top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Mengenal Apa Itu Shockbreaker Mobil, Fungsi Dan Bagiannya

Diperbarui: 18 Jul 2023


Fungsi Shockbreaker mobil
Fungsi Shockbreaker mobil

Saat mengendarai mobil, kenyamanan, stabilitas, dan keamanan adalah faktor penting yang harus dipertimbangkan. Salah satu komponen utama yang berperan dalam mencapai hal tersebut adalah shockbreaker.


Shockbreaker, juga dikenal sebagai peredam kejut atau suspensi, merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam sistem suspensi mobil yang memberikan dukungan dan menyerap goncangan saat mobil melaju di jalan.



Fungsi Shockbreaker

Sudah taukah tunas friends mengenai fungsi dari Shockbreaker ini? dan seberapa penting perannya dalam sebuah mobil? untuk mengetahuinya berikut ini adalah beberapa fungsi penting dalam sistem suspensi mobil:


Menyerap Goncangan

Pertama adalah untuk menyerap goncangan. Ketika mobil melintasi rintangan atau ketidakrataan di jalan, shockbreaker berperan dalam menyerap dan meredam goncangan tersebut. Hal ini membantu menjaga kenyamanan penumpang dan mencegah getaran berlebih yang dapat mempengaruhi stabilitas kendaraan.


Stabilitas Kendaraan

Shockbreaker juga membantu menjaga stabilitas kendaraan dengan mengendalikan pergerakan suspensi. Dengan membatasi pergerakan yang tidak terkendali, shockbreaker membantu mencegah gejala seperti roll atau terjangan yang berlebihan saat menikung atau saat bermanuver cepat.



Kontrol Pengereman

Selain itu, shockbreaker juga memiliki peran dalam menjaga kestabilan dan kontrol pengereman mobil. Dengan memberikan respons yang tepat terhadap gerakan suspensi saat pengereman, shockbreaker membantu menjaga keamanan dan menghindari kemungkinan terjadinya pengereman yang tidak stabil.


Menginat fungsinya yang beragam dan cukup penting, apabila merasakan beberapa kendara pada fungsi diatas, tunas friends sebaiknya melakukan pengecekan, dan apabila kondisi shockbreaker mobil sudah tidak layak bisa dipertimbangakan untuk ganti shockbreaker mobil.


Ganti Shockbreaker mobil
Ganti Shockbreaker mobil

Komponen Shockbreaker

Shockbreaker terdiri dari beberapa komponen utama yang bekerja sama untuk mencapai fungsi yang diinginkan:


Peredam Shockbreaker Mobil

Peredam pada shockbreaker adalah komponen utama yang bertanggung jawab untuk mengendalikan pergerakan suspensi. Peredam menggunakan sistem tekanan hidrolik atau gas untuk mengatur laju pergerakan piston saat terjadi goncangan. Ada beberapa jenis peredam, seperti peredam tekanan gas, peredam kejut, dan peredam hidrolik.



Pegas Shockbreaker Mobil

Pegas pada shockbreaker bertanggung jawab untuk memberikan dukungan dan menyangga beban kendaraan. Pegas bisa berbentuk spiral atau coil spring, leaf spring, atau torsion bar, tergantung pada tipe suspensi mobil.


Bushing dan Bantalan Shockbreaker Mobil

Bushing dan bantalan pada shockbreaker berfungsi untuk mengurangi gesekan antara komponen-komponen yang bergerak. Hal ini membantu menjaga kinerja yang optimal dan mengurangi keausan komponen.



Itulah beberapa informasi mengenai fungsi dan bagian-bagian yang terdapat pada shockbreaker mobil. Perannya yang cukup vital pada mobil membuat bagian ini tentu memerlukan perawatan khusus.


Terlebih, tentu apabila tunas friends menemukan ciri shockbreaker mulai rusak karena memang umur shockbreaker ini juga memiliki masanya tersendiri, tunas friends perlu untuk memeriksa kondisi bagian ini ketika melakukan servis mobil.



Jika tunas friends memiliki mobil toyota dan merasakan ada permasalahan pada bagian shockbreaker mobil, bisa langsung menghubungi bengkel resmi tunas toyota terdekat. Tunas Friends juga bisa melakukan booking service dengan cara mengklik tombol di bawah ini.



0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page