Search
  • Admin

Kilas Balik 2020: Mobil Toyota Terbaru yang Rilis di 2020

Updated: Jun 7


mobil toyota terbaru

Apa yang Tunas Friends pikirkan saat mendengar ‘mobil Toyota’? Tangguh, kuat, canggih, keren. Kira-kira beberapa kata sifat itulah yang pasti muncul di pikiran Tunas Friends mengenai mobil Toyota.


Bagi Tunas Friends yang mengenalnya, mobil Toyota kerap hadir dalam berbagai varian dengan tampilan dan performa yang semakin berkembang dari tahun ke tahun.


Bahkan, di masa pandemi seperti sekarang ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) masih terus meluncurkan mobil Toyota terbaru yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.


Sepanjang tahun 2020, PT Toyota Astra Motor (TAM) tercatat telah mengeluarkan sembilan produk mobil Toyota terbaru. Di antaranya adalah mobil Sport Utility Vehicle (SUV), Multi Purpose Vehicle (MPV), dan juga mobil berjenis sedan.


Apa saja mobilnya? Mari simak kilas balik mengenai mobil Toyota yang dirilis mulai dari awal tahun 2020 hingga akhir tahun 2020.


Baca juga: Kupas Tuntas Total Biaya Servis Mobil Toyota Avanza Hingga 100.000 Km


Toyota Agya

toyota agya

Pertama, pada 19 Maret 2020 hadir Toyota Agya versi terbaru dengan slogan Start to Never Stop. Secara kasat mata, terdapat perubahan pada mobil Agya terbaru ini, terutama pada tipe tertingginya yaitu TRD S.


Agya 2020 mengandalkan garis dan sudut tajam pada bodi mobil sehingga membuatnya semakin kelihatan agresif dan sporty.


Fiturnya pun juga ikut dikembangkan, salah satunya fitur Start/Stop Engine Button yang diklaim sebagai compact hatchback di kelas Low Cost Green Car (LCGC) pertama di Indonesia yang menggunakan fitur Start/Stop Engine Button.


Dapur pacunya masih menggunakan mesin berkapasitas 1.197 cc dengan teknologi Dual VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga hingga 88 PS.


Toyota Agya tersedia dalam tujuh pilihan warna menarik, yaitu Silver Metallic, Black, Yellow, Red, White, Grey Metallic, dan Orange Metallic. Harga mobil Agya dibanderol sekitar Rp148 juta sampai dengan Rp178 juta.



Baca juga: Kupas Tuntas Perbedaan Toyota Hilux Single Cabin dan Double Cabin


Toyota Corolla Cross

toyota corolla cross

Corolla Cross diluncurkan pada 6 Agustus 2020 sebagai mobil Toyota berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) model terbaru.


Toyota Corolla Cross tersedia dalam dua varian bertransmisi CVT, yakni tipe mesin 2ZR-FBE 1.800 cc dengan dukungan bahan bakar bensin 138 PS dan tipe mesin 2ZR-FXE 1.798 cc dengan bahan bakar hybrid 96 PS (bensin) & 71 PS (motor listrik).


Tampilan eksteriornya lebih fresh, tangguh, dan dinamis. Interiornya pun terlihat elegan dengan nuansa kabin yang serba hitam. Dilengkapi fitur-fitur canggih, seperti Audio Steering Switch dan Head Unit 9 inci dengan media Bluetooth, NFC, Miracast, dan sebagainya.


Radius putar Toyota Corolla Cross ini mencapai 5.2 meter, memastikan Tunas Friends dapat bermanuver di ruang terbatas. Harga Corolla Cross berada di kisaran Rp457 juta hingga Rp497 jutaan.



Baca juga: 8 Strategi Memulai Bisnis Food Truck dengan Toyota Dyna


Toyota Sienta Welcab

toyota sienta welcab

Lalu, ada Toyota Sienta Welcab yang didesain khusus untuk mobilitas anggota keluarga. Fitur-fiturnya pun canggih dan mudah dioperasikan. Pada bagian interiornya, terdapat salah satu fitur andal yaitu kursi Welcab.


Kursi Welcab ini ditempatkan pada baris kedua di sebelah kiri. Didukung dengan sandaran tangan di sisi kanan, sandaran kepala, dan juga sandaran kaki. Tunas Friends bisa mengoperasikannya dengan dua cara, yaitu dengan remote dan aplikasi smartphone.


Kursi Welcab pada Toyota Sienta mampu memberikan fleksibilitas lebih dengan fitur New Rotation dan Side Lift, sehingga kursi ini mampu bergerak secara otomatis sampai keluar pintu. Ini akan memudahkan para lansia naik maupun turun mobil.


Selain kursi canggih Welcab, terdapat pula fitur Integrated Air Purifier (Car Ionizer) atau yang dikenal dengan pembersih udara. Fungsinya adalah meningkatkan kualitas udara di dalam kabin.


Harga Toyota Sienta dibanderol mulai dari Rp360 jutaan hingga Rp380 jutaan. Tenang saja, Tunas Friends bisa memilih varian Sienta yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Tunas Friends miliki.


Baca juga: Toyota CHR Hybrid, Lebih Irit dari LCGC dan Hemat Bensin Puluhan Juta!


Toyota Kijang Innova TRD Sportivo


Toyota Innova TRD Sportivo memiliki dua varian yaitu tipe G dan V. Setiap tipenya dibekali dengan sistem transmisi manual 5-percepatan dan sistem transmisi otomatis 5-percepatan.


Menilik dapur pacunya, Kijang Innova TRD Sportivo dilengkapi mesin 2GD-FTV berkapasitas 2.400 cc dengan teknologi VVT-i dan VNT Intercooler. Tenaga yang dihasilkan mencapai 149 PS.


Toyota memproduksi mobil Innova TRD Sportivo secara terbatas atau limited edition yakni kurang lebih hanya 2.633 unit. Tersedia dalam empat pilihan warna, yaitu Super White, Dark Grey Mica Metallic, Attitude Black, dan Silver Metallic.


Fitur-fiturnya pun canggih. Salah satunya adalah filter udara yang dapat menjaga kondisi dan kualitas udara di dalam kabin. Sementara itu, harga Innova TRD Sportivo dibanderol sekitar Rp360 jutaan hingga Rp430 jutaan.


Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Liburan Offroad Bersama Toyota Hilux


Toyota Hilux

toyota hilux

Pada tahun 2020, Toyota Hilux menjadi satu-satunya kendaraan yang dimanfaatkan sebagai kendaraan komersial. Terdapat dua varian Hilux yang bisa Tunas Friends pilih, yakni Hilux Single Cabin dan Hilux Double Cabin.


Keduanya memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda, paling mencolok terletak pada besar kabinnya. Hilux Single Cabin memiliki eksterior yang lebih polos dan minim aksesoris di sekitar bodinya, sementara Hilux Double Cabin terlihat lebih modern dan futuristik.