Cara Mengganti Karet Wiper Mobil

Updated: Oct 2



Seperti yang diketahui, usia pakai karet wiper mobil yaitu maksimal satu tahun. Sebab, karet wiper mobil akan menjadi keras dan kaku setelah pemakaiannya lebih dari satu tahun. Oleh karena itu, perlu ada penggantian rutin setiap satu tahun sekali supaya kinerjanya tetap optimal.


Ketika elastisitasnya menghilang, karet wiper mobil bisa menggores kaca mobil dan meninggalkan garis-garis halus di permukaannya. Sehingga mengganggu pandangan pengendara serta mengurangi keindahan mobil.


Tunas Friends tidak perlu mengunjungi bengkel mobil, cukup mengganti karet wiper mobil dengan yang baru dan memasangnya sendiri dengan mudah. Sebisa mungkin, cari karet wiper mobil yang original dan jangan sampai salah memilih ukuran.


Belilah di bengkel resmi seperti Tunas Toyota yang lebih terpercaya, sehingga Tunas Friends tidak perlu khawatir diberikan produk yang palsu dan berkualitas rendah.


Baca juga: Spesifikasi Lengkap New Yaris 2020


Ciri-Ciri Karet Wiper Mobil Sudah Harus Diganti

Karet Wiper Mobil Sudah Berubah Bentuk

Pertama, gantilah karet wiper yang sudah mulai berubah bentuk dari keadaan semula. Karet wiper yang sudah rusak ditandai dengan tekstur pinggirnya yang tidak rata. Selain itu, keadaan karet terlihat pecah-pecah.


Jika bentuknya sudah berubah dan tidak normal, maka fungsinya pun akan cenderung menurun. Oleh karena itu, harus segera diganti supaya berkendara jadi lebih aman dan nyaman.


Umur Pakai Sudah Mencapai 10.000 KM

Setiap benda pasti memiliki usia pakai, sampai di mana benda tersebut sudah harus diganti dengan yang baru. Sama halnya dengan karet wiper mobil, ini menjadi salah satu ciri yang akurat. Namun, masih banyak pemilik mobil yang tidak mengetahui hal ini.


Pemakaian maksimal karet wiper yaitu saat mobil Tunas Friends sudah menempuh jarak 10.000 kilometer. Walaupun dirasa tidak apa perubahan bentuk dan tidak mengalami ciri-ciri lain, secara tidak sadar, pasti kinerja wiper mobil sudah menurun drastis.


Sudah Timbul Garis Air

Timbulnya garis air pada kaca mobil menandakan bahwa karet wiper sudah harus diganti. Saat wiper mobil aktif, Tunas Friends bisa memastikan, apakah ada garis air yang timbul? Jika iya, maka pertanda harus segera diganti.


Permasalahan ini tentu saja dapat mengganggu penglihatan Tunas Friends saat berkendara, apalagi untuk perjalanan yang cukup jauh. Sebab, permukaan kaca akan terlihat lebih buram karena pembiasan cahaya di kaca.


Karet Wiper Sudah Melengkung

Keadaan normal dari sebuah karet wiper mobil yaitu tegak lurus, tujuannya agar kemampuan menyapu air berjalan dengan baik dan sempurna. Namun, apa jadinya bila karet wiper ternyata sudah mulai bengkok atau melengkung?


Tunas Friends harus siap-siap menggantinya, sebab ini merupakan sebuah pertanda bahwa karet wiper sudah mulai rusak. Karet wiper mobil tidak lagi menempel di permukaan kaca dengan sempurna sehingga kinerjanya tidak berfungsi secara maksimal.


Baca juga: Spesifikasi Lengkap Toyota Corolla Cross 2020 Indonesia


Cara Mengganti Karet Wiper Mobil

Sekarang, saatnya Tunas Friends memahami tentang bagaimana cara mengganti karet wiper mobil tanpa perlu mengunjungi bengkel. Ikuti tahapan berikut ini supaya tidak terjadi kesalahan yang bisa saja malah memperburuk kondisi wiper mobil Tunas Friends.


Angkat Wiper Mobil Anda

Mulai dengan mengangkat wiper mobil secara perlahan. Lalu, lapisi permukaan kaca dengan kain supaya terlindungi dari goresan benda-benda lainnya yang mungkin tidak sengaja terjatuh ketika melepas wiper.


Lepas Karet Wiper Mobil Anda

Kemudian, lepaskan karet wiper dengan cara menekan kunci di bagian tengah wiper dan mendorongnya ke bawah. Hati-hati ketika melepaskan karet wiper dari gagang penggerak, jangan sampai ada bagian yang patah. 


Pasang Karet Wiper Mobil yang Baru

Siapkan karet wiper yang baru, pasang dan sambungkan ke gagang penggerak secara hati-hati dengan mendorongnya ke atas sampai otomatis terkunci. Tunas Friends akan mendengar suara ‘klik’ ketika memasangnya.


Setelah itu, Tunas Friends bisa mengembalikan wiper ke tempat semula. Jangan lupa singkirkan terlebih dahulu kain yang digunakan untuk melindungi kaca mobil.


Baca juga: Cara Membersihkan Lampu Mobil yang Sudah Kusam


Cara Memilih Karet Wiper Mobil

Hal terpenting yang perlu banget Tunas Friends perhatikan yaitu cara memilih karet wiper mobil yang tepat. Kira-kira apa saja yang harus dipertimbangkan, ya?


Sesuaikan Ukuran Karet Wiper dengan Wiper Mobil Anda

Memilih ukuran wiper blade yang tepat adalah tips paling utama. Tunas Friends bisa memeriksa ukuran karet wiper yang spesifikasinya sesuai dengan mobil yang Tunas Friends miliki.


Jika salah ukuran dan Tunas Friends memaksa pemasangannya, maka akan terjadi sesuatu yang fatal terkait dinamo wiper dan kerusakan perangkat lainnya pada mobil. Oleh karena itu, hati-hati ya Tunas Friends!


Cek Kualitas Karet Wiper Mobil

Kedua, saatnya memeriksa kualitas karet wiper yang akan dibeli. Beberapa hal perlu dipertimbangkan, yakni ketebalannya harus sama rata, teksturnya tidak kasar, tidak keras, dan kesat. Serta, mampu menempel dengan baik pada permukaan mobil.


Barang yang berkualitas belum tentu mahal, kok. Sebisa mungkin, carilah penjual yang jujur dan terpercaya, serta memiliki histori pelayanan yang baik. Sehingga tidak perlu lagi mempertanyakan kualitas produk yang ditawarkan.


Cek Kerangka Wiper

Pastikan kerangka wiper yang Tunas Friends beli bukan produk yang cacat dan sudah lama disimpan di dalam gudang. Biasanya jika produk tersebut memiliki kecacatan, akan terlihat dengan mudah secara kasat mata.


Tunas Friends juga bisa membandingkan beberapa produk wiper yang ingin dibeli. Periksa dengan seksama, jangan tergesa-gesa supaya tidak salah pilih dan akhirnya menyesal.


Tes Karet Wiper Mobil Sebelum Membeli

Seperti barang-barang lain, Tunas Friends juga perlu memeriksa kinerja karet wiper sebelum membelinya. Tidak ada salahnya Tunas Friends meminta uji coba kepada penjual, tujuannya untuk memastikan produk berjalan dengan normal.


Perhatikan gerakannya hingga bunyi yang ditimbulkan. Jangan mau membeli produk yang rusak atau cacat, sebab yang rugi adalah Tunas Friends sendiri.


Teliti Saat Membeli

Tidak harus ke bengkel, Tunas Friends bisa membeli karet wiper di toko daring (online shop). Namun, harus tetap diperhatikan asuransi dan garansinya. Supaya aman, belilah menggunakan sistem COD (Cash on Delivery).


Ketika membeli online, jangan hanya melihat dari segi mereknya saja karena merek sangat mudah untuk dipalsukan. Pada intinya, teliti sebelum membeli itu penting banget, Tunas Friends.


Baca juga: Kaca Mobil Berjamur? Ini Cara Ampuh Membersihkannya!


Bagi Tunas Friends yang tidak mau repot memeriksa, mencocokkan ukuran, serta memasang wiper mobil, langsung beli saja di Tunas Toyota dan booking servisnya di sini. Dijamin aman, berkualitas, dan original. Pasti sesuai dengan spesifikasi mobil yang Tunas Friends butuhkan!


Tidak hanya itu, Tunas Toyota juga melayani pembelian mobil yang Anda inginkan. Yuk, kunjungi halaman ini untuk melihat produk yang lebih lengkap!

26 views
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2020

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company