• Admin

Toyota CHR Hybrid, Lebih Irit dari LCGC dan Hemat Bensin Puluhan Juta!

Updated: Dec 28, 2020



Toyota CHR Hybrid adalah mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) yang banyak dicari masyarakat untuk dimanfaatkan sebagai mobil keluarga berpenampilan sporty. Mesinnya sudah mengusung teknologi Hybrid yaitu penggabungan antara bensin dan motor listrik.


Keduanya memiliki beberapa perbedaan, baik dari segi tampilan eksterior dan interior, performa mesin, fitur keamanan, hingga harganya pun cenderung berbeda.


Faktanya, walaupun Toyota CHR Hybrid dibanderol dengan harga yang lebih mahal daripada CHR versi konvensional. Namun, Toyota C-HR Hybrid ini lebih efisien penggunaan bahan bakarnya. Hal tersebut membuat varian hybrid unggul dari varian konvensional.


Supaya lebih jelas mengenai spesifikasinya, Tunas Friends perlu mengunjungi situs web Tunas Toyota dengan klik tombol di bawah ini. Dengan begitu, Tunas Friends bisa mempertimbangkan dengan pasti sebelum membelinya.



Selanjutnya, mari simak perbedaan antara Toyota C-HR Hybrid dengan Toyota C-HR biasa untuk memperjelas fakta bahwa mobil CHR versi Hybrid lebih hemat bahan bakar.


Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Liburan Offroad Bersama Toyota Hilux


Perbedaan Toyota CHR Hybrid dan Bensin


Jika dilihat dari tampilannya, Tunas Friends tidak akan menyadari bahwa ada beberapa perbedaan yang melekat di antara keduanya. Sebab, letak perbedaan yang terbesar ada di lampu dan emblem.


Toyota CHR Hybrid sudah menggunakan Fierce Bi-Beam LED with Auto Leveling pada lampu depan dan LED Combination Lamp pada bagian belakangnya. CHR versi Hybrid juga memiliki emblem ‘Hybrid’ di sisi samping dan buritan mobil.


Sementara pada interior CHR Hybrid, terdapat desain meter cluster dengan TFT Color MID Featuring Hybrid Synergy Drive Technology berukuran 4.2 inci. Indikator RPM (putaran mesin) di sisi kiri telah terganti dengan indikator kerja sistem Hybrid.


Di balik penambahan fiturnya, sayang sekali Toyota CHR Hybrid tidak lagi memiliki fitur Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Blind Spot Monitoring System (BSM), dan Sequential Drive yang ada di CHR versi konvensional.


Sebagai gantinya, Toyota C-HR Hybrid mengusung beberapa fitur keselamatan yang mumpuni, seperti Impact Absorbing Structure, 7-SRS Airbags, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), serta Traction Control.


Tersemat pula sistem pengereman dengan keamanan terbaik, yaitu Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Electric Parking Brake, hingga Auto Brake Hold.


Baca juga: Spesifikasi dan Harga Toyota CHR, serta 5 Keunggulannya


Toyota C-HR Hybrid Lebih Hemat 62% dari Versi Bensin


Mobil Toyota CHR Hybrid diklaim memiliki efisiensi bahan bakar (BBM) dan produksi emisi gas buang yang lebih baik daripada CHR versi bensin biasa. Fitur-fiturnya pun tidak jauh berbeda.


“Keunggulan terbesar adalah konsumsi BBM yang sangat hemat. Menurut pengetesan internal, tingkat efisiensinya 24 km/liter, sementara varian mesin bensinnya 14 km/liter,” kata Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor.

Mobil ini diklaim juga 62% lebih efisien dibandingkan versi mesin bensin. Menurut database, emisi gas buang CHR Hybrid hanya 99gr CO2 per kilometer, sedangkan CHR bensin mencapai 166gr CO2 per kilometer.


Toyota CHR Hybrid memadukan mesin bensin (gasoline) dengan baterai dan motor listrik. Mesin konvensionalnya menggunakan tipe 2ZR-FXE berkapasitas 1.800 cc dan bertenaga 100 PS dengan torsi maksimum 142 Kgm.


Sementara motor listrik dari CHR Hybrid bertenaga 36 PS yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis (CVT) 7-percepatan.


