top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Jangan Salah! Ternyata Inilah Penyebab Aki Mobil Tekor

Diperbarui: 21 Sep 2023


Penyebab aki mobil tekor
Penyebab aki mobil tekor

Salah satu bagian penting dari sistem listrik mobil kita adalah aki. Aki berfungsi untuk memulai mesin dan menyediakan tenaga listrik untuk sistem listrik pada sebuah mobil. Namun, kita sering mengalami masalah aki mobil yang tekor atau soak, yang tentu dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan bahkan kerusakan pada mobill. Kali ini kita akan akan membahas beberapa penyebab aki mobil tekor dan memberikan sedikit saran untuk memilih aki asli yang tepat.


Penyebab Aki Mobil Tekor

Penyebab aki mobil tekor sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari perawatan yang tidak baik ataupun kondisi aki yang memang sudah perlu dilakukan pergantian, beberapa contoh dibawah ini adalah penyebab umum terjadinya aki mobil yang tekor atau soak.



Pemakaian Aki Yang Sudah Lama

Salah satu penyebab paling umum aki mobil yang tekor adalah usia aki yang sudah tua dan siklus pengisian dan discharge yang tidak tepat. Aki yang telah digunakan dalam waktu yang lama biasanya akan mengalami penurunan kapasitas dan performa.



Selain itu, seringkali pengemudi lupa mematikan lampu atau perangkat listrik lainnya pada mobil ketika mesin mati, hal ini tanpa kita sadari dapat menyebabkan aki terus terbebani tanpa pengisian kembali yang cukup, dan pada akhirnya mengakibatkan aki menjadi tekor atau soak.


Korosi Pada Terminal Aki

Korosi atau kotoran yang terdapat pada terminal aki dapat menyebabkan hubungan yang buruk antara aki dan kabel, sehingga dapat menghambat aliran listrik yang optimal, dan pada akhirnya akan menyebabkan aki menjadi lemah atau tekor.



Kondisi lingkungan yang buruk pun bisa menentukan kondisi aki, seperti kelembaban tinggi atau sering berkendara di jalanan berdebu atau banjir, dapat meningkatkan risiko korosi pada terminal aki. Maka dari itu perlunya melakukan pembersihan dan perawatan menjadi sangatlah penting.


Beban Listrik Berlebih

Ketika kita menggunakan perangkat listrik yang berlebihan pada mobil tanpa mesin menyala dapat ternyata dapat membuat aki bekerja keras dan mengurangi masa pakai aki. Penggunaan aki untuk menghidupkan sistem audio, lampu tambahan, atau perangkat elektronik lainnya saat mesin mati dapat menyebabkan aki terkuras lebih cepat.


Penambahan berbagai aksesoris tambahan yang memerlukan daya listrik juga membuat membuat kinerja aki menjadi menurun hal ini karena kapasitas aki yang terbatas harus memenuhi kebutuhan listrik berlebih dari berbagai aksesoris tambahan tersebut.



Maka dari itu, memastikan kapasitas aki dan menambah berbagai aksesoris yang membutuhkan daya listrik perlulah dipertimbangkan dengan matang-matang agar kondisi aki tetap prima dan terhindar dari kondisi aki yang soak ataupun tekor.


Itulah beberapa penyebab umum yang membuat aki menjadi tekor dan soak. Apabila terjadi permasalahan dan menemukan ciri-ciri aki tekor, tunas friends perlu segera membawa mobil ke bengkel resmi terdekat, agar kondisi mobil kembali prima dan terhