top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Lengkap! Kode Plat Nomor Kendaraan Jawa Tengah dan Yogyakarta

Diperbarui: 20 Mar 2023


Plat Nomor Jawa Tengah
Plat Nomor Jawa Tengah

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai plat nomor kendaraan yang ada di daerah banten, jakarta dan jawa barat. Sekarang kita akan sedikit mengulas mengenai daftar plat nomor kendaraan di daerah jawa tengah.



Kode Plat Nomor Kendaraan di Jawa Tengah

Setidaknya terdapat 6 kode plat nomor kendaraan yang digunakan pada kawasan provinsi jawa tengah, plat tersebut antara lain Plat G, Plat H, Plat K, Plat R, Plat AA dan Plat AD. Daerah mana sajakah yang berlaku pada setiap plat nomor tersebut? Yuk, ikuti lanjut simak ulasan di bawah ini.


Plat G

Beberapa daerah yang menggunakan plat nomor G pada kendaraannya adalah mencakup wilayah brebes, batang, pemalang, pekalongan dan tegal.


Plat H

Kendaraan yang berasal dari daerah semarang, salatiga, demak dan kendal menggunakan kode plat nomor kendaraan berupa plat H.



Plat K

Selanjutnya, beberapa daerah yang menggunakan plat ka setidaknya ada 7 daerah yang meliputi Pati, kudus, cepu, jepara, blora, rembang dan grobogan.


Plat R

Beberapa daerah seperti banyumas, banjarnegara, cilacap hingga purbalingga menggunakan kode plat R pada kendaraannya.


Plat AA

Daerah yang menggunakan kode plat AA pada nomor kendaraannya meliputi Magelang, wonosobo, purworejo, kedu, tamanggung dan kebumen.


Plat AD

Bagi pemilik kendaraan pada daerah surakarta, klaten, boyolali, wonogiri, sukoharjo, karanganyar hingga sragen menggunakan kode plat nomor AD.


Kode Plat Nomor Kendaraan Yogyakarta

Berbeda provinsi dengan jawa tengah, daerah istimewa yogyakarta memiliki kode plat nomornya sendiri. Kendaraan yang berasal dari yogyakarta ini memiliki kode plat AB.



Namun, pada beberapa daerah di kawasan Yogyakarta dibedakan dari huruf pada belakang plat. Seperti daerah bantul, gunung kidul dan kulon progo.


Itulah beberapa informasi singkat mengenai kode plat nomor kendaraan di daerah jawa tengah dan juga yogyakarta. Semoga membantu.

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page