• Admin

Manfaat Servis Mobil Toyota secara Berkala



Mungkin masih banyak yang belum memahami betapa pentingnya melakukan pengecekan dan servis mobil Toyota secara berkala. Tentu saja, beberapa komponen di dalam mobil memiliki usia hidup yang berbeda-beda.


Mengapa melakukan servis mobil Toyota secara rutin menjadi sangat penting? Sebab, cepat atau lambat, Tunas Friends akan merasakan penurunan performa mobil yang bisa berpengaruh pada keamanan dan juga keselamatan Tunas Friends.


Pilihlah bengkel Toyota terpercaya untuk melakukan servis mobil Toyota seperti Bengkel Tunas Toyota. Cukup berbahaya apabila Tunas Friends sembarang memilih lokasi servis mobil Toyota, lho. Bukan menjadi sehat kembali, malah kerusakannya menjalar ke komponen lainnya.


Nah, kali ini waktunya Tunas Friends mengetahui beberapa manfaat dari servis mobil yang dilakukan secara teratur. Simak yuk!


Baca juga: Kelebihan dari Toyota Innova TRD Sportivo


7 Manfaat Servis Mobil Toyota secara Berkala

Kondisi Mobil Selalu Prima

Mobil akan mengalami perubahan performa selama Tunas Friends memakainya dalam intensitas yang sering. Seperti, busi yang sudah mulai aus, kampas rem yang semakin menipis, penumpukan kotoran di filter udara, kebotakan pada ban, dan kondisi lainnya.


Permasalahan-permasalahan tersebut akan ditangani lebih lanjut saat Tunas Friends mengunjungi bengkel untuk melakukan servis rutin. Apakah dilakukan penggantian, pembersihan, atau perbaikan terhadap komponen tersebut. Dengan begitu, kendaraan Tunas Friends akan selalu tampil prima.


Jika sudah saatnya servis, namun Tunas Friends membiarkannya, bisa-bisa permasalahan yang semula ringan akan berubah menjadi berat. Atau, kerusakan satu komponen bisa menjalar ke komponen lain yang semula dalam keadaan baik-baik saja. Alhasil, Tunas Friends harus merogoh kocek lebih dalam lagi sebagai biaya penggantian komponen baru. Malah jadi boros ‘kan?


Lebih Aman dan Nyaman saat Berkendara

Kerusakan komponen mobil tidak bisa terlihat dengan mudah, sebab tidak semuanya menunjukkan tanda-tanda kerusakan. Tentunya ini sangat berbahaya bagi Tunas Friends sebagai pengendara mobil.


Bagaimana jika Tunas Friends mendengar suara bising saat berkendara, namun Tunas Friends percaya bahwa “semuanya baik-baik saja”. Tapi ternyata suara itu berasal dari mesin yang sudah waktunya diperbaiki atau yang lebih buruk lagi ternyata sistem pengereman mobil mengalami penurunan performa.


Bukan tidak mungkin Tunas Friends bisa mengalami hal terburuk saat di perjalanan. Misalnya, kecelakaan tunggal atau beruntun karena ketidakstabilan kendaraan yang Tunas Friends kemudikan. Mengerikan bukan?


Inilah mengapa, penting sekali melakukan pemeriksaan dan servis mobil secara berkala. Dengan demikian, Tunas Friends bisa mengetahui kondisi kendaraan secara lebih menyeluruh. Berkendara pun jadi lebih aman dan nyaman.


Lebih Hemat

Melakukan servis mobil Toyota sesuai jadwal yang ditentukan dapat menekan biaya pengeluaran. Mengapa begitu?


Dengan mengetahui kondisi mobil secara rutin, kerusakan yang ada bisa diketahui sejak dini sebelum bertambah parah. Sehingga Tunas Friends tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk melakukan penggantian komponen.


Semakin parah dan semakin banyak kerusakan yang terjadi, maka semakin besar pula beban biaya yang harus ditanggung. Biasanya pula, harga penggantian komponen baru lebih mahal daripada perbaikan.


Oleh karena itu, selama sifatnya ringan dan masih bisa diperbaiki, Tunas Friends bisa bernapas lega karena tidak harus mengeluarkan biaya lebih banyak sebagai biaya penggantian komponen yang rusak total.


Mengurangi Risiko Mogok

Mogok adalah salah satu hal yang sangat dihindari oleh para pengemudi mobil. Apalagi kondisinya ketika Tunas Friends sedang berada di perjalanan jauh atau sedang terburu-buru karena ada janji pertemuan penting.


Biasanya, ini terjadi karena para pengendara lupa melakukan servis mobil. Kesehatan komponen kendaraan tidak bisa diterka sembarangan. Oleh karena itu, dibutuhkan teknisi yang andal untuk mengetahui dan juga memperbaiki kondisi mesin mobil yang sudah tidak mampu bekerja secara maksimal.


Aliran bahan bakar tidak lancar, aki yang melemah, plat kopling habis, dan sebagainya mampu menjadi alasan mobil mogok di tengah perjalanan. Kondisi seperti ini seharusnya bisa dideteksi dari awal, sehingga situasi ‘mogok’ bisa terhindari.


Baik lupa, malas, ataupun tidak sempat melakukan servis bukanlah sebuah alasan yang bijak ya, Tunas Friends! Memiliki keinginan untuk membeli mobil baru, itu artinya Tunas Friends siap merawatnya dengan baik dan benar.


Usia Kendaraan Lebih Panjang

Siapa yang mengira bahwa melakukan servis mobil secara rutin bisa menambah usia kendaraan? Tentu saja hal ini benar adanya. Dengan melakukan perawatan dengan baik dan benar sesuai dengan jadwal servis yang disarankan, risiko kerusakan parah jadi bisa dikurangi.


Penanganan awal sangat dibutuhkan untuk memperpanjang usia komponen kendaraan, terutama mesinnya. Maka dari itu, jangan biarkan permasalahan menjadi bertambah besar ya, Tunas Friends!


Salah Satu Syarat Claim Warranty

Apabila mobil Tunas Friends mengalami kerusakan, Tunas Friends bisa memanfaatkan Claim Warranty dengan syarat masih berada dalam masanya sejak pertama kali beli. Sehingga Tunas Friends tidak perlu khawatir mengeluarkan beban biaya lebih untuk perbaikan.


Namun, jangan senang dulu. Ada syarat lain yang harus dipenuhi para pengguna mobil untuk mendapatkan warranty, yaitu tidak melakukan modifikasi pada kendaraan, penggunaannya normal, serta melakukan perawatan berkala pada bengkel resmi sesuai dengan ketentuan yang tertulis di buku manual.


Apabila syarat tersebut tidak terpenuhi, Tunas Friends tidak akan bisa melakukan Claim Warranty. Jadi, mulai sekarang lakukan servis mobil Toyota secara berkala ya Tunas Friends!


Memenuhi Peraturan Berkendara

Ada syarat yang harus Tunas Friends penuhi supaya tetap bisa berkendara di jalanan umum. Seperti peraturan untuk uji emisi yang wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan, dengan tujuan menekan angka polusi. Uji emisi ini bisa dilakukan di bengkel resmi, serta instansi pemerintah.


Nah, jika Tunas Friends tidak melakukan perawatan dan servis mobil secara rutin sesuai jadwal yang disarankan, pastinya Tunas Friends akan sulit untuk memenuhi peraturan tersebut.


Oleh karena itu, biasakan untuk mencatat jadwal servis mobil Tunas Friends. Jangan sampai terlewat atau malah sengaja membiarkannya dengan dalih supaya bisa lebih berhemat.


Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Baret Mobil


Daripada bingung mau servis mobil Toyota di mana, lebih baik segera hubungi bengkel Tunas Toyota yang merupakan dealer Toyota resmi dan terpercaya. Booking sekarang juga!


Sebagai salah satu dealer Toyota resmi di Indonesia, Tunas Toyota juga melayani pembelian mobil baru yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Tunas Friends. Cek produknya di sini ya!

5 views
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2020

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company