top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Sudah Tau Kepanjangan SPBU Serta Fungsi dan Aturannya?

Diperbarui: 8 Mar 2023


Kepanjangan SPBU
Kepanjangan SPBU

Tunas Friends sudah tau kepanjangan dari SPBU itu apa? SPBU itu merupakan singkatan dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum. SPBU memang memiliki peran penting untuk pengisian bahan bakar kendaraan, agar lebih paham berikut ini adalah ulasan mengenai fungsi dan aturan ketika berada di SPBU.


SPBU tidak hanya menyediakan 1 jenis bahan bakar, namun terdapat beberapa untuk menyesuaikan dengan jenis kendaraan. ada beberapa jenis bahan bakar seperti RON 88, RON 90, RON 92, RON 95, RON 98 bahkan RON di atas 100 yang di peruntukan untuk mobil sport atau mobil balap.



SPBU ini juga terdapat beberapa jenis ada yang dimiliki oleh negara maupun swasta. Saat ini SPBU juga memiliki fasilitas yang mungkin dibutuhkan bagi pengunjung SPBU seperti pengisian angin, Mushola, toilet, ATM bahkan beberapa SPBU sudah bekerja sama dengan minimarket.


Apabila kita mengunjungi SPBU terdapat beberapa aturan yang wajib dipatuhi, salah satunya adalah untuk menghindari kecelakaan karena SPBU ini adalah tempat yang rawan terbakar.



Berikut ini beberapa aturan yang perlu dipatuhi ketika memasuki area SPBU, disimak baik-baik yah tunas friends.


Matikan mesin saat mengisi bensin

Ketika sedang mengisi bensin, pastikan kendaraan dalam kondisi mati. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran. Sudah terjadi beberapa kasus kebakaran diakibatkan oleh kendaraan yang masih dalam kondisi hidup saat proses pengisian bahan bakar.



Ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya kebakaran seperti arus listrik dari pengapian kendaraan. Selain itu panas mesin juga dapat memicu gas dan mengakibatkan oksigen bereaksi terhadap bahan bakar minyak.


Dilarang menggunakan Telepon seluler

Yang satu ini sering diabaikan ketika memasuki area SPBU, padah akibatnya bisa fatal loh tunas friend. Sinyal dari sambungan telepon seluler dapat menjadi salah satu pemicu terbakarnya SPBU.



Dilarang Merokok

Percikan bara api dari rokok sedikit sedikit apapun dapat memicu percikan dan kobaran api yang besar yang akan membakar seluruh SPBU. Larangan yang satu ini paling wajib dipatuhi untuk menghindari terjadinya kebakaran.



Itulah informasi mengenai kepanjangan dari SPBU, fungsi serta larangan ketika berada di area SPBU. Semoga bermanfaat yah Tunas Friends. Apabila ingin mengetahui informasi lainnya mengenai dunia otomotif, serta produk toyota terbaru, dan harga mobil toyota terupdate langsung klik DISINI yah.

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page