top of page
Search
  • Admin

Mengenal Apa Itu SAMSAT dan Fungsinya


Arti Samsat
Arti Samsat

Mungkin bagi sebagian tunas friends sudah tidak asing dengan yang namanya SAMSAT. Terutama para pemilik kendaraan bermotor yang rutin membayar pajak kendaraan setiap satu tahun sekali. Sederhananya, SAMSAT ialah kantor pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor.


Namun, Tunas Friends tahu ga sih apa kepanjangan dari SAMSAT dan apa saja fungsinya dari tempat yang satu ini? Yuk, simak penjelasan berikut ini untuk lebih jelasnya.


Arti SAMSAT

SAMSAT merupakan kepanjangan dari Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap. SAMSAT adalah rangkaian sistem yang memiliki fungsi sebagai penyelenggara tugas Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).


Baca juga: Cara bayar pajak mobil online


Fungsi lainnya adalah Registrasi serta Identifikasi Kendaraan Bermotor (Regiden Ranmor) dan juga pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (SWDKLLJ). beberapa peraturan diatas sudah diatur pada Peraturan Presiden (PP) No. 5 Tahun 2015 tentang Penyelenggara SAMSAT.


SAMSAT ini sendiri terbagi menjadi tiga instansi pelaksana yang dapat disebut sebagai Tim Pembina SAMSAT. Instansi yang pertama yaitu Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) yang memiliki tanggung jawab untuk mengelola pajak kendaraan bermotor.


Baca juga: Cara blokir stnk online dan menghindari pajak progresif


Lalu Instansi kedua adalah Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah (Ditlantas Polda) untuk menjalankan fungsi dari Regiden Ranmor. Instansi yang terakhir yaitu PT Jasa Raharja (Persero) yang memiliki tugas untuk mengelola Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).


Saat ini kantor samsat di berbagai daerah sudah mulai menerapkan dan membuat berbagai fasilitas yang memudahkan para pembayar pajak, salah satunya adalah dengan hadirnya samsat online.


Baca juga: Wajib tertib! Tilang elektronik menggunakan handphone mulai diterapkan


Dengan adanya fasilitas seperti samsat online ini tentu akan semakin memudahkan dan mempersingkat waktu ketika para pembayar pajak melakukan pembayaran pajak kendaraan. Contohnya pada provinsi jawa barat yang menyediakan fasilitas e-samsat yang dapat di akses melalui bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar


Selain itu juga, saat ini beragam e-commerce sudah menyediakan beragam fitur yang semakin memudahkan pembayar pajak kendaraan motor untuk membayarkan pajak kendaraannya. Jadi, sudahkan tunas friends membayarkan pajak kendaraanya?

0 comments
bottom of page