Berdasarkan data-data tersebut, dapat dikatakan bahwa akselerasi CHR Hybrid 10% hingga 15% lebih baik dibandingkan CHR bensin. Ini membuktikan bahwa performa tenaga Hybrid yang dimiliki sangatlah efektif dan efisien.


Baca juga: Estimasi Total Biaya Servis Rutin Toyota Vios Sampai 100.000 Km


Lebih Hemat Rp 35 Jutaan


Menilik harganya, Toyota CHR Hybrid ini memang memiliki harga yang sedikit mahal dari versi konvensional, Namun untuk uang yang dikeluarkan untuk biaya bahan bakar akan lebih terjangkau dibandingkan CHR konvensional.


Dengan fitur dan performa yang ditawarkan, ini menjadi alasan yang cukup valid bagi masyarakat Indonesia untuk memilihnya sebagai mobil sehari-hari. Perbedaan harganya bisa mencapai Rp30 juta lho, Tunas Friends! Seperti yang dikatakan pada poin sebelumnya, walaupun harganya murah, performanya sangat bisa diandalkan.


Di perkotaan, Toyota C-HR Hybrid mampu menghabiskan 1 liter bahan bakar dengan jarak tempuh sekitar 23,8 kilometer. Sementara CHR konvensional bisa menghabiskan 1 liter bahan bakar hanya untuk mencapai jarak tempuh 13 kilometer pada parameter yang sama.


Dengan perhitungan di atas, dalam perjalanan mencapai 100 ribu kilometer (5 tahun) dibutuhkan 4.201 liter bahan bakar. Sedangkan versi standarnya membutuhkan 7.692 liter.


Jika harga bahan bakar (BBM) Rp10.000/liter, maka Tunas Friends membutuhkan biaya Rp42,01 juta untuk memberi 'makan' CHR Hybrid dan Rp76,92 juta untuk memberi 'makan' CHR versi biasa.


Lihat, perbedaannya mencapai Rp34,91 juta! Dalam jangka lima tahun, percaya atau tidak, Tunas Friends bisa menghemat sejumlah Rp34,91 juta jika menggunakan mobil Toyota CHR Hybrid.


Baca juga: Review dan Harga Toyota Corolla Cross Hybrid, Mobil Hybrid Termurah Toyota


Lebih Irit dari LCGC


Performa Toyota C-HR Hybrid di tengah-tengah kemacetan kota dengan rute kombinasi, konsumsi bahan bakar mobil ini terbukti irit. Hasilnya setara dengan regulasi standar konsumsi bahan bakar pada mobil murah alias Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia.


Ketika Tunas Friends berkendara dengan Eco Mode, mobil dapat melaju hanya dengan mengandalkan tenaga baterai/motor listrik (tanpa mesin bensin). Dengan begitu, konsumsi bahan bakar menjadi semakin irit.


Mesin bensin baru beroperasi saat Tunas Friends menginjak pedal gas lebih dalam, atau saat kapasitas baterai mulai menipis dan beralih fungsi menjadi generator.


Ini menjadi dasar bahwa semakin sedikit bahan bakar bensin yang digunakan, maka semakin hemat biaya pengisian bensin yang dikeluarkan setiap harinya.


Bahkan, Tunas Friends akan lebih jarang mengunjungi SPBU untuk pengisian bahan bakar jika menggunakan Toyota CHR Hybrid ini sebagai kendaraan utama. Apabila dibandingkan dengan mobil Low Cost Green Car (LCGC), masih lebih hemat CHR Hybrid.


Baca juga: 11 Kelebihan Toyota Sienta yang Tidak Dimiliki Pesaingnya


Harga Toyota CHR Hybrid


Kini, mari sama-sama lihat harga Toyota CHR Hybrid (OTR DKI Jakarta, Desember 2020) dari Tunas Toyota berikut ini. Apakah sesuai dengan budget yang Tunas Friends miliki?



Baca juga: Perbedaan Toyota Corolla Cross Bensin dan Hybrid


Bagaimana? Berminat untuk membelinya? Jika Tunas Friends masih perlu mengetahui tentang spesifikasi dan harga Toyota CHR Hybrid secara lebih lengkap, kunjungi situs web Tunas Toyota sekarang juga. Klik di sini untuk melihat produk-produk Toyota lainnya!

34 views0 comments
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2021

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company