Search
  • Admin

Semakin Mudah! Inilah Cara Cek Plat Nomor Jakarta


Cek Plat Nomor Jakarta
Cek Plat Nomor Jakarta

Hai Tunas Friends Jakarta! Udah pada tahu belum nih cara cek plat nomor Jakarta? Plat nomor mobil memiliki kegunaan sebagai identitas data kendaraan yang tercatat secara resmi di Kepolisian Republik Indonesia.


Plat nomor mobil ini sendiri berupa kombinasi antara angka dan huruf. Ada beberapa cara untuk mengecek plat nomor kendaraan Khususnya wilayah DKI Jakarta. Namun, sebenernya untuk apa sih melakukan pengecekan data plat nomor ini?


Baca juga: Inilah arti dari kepanjangan SPBU


Salah satunya, Ketika akan membeli mobil toyota bekas terkadang kita ingin mengetahui kesesuaian data pemilik kendaraan. Contohnya bila tunas friends membeli mobil sporty seperti toyota yaris bekas atau toyota yaris bekas.


Beberapa mobil bekas lainnya, seperti mobil LCGC juga memiliki cukup banyak peminat, contohnya seperti toyota agya bekas dan juga toyota calya bekas.


Nah, sebelum membeli tunas friends bisa cek dulu kesesuaian data pemilik kendaraan dengan cara cek plat nomer mobil di jakarta, untuk lebih lengkapnya berikut ini adalah cara-caranya.


Cara Cek Plat Nomor Jakarta

Ada 3 cara untuk cek plat nomor kendaraan, dimulai untuk mobil yang terdaftar pada samsat Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur. Ketiga cara tersebut dapat kalian lakukan dengan sangat mudah. Simak penjelasan berikut ini!


Menggunakan SMS

Cara ini yaitu menggunakan SMS yang tentu saja bisa dilakukan dalam semua jenis HP. Kalian hanya perlu mengirimkan SMS dengan format seperti di bawah.


METRO [spasi] plat nomor polisi kendaraan yang akan kalian cek. Setelah itu kirim SMS ke nomo 1717. Contoh dari penggunaan SMS untuk cek plat nomor mobil Jakarta adalah METRO B1500TFR.


Baca juga: Plat nomor putih siap diberlakukan kapan mulainya?


Setelah itu kalian kirim ke 1717. Setelah kalian kirimkan, beberapa saat kemudian akan ada SMS balasan berisi data kendaraan seperti nama pemilik kendaraan dan informasi lainnya mengenai plat nomor tersebut.


Jangan lupa kalian untuk mengecek lagi penggunaan huruf besar pada saat mengirimkan SMS, KHUSUSNYA tulisan METRO dan huruf plat nomor kendaraan. Guna untuk menghindari kesalahan data pengiriman yang akan memperlambat jalannya proses pengecekan.


Menggunakan Website

Cara kedua yaitu menggunakan website https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/ Saat ini, untuk mendapatkan informasi mengenai plat nomor Jakarta sudah bisa diakses melalui website. Kalian dapat mengakses yang biasa disebut dengan e-Samsat online untuk mendapatkan informasi mengenai plat nomor mobil.


Dalam website tersebut, kalian akan melihat tampilan Samsat DKI Jakarta. Di website tersebut kalian bisa langsung memasukkan nomor plat kendaraan yang ingin anda cari informasinya.

Pada kolom website berikutnya, kalian diminta untuk memasukkan NIK.


Baca juga: Lengkap! daftar kode plat nomor jakarta banten dan jawa barat


Tetapi jika benar-benar tidak ada, kalian dapat mengosongkan kolom tersebut. Setelah itu kalian centang pada bagian kota kosong yang berada di sebelah tulisan “I’m not a robot” untuk automatic verification.


Setelah sudah melakukan semua yang diminta, sekarang kalian klik proses. Setelah proses selesai, kalian akan mendapatkan informasi mobil yang ingin kalian dapatkan berdasarkan plat nomor yang sudah dimasukkan.


Isi dari informasi yang ada pada website tersebut yaitu merek mobil, tipe mobil, jenis bahan bakar, warna mobil, besar pajak, masa berlaku PKB yang harus dibayarkan oleh pemilik kendaraan. Website ini juga bisa menjadi salah satu cara kalian untuk cek pajak kendaraan saat jatuh tempo untuk membayar pajak.


Menggunakan Aplikasi HP

Saat ini kalian sudah bisa mengunduh aplikasi yang bernama “Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta” untuk mendapatkan informasi mobil sesuai dengan plat nomor yang kalian input.


Baca juga: Cara mengurus biaya plat nomor sementara STCK


Aplikasi ini memiliki tampilan yang kurang lebih mirip dengan website Samsat DKI. Kalian hanya perlu input plat nomor mobil yang ingin kalian dapatkan informasinya. Setelah kalian proses, seluruh informasi terkait mobil itu akan ditampilkan dengan jelas.


Tetapi sebelum kalian menggunakan aplikasi ini, kalian diwajibkan untuk registrasi akun terlebih dahulu. Kalian hanya perlu registrasi menggunakan alamat email dan password.


Setelah kalian melakukan registrasi, kalian tinggal memilih menu PKB, lalu kalian isi plat nomor kendaraan bermotor yang ingin kalian dapatkan informasinya. Setelah kalian mengisi, klik proses untuk memperoleh informasi yang lengkap.


Baca juga: Harga plat nomor cantik mobil, tertarik?


Nah Tunas Friends, menurut kalian dari ketiga cara di atas, cara mana yang menurut kalian sangat cocok untuk Tunas Friends lakukan? Semoga informasi mengenai cara cek plat nomor Jakarta bermanfaat bagi Tunas Friends yah!

84 views0 comments