Search
  • Admin

Plat Nomor Putih Siap DIberlakukan, Kapan Mulainya?

Updated: Aug 10


Plat Nomor Putih
Plat Nomor Putih

Mungkin sudah banyak dari Tunas Friends mengetahui mengenai kebijakan baru mengenai perubahan warna plat nomor hitam menjadi putih, sebenarnya apakah alasan perubahan warna plat ini dan kapan plat nomor putih ini diberlakukan? berikut ini ulasannya.


Alasan perubahan Plat Nomor Putih

Sudah bertahun-tahun penggunaan plat nomor kendaraan di indonesia menggunakan warna dasar hitam dan warna putih untuk nomor. Namun saat ini kebijakan tersebut akan diubah.


Baca juga: Semakin mudah inilah cara cek plat nomor jakarta


Nantinya, para pemilik kendaraan bermotor baik baru maupun lama akan menggunakan plat nomor putih sebagai warna dasar dan hitam sebagai warna nomor. Alasan penerapan kebijakan baru ini tak terlepas dari perkembangan teknologi.


Saat ini pihak kepolisian sendiri sedang gencar menerapkan aturan tilang elektronik yang dimana salah satu alat utamanya adalah menggunakan kamera. Kamera sendiri pada dasarnya lebih menyerap warna hitam sehingga sering terjadi kesalahan ketika menangkap nomor pada plat tersebut.


Baca juga: Lengkap! daftar kode plat nomor jakarta, banten dan jawa barat


Dengan adanya perubahan warna dasar plat nomor ini tentu diharapkan kesalahan seperti ini bisa lebih dikurangi. Dan membuat penerapan tilang elektronik bisa berjalan lebih lancar.


Kapan Perubahan Plat Nomor putih diberlakukan?

Setelah maraknya informasi mengenai perubahan warna plat nomor mobil ini tentu timbul pertanyaan kapan plat nomor ini akan diganti. Berdasarkan informasi pihak kepolisian rencananya pertengahan april ini kebijakan baru ini mulai diterapkan.


Baca juga: Harga plat nomor cantik mobil


Nantinya, memiliki kendaraan baru akan mendapatkan plat nomor dengan desain warna putih, begitu pula para pemilik kendaraan bermotor lama yang akan mendapatkan plat nomor baru ketika melakukan perpanjangan stnk atau perubahan nama surat kendaraan.


Namun mengenai tanggal kapan tepatnya kebijakan ini benar-benar diterapkan masih belum ada informasi pastinya. Namun pihak kepolisian memastikan kebijakan ini sudah berdasarkan kajian dan diskusi mendalam dan melihat beberapa negara yang sudah menerapkan tilang elektronik.


Baca juga: Cara mengurus biaya plat nomor sementara stck


Itulah beberapa informasi mengenai aturan baru mengenai plat nomor putih, jadi tunas friends setujukah dengan kebijakan yang satu ini?

39 views0 comments