Search
  • Admin

Ciri-Ciri Evaporator AC Mobil Rusak

Updated: Sep 16


AC mobil menjadi bagian penting dalam sebuah mobil, apabila kondisi ac mobil tidak prima tentu akan mengganggu kenyamanan ketika berkendara menggunakan mobil tersebut. Kondisi ac yang tidak dingin ternyata salah penyebabnya ada pada evaporator ac mobil yang rusak.


Lalu apa saja ciri-ciri dari evaporator yang rusak? apakah evaporator ac perlu diganti baru, atau bisa dilakukan service? berikut ini ulasannya.


Ciri-ciri Evaporator AC Mobil Rusak

Ada beberapa ciri yang dapat terlihat dan dirasakan apabila bagian penting dari sistem ac ini rusak. Yang paling sering dirasakan adalah ac yang tidak dingin, kondisi evaporator yang tidak prima tentu akan mempengaruhi kinerja ac ketika digunakan.


Baca juga: AC mobil terasa bau? ternyata inilah 5 penyebabnya


AC Mobil Tidak Dingin

Kondisi AC yang tidak dingin bisa disebabkan karena evaporator yang bocor, dari evaporator yang bocor dapat berdampak pada berkurangnya freon yang menyebabkan ac bekerja kurang maksimal dan menjadi tidak dingin.


Selain kondisi ac yang tidak dingin, ciri lainnya yang diakibatkan evaporator ac mobil rusak adalah udara yang dihembuskan menjadi sedikit maupun udara yang dihembuskan justru menjadi panas.


Baca juga: Tanda-tanda sudah harus ganti oli mobil


Ganti baru atau service?

Lalu pertanyaannya apabila sudah dalam tahap kondisi evaporator bocor apakah harus dilakukan pergantian dengan yang baru atau bisa dilakukan service? Sebenarnya kondisi bocor merupakan kondisi yang cukup parah, maka dari itu tentu mengganti dengan yang baru menjadi solusi yang sangat tepat.


Service bisa dilakukan dengan cara mengelas evaporator, namun cara ini banyak yang tidak merekomendasikan karena tidak akan bertahan lama. Maka dari itu mengganti dengan evaporator baru dan tentunya dengan pengganti yang original dan dilakukan di bengkel resmi.


Baca juga: Total biaya servis mobil toyota avanza


AC Mobil Menjadi Bau

Selain kondisi evaporator yang bocor atau rusak, ternyata apabila evaporator ini jarang dibersihkan akan berakibat juga kepada performa ac. Salah satu yang dapat dirasakan adalah terdapat bau yang tidak sedap keluar dari AC.


Seperti kita ketahui, evaporator ini juga berperan untuk mengatur sirkulasi udara yang ada dalam kabin mobil. Apabila tidak dilakukan pembersihan tentu kotoran yang berasal dari udara tersebut akan menumpuk dan mengakibatkan bau.


Maka dari itu inilah pentingnya melakukan service mobil secara berkala, terlebih lagi apabila mobil rutin tentu kondisi evaporator ac mobil juga perlu diperhatikan untuk memastikan sirkulasi udara yang berputar pada kabin mobil tetap bersih.


Baca juga: Service ac mobil toyota rush yang bau


Service Evaporator ac mobil

Itulah beberapa ciri-ciri yang dapat dirasakan apabila evaporator ac mobil mengalami kerusakan. Bila tunas friends merasakan ciri-ciri tersebut, segera bawa mobil kesayangan ke bengkel resmi tunas toyota, untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.


Untuk informasi lebih detail mengenai service mobil toyota bisa langsung klik link dibawah ini. Tunas friends bisa menikmati layanan booking service untuk menghemat waktu dan juga mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah jutaan rupiah.


277 views0 comments