Search
  • Admin

Perbedaan Toyota Corolla Cross Bensin dan Hybrid

Updated: Dec 21, 2020


corolla cross

Toyota Corolla pertama kali muncul di tahun 1966 dan dikenal sebagai mobil sedan dengan kenyamanan yang mumpuni. Ada pula jenis Hatchback, Coupe, dan Wagon.


Dari waktu ke waktu, Toyota Corolla mengalami perubahan hingga saat ini diakui sebagai mobil Sport Utility Vehicle (SUV) oleh masyarakat Indonesia dengan berbagai fitur canggih yang nyaman dan aman digunakan.


Seperti yang diketahui, Corolla Cross memiliki dua varian dengan performa yang berbeda yaitu All New Corolla Cross bertenaga bensin dan bertenaga hybrid.


Keduanya memiliki beberapa perbedaan dengan masing-masing keunggulan yang patut diacungi jempol. Apabila Tunas Friends tertarik untuk membeli Toyota Corolla Cross, ketahui spesifikasi lengkapnya dengan klik tombol di bawah ini.



Namun, jika Tunas Friends sudah mengincar Toyota Hybrid, lihat detail spesifikasinya terlebih dahulu dan juga harganya berdasarkan situs web Tunas Toyota di bawah ini.



Masih bingung tentang perbedaan mobil Corolla versi biasa dan versi hybrid? Simak ulasan berikut ini sebagai bahan pertimbangan Tunas Friends sebelum memilih salah satunya.


Baca juga: Perubahan Toyota Supra Terbaru dengan Pendahulunya MK4


Perbedaan Mesin Corolla Cross Bensin vs Hybrid

corolla cross

Pertama, perbedaan antara keduanya terletak pada mesin yang digunakan. Namun, sebelum itu mari ketahui dulu persamaannya.


Keduanya masih sama-sama memanfaatkan mesin Completely Built-Up (CBU) dari Thailand yaitu 2ZR dan menyalurkan tenaga mesin ke roda depan. Transmisi yang dipakai juga masih sama yaitu CVT otomatis dengan 7-percepatan.


Bedanya, Toyota Corolla dibekali mesin bertipe 2ZR-FBE berkapasitas 1.798 cc dan mampu menghasilkan tenaga 140 PS.


Untuk versi Toyota Hybrid, memakai mesin 2ZR-FXE dengan kapasitas 1.798 cc, 4 silinder DOHC berteknologi VVT-i dan mampu menghasilkan tenaga hingga 98 PS (bensin) dan 72 PS (motor listrik).


Di samping itu, kapasitas tangki yang dimiliki keduanya pun berbeda. Corolla Cross versi bensin memiliki kapasitas tangki 47 liter, sedangkan versi hybrid hanya 36 liter.


Baca juga: Sejarah Toyota Land Cruiser, dari Mobil Militer hingga Mobil Presiden


Perbedaan Logo Toyota Corolla Cross Hybrid vs Bensin

toyota corolla cross

Ciri khas Toyota Hybrid terletak pada emblemnya yang memakai aksen biru, menandakan bahwa mesin Toyota Hybrid ramah lingkungan. Tentu berbeda dengan emblem yang dimiliki Corolla Cross biasa yang lebih simple bernuansa krom.


Selain itu, identitas logo lainnya tersemat pada remote kunci dan bodi mobil. Ini menjadi pembeda antara varian bensin dan varian hybrid.


Kemudian pada tampilan headlamp Toyota Hybrid, terdapat aksen biru sesuai dengan ciri khasnya. Juga, pada fitur Start/Stop Button di ruang kemudi disematkan aksen biru.


Baca juga: Ide Modifikasi Toyota 86 Seperti AE-86 Anime Initial D


Pilihan Mode Berkendara

all new corolla

Perbedaan selanjutnya ada pada mode berkendara yang dimilikinya. Di versi hybrid, terdapat EV Mode dan Drive Mode.


EV Mode memungkinkan tenaga SUV dari mobil Corolla Cross Hybrid mendapat suplai dari baterai dan hanya tenaga baterai inilah yang digunakan untuk menjalankan mobil. Maka dari itu, ketika baterai kosong dan berada di kecepatan tinggi, EV Mode tidak dapat diaktifkan.


Sedangkan Drive Mode merupakan mode berkendara otomatis yang dapat diaktifkan sesuai dengan kebutuhan sistem pada mobil yang Tunas Friends kendarai.


Di samping itu, perbedaan juga terdapat pada instrumen panel tachometer. Pada versi tenaga bensin, tachometer digunakan sebagai penunjuk RPM. Sementara pada versi hybrid, tachometer menampilkan indikator baterai.


Jarum penunjuknya pun juga berbeda, warna merah dipakai untuk varian bensin dan warna putih untuk varian hybrid.


Baca juga: 5 Ide Bisnis dengan Toyota Hiace Premio


Perbedaan Fitur Interior

mobil corolla

Ada beberapa perbedaan fitur interior antara Corolla Cross varian bensin dengan varian hybrid. Tambahan-tambahan fitur ini menambah kesan modern dan berkelas di kalangan mobil SUV.


Salah satunya ada di pengaturan kursi pengemudi. Pada Toyota Hybrid pengaturannya menggunakan teknologi elektrik yang mudah dioperasikan, sementara kursi pengemudi di Toyota Corolla Cross masih diatur secara manual seperti mobil lainnya.


Namun, keduanya cukup fleksibel karena posisinya dan tingginya dapat disesuaikan dengan postur tubuh pengemudi. Sehingga, tidak mengurangi kenyamanan dalam berkendara walaupun dalam waktu yang lama.


Terdapat juga perbedaan fitur charge ponsel atau gadget dalam bentuk USB. Pada varian bensin, ada satu buah fitur USB di console box bagian tengah. Lalu, pada varian hybrid, sudah ada dua buah fitur USB yang letaknya di console tengah bagian belakang.


Khusus varian hybrid, tersemat fitur Power Back Door dengan teknologi kick sensor yang akan memudahkan para penumpang ketika mengakses pintu bagasi. Tunas Friends juga bisa menggunakan remote khusus untuk mengakses pintu bagasi secara otomatis.


Baca juga: 8 Kelebihan Toyota Camry Hybrid, Lengkap dengan Spesifikasi dan Harga


Perbedaan Harga Corolla Cross Hybrid vs Bensin

Nah, setelah melihat perbedaan spesifikasi. Kini saatnya mengetahui perbedaan harga Corolla Cross yang diluncurkan di Indonesia ini. Berikut ini adalah daftar harga Toyota Corolla Cross versi Tunas Toyota yang bisa menjadi bahan pertimbangan Tunas Friends.



Terpaut harga Rp 40.000.000, Tunas Friends akan mendapatkan tambahan garansi baterai pada varian hybrid selama dua tahun atau 50.000 km, maka totalnya menjadi 5 tahun atau setara 150.000 km.


Jangan khawatir, tersedia juga garansi selama tiga tahun atau 100.000 km yang berlaku di seluruh bengkel Toyota resmi seperti Tunas Toyota.