top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Apa itu KIR Mobil? Inilah Definisi dan Syaratnya

Diperbarui: 12 Jun 2023


Uji Kir Mobil
Uji Kir Mobil

Bagi tunas friends yang memiliki kendaraan niaga mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah KIR Mobil. Bagi yang masih bingung, KIR atau Uji Kendaraan Bermotor merupakan suatu proses pengujian suatu kendaraan yang menandakan bahwa kendaraan tersebut layak digunakan secara teknis di jalan raya.


Uji KIR sendiri merupakan singkatan yang berasal dari bahasa belanda yaitu KEUR dan memiliki arti sebuah kegiatan uji kendaraan bermotor.



Adapun kendaraan yang wajib melakukan uji KIR ini merupakan kendaraan plat kuning atau yang digunakan untuk angkutan penumpang maupun barang. Biasanya uji kir dilakukan kepada mobil yang sudah memasuki masa penggunaan 5 tahun atau lebih.


Sanksi jika tidak uji KIR

Proses uji kelayakan mobil ini menjadi hal yang sangat penting, maka dari itu ada beberapa sanksi yang dapat diberikan pada pemilik atau perusahaan yang menyediakan layanan angkutan apabila tidak melakukan uji KIR pada kendaraan.



Beberapa sanksi yang dapat diberikan apabila tidak melakukan uji kir mulai dari peringatan, sanksi denda, pembekuan izin hingga yang paling berat adalah pencabutan izin.


Selain memastikan keselamatan ketika kendaraan beroperasi di jalan raya, uji kir ini juga akan mendorong melestarikan lingkungan dengan mengurangi emisi karbon dan memastikan polusi udara bisa berkurang.


Syarat Uji KIR Mobil

Sebelumnya, tunas friends juga perlu mengetahui beberapa jenis kendaraan yang wajib mengikuti uji kir. Karena hanya beberapa jenis kendaraan saja yang perlu melakukan pengujian kir ini.


Beberapa jenis kendaraan tersebut antara lain Mobil pick up, Bus, Taxi, Mobil sewa, Mobil Ojek Online, dan Truk pengangkut barang.



Untuk syarat uji kir mobil ini sendiri terdiri dari beberapa dokumen yang perlu dilengkapi dan persyaratan yang perlu diikuti, seperti Kendaraan dalam kondisi baik, Dokumen lengkap meliputi BPKB dan STNK.


Persyaratan lainnya seperti Memiliki Ijin Trayek untuk Angkutan Umum, Memiliki bukti pembayaran biaya uji, Memiliki sertifikat uji tipe/pengesahan rancangan bangun dan rekayasa kendaraan dan tentunya tunas friends perlu Membawa kendaraan ke unit pelaksana pengujian.


Cara Uji KIR Mobil

Apabila semua syarat dirasa sudah lengkap, tunas friends bisa langsung melakukan langkah-langkah selanjutnya dengan Mengunjungi loket pendaftaran uji KIR yang ada di sekitar wilayah tunas friends untuk memenuhi syarat kendaraan yang sudah ditentukan.


Lalu lengkapi persyaratan administrasi, Penuhi persyaratan laik jalan, Bayar retribusi sesuai ketentuan yang berlaku, meliputi Pra Uji, yaitu pengecekan kondisi kendaraan mobil dan truk dan yang terakhir adalah pemasangan stiker.


Hak dan Kewajiban Pengguna Layanan KIR Mobil

DIkutip dari laman dishub kabupaten sampang, terdapat beberapa hak dan kewajiban dari pengguna layanan uji kir ini. Hak yang didapatkan pengguna layanan antara lain Memperoleh informasi mengenai pelayanan dan peraturan yang berlaku di pengujian kendaraan bermotor, Penggunakan juga memiliki hak untuk mengetahui kebenaran isi standar pelayanan yang bermotor.



Selain itu juga pengguna akan mendapatkan pelayanan yang berkualitas sesuai dengan azas dan tujuan pelayanan. Kepastian mengenai prosedur, waktu dan besarnya biaya,

Memperoleh informasi mengenai sarana dan prasarana di pengujian bermotor.


Terdapat juga Hak untuk memperoleh layanan administrasi dan teknis pengujian, memperoleh informasi mengenai dimensi kendaraan, daya angkut tekanan sumbu terberat

Menyampaikan keluhan, hak terakhir adalah hak untuk memberi saran dan kritik atas pelaksanaan pengujian kendaraan.


Selain hak yang perlu dipenuhi, terdapat juga beberapa kewajiban yang pengguna layanan perlu berikan seperti Berpartisipasi aktif untuk mematuhi peraturan dalam penyelenggaraan pengujian, Mengikuti alur pelayanan yang telah ditentukan, Ikut menjaga terpeliharanya sarana, prasarana dan fasilitas pengujian kendaraan bermotor.



Ketetapan waktu dalam pendaftaran dan pelaksanaan uji, Mematuhi persyaratan uji yang telah ditetapkan, dan yang terakhir adalah membayar retribusi sesuai dengan klasifikasi kendaraan yang telah ditetapkan.


Itulah beberapa informasi mengenai uji KIR Mobil, jadi apakah tunas friends sudah melakukan uji kir untuk kendaraan niaganya?



Perlu diketahui juga bagi tunas friends yang membutuhkan mobil baru untuk keperluan niaga atau angkutan, bisa menghubungi kami untuk proses pemesanan kendaraan.


Beberapa produk seperti Hi Ace, hillux dan beberapa jenis kendaraan toyota lainnya memang sudah sangat banyak digunakan sebagai kendaraan niaga seperti travel atau angkutan barang. Klik tombol di bawah ini untuk informasi lebih detail.



0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page