top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Kenali Tanda Mobil Calya Perlu Melakukan Spooring dan Balancing

Diperbarui: 30 Agu 2023


Spooring dan balancing ban mobil toyota
Spooring dan balancing ban mobil toyota

Toyota Calya memang dikenal sebagai mobil keluarga yang masuk kedalam kategori LCGC. Harganya yang ramah di kantong membuat mobil ini laris manis di pasaran. Bagi tunas friends yang memiliki mobil ini tentu selain menggunakan tentu perlu melakukan perawatan juga pada mobil ini.



Salah satu perawatan yang dapat dilakukan adalah melakukan spooring dan balancing ketika melakukan servis toyota secara berkala. Lalu seperti apa tanda-tanda toyota calya perlu melakukan spooring dan balancing? berikut ini ulasannya.


Pengertiaan Spooring

Spooring sendiri secara sederhana dapat diartikan cara yang dilakukan untuk mengembalikan atau meluruskan kembali roda mobil seperti baru lagi atau dikembalikan pada settingan pabrik.



Pengertian Balancing

Sedangkan Balancing adalah cara untuk menyesuaikan dan menyeimbangkan kembali posisi roda. Proses ini biasanya dilakukan ketika sudah melakukan pergantian ban, velg mobil ataupun ketika melakukan servis mobil berkala.


Apabila Tunas Friends mulai merasakan tanda-tanda dibawah ini, usahakan untuk segera membawa mobil calya kesayangan untuk dibawa servis di bengkel resmi toyota. Adapun tanda-tanda yang dapat dirasakan adalah sebagai berikut.



Setir Mobil Bergetar

Tanda ini merupakan yang cukup sering dirasakan apabila mobil calya memerlukan spooring dan balancing. Pada kecepatan tertentu pengemudi biasanya akan merasakan getaran pada bagian stir.


Hal ini tak terlepas dari bagian roda depan yang memerlukan penyesuaian kembali posisi roda yang berubah akibat pemakaian.



Ban belakang Tidak Lurus

Pada bagian belakang tanda dapat terlihat dari ban yang tidak lurus dengan bagian belakang mobil. Cara sederhana mengetahui masalah ini adalah dengan melihat dari arah belakang kondisi ban sejajar atau tidak.



Apabila ban belakang dirasa tidak sejajar lurus dengan bagian belakang mobil, segera bawa mobil calya ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan spooring dan balancing.


Mobil berjalan miring

Pernah merasa mobil seakan berbelok sendiri? hal tersebut bisa disebabkan ban bagian depan yang tidak pada posisi semestinya. keadaan cukup parah dapat terlihat dari tanda mobil yang berjalan miring. Apabila merasakan tanda tersebut sangat disarankan melakukan spooring dan balancing.



Spooring dan Balancing mobil toyota tentu sangat penting dilakukan, terlebih lagi apabila tanda-tanda diatas mulai terasa tentu apabila tidak dilakukan perbaikan bukan hanya mengemudi menjadi tidak nyaman, bahkan mungkin pada kondisi tertentu dapat mengakibatkan kecelakaan.


Tunas Friends bisa melakukan spooring balancing ketika melakukan servis toyota berkala di bengkel resmi tunas toyota.



Untuk menghemat waktu bisa dengan melakukan booking service terlebih dahulu di website resmi kami, atau untuk lebih mudahnya bisa mengklik link di bawah ini.


0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page