisi ban tetap stabil saat dikendarai.



Rem Mobil

Komponen selanjutnya adalah rem. Komponen mobil yang satu ini juga tidak kalah penting dan krusial saat berkendara. Semakin sering pemakaian mobil, maka performanya bisa semakin berkurang (jika tidak dilakukan pemeriksaan secara berkala).


Sebisa mungkin, periksa kondisi rem mobil dengan cara membuka ban dan memeriksa ketebalan kanvas. Jika ketebalannya kurang dari 1 mm, segeralah menggantinya dengan yang baru.


Selain rem kaki, Tunas Friends juga perlu memeriksa rem tangan. Rem tangan ini biasanya berhubungan dengan rem belakang mobil. Caranya yaitu dengan melihat ketinggian tuas saat ditarik, bandingkan dengan di saat posisi normal.


Apabila jarak tempuh mobil sudah mencapai 20 ribu kilometer setelah dipakai dalam perjalanan jauh, usahakan untuk mengganti minyak rem agar sistem rem tetap terjaga dengan baik.


Juga, apabila Tunas Friends masih merasakan kondisi pengereman yang tidak normal saat dipakai berkendara, segera kunjungi bengkel dan lakukan penanganan yang tepat untuk mengatasinya.



Kaki Kaki Mobil

Periksa bagian kaki kaki mobil (selain ban fisiknya). Berhubung kaki kaki mobil ini dijadikan penyangga beban selama menempuh perjalanan jauh dan melewati medan jalan yang tidak menentu, bisa jadi terdapat kerusakan yang tidak disadari.


Komponen kaki kaki mobil yang harus diperiksa yaitu tie rod, ball joint, bushing arm, bearing, dan laker. Apabila Tunas Friends mendengar suara dengung saat mobil dijalankan, ini adalah pertanda bantalan roda sudah mulai aus.


Jangan dibiarkan lebih lama, segera ganti bantalan roda dengan yang baru agar stabilitasnya tetap terjaga dengan sempurna.



Oli Mobil

Komponen mobil lainnya yang perlu diperiksa setelah melakukan perjalanan jauh yaitu oli mobil. Pastikan volume oli tidak kurang dari batas bawah dipstick oil (tongkat pengukur oli).


Selain itu, periksa juga kualitas oli mobil dengan cara meneteskan oli pada jari tangan dan telaah warna dan teksturnya.


Lihat warnanya, tidak boleh keruh, hitam pekat, atau cair seperti tercampur air. Rasakan pula tekstur olinya, apakah terdapat butiran-butiran seperti pasir atau tidak.


Jika warnanya mencurigakan seperti yang disebutkan dan terasa butiran kasar pada saat digesek dengan jari, segera lakukan penggantian supaya performanya kembali seperti normal.



Mesin Mobil

Usai melakukan perjalanan jauh, biasanya ruang mesin kotor dan berdebu. Bersihkan mesin dengan menggunakan kain lap basah. Dengan begitu, bisa terlihat jika ada kebocoran atau kerusakan lainnya.


Selain itu lakukan pemeriksaan di panel instrumen. Posisikan kunci kontak dalam posisi ON, jika mesin bermasalah maka lampu indikator akan menyala.



Aki Mobil

Kemudian, Tunas Friends harus selalu menjaga kondisi aki mobil. Jika terjadi kerusakan pada aki mobil, tentu saja Tunas Friends tidak dapat menyalakan dan mengendarainya.


Bagi Tunas Friends yang menggunakan aki basah, lakukan pemeriksaan volume cairan aki. Sebab, apabila terjadi kenaikan suhu pada mobil, maka air aki akan ikut menguap. Segera isi, jika ketinggiannya berada di bawah batas indikator.


Sementara bagi Tunas Friends yang menggunakan aki kering, tidak perlu khawatir. Penguapan pada aki kering sangat minim, sehingga cairan di dalamnya tidak akan mudah berkurang.



Cairan di Ruang Mesin

Sangat penting untuk memeriksa cairan di ruang mesin, seperti radiator dan tabung penyimpan cadangan air radiator. Perhatikan dengan teliti ketinggian tabung penyimpan minyak rem dan pembersih kaca depan.


Lalu, periksa juga volume tabung fluida kopling (khusus mobil bertransmisi manual) dan ketinggian air aki. Jika terjadi pengapuran, segera bersihkan permukaan terminal aki dan tutup pengisi.


Jangan lupa untuk memeriksa volume minyak power steering hidrolis dan selalu pastikan freon AC dalam kondisi penuh.



Bersihkan Bodi, Interior, dan Kolong Mobil

Terakhir, bersihkan eksterior, interior, dan kolong mobil dengan benar. Ini adalah bagian yang tidak kalah penting untuk menjaga kondisi mobil tetap dalam keadaan prima.


Hilangkan debu dan kotoran yang menempel dengan cara mencucinya, baik sendiri maupun di bengkel. Pastikan seluruh bagian mobil dicuci, termasuk piranti AC, panel pintu, ruang mesin, bagasi, dan komponen mobil lainnya.


Semprotkan disinfektan untuk membunuh bakteri, virus, dan kuman, serta menghilangkan bau tidak sedap yang membuat kenyamanan penggunanya berkurang.



Tunas Friends tidak ada waktu luang dan cenderung ragu karena tidak memiliki keahlian untuk melakukan hal-hal di atas? Booking service Toyota Anda di Bengkel Tunas Toyota sekarang juga yuk! Kunjungi juga situs web resmi Tunas Toyota untuk melihat produk-produk Toyota Indonesia lainnya!



0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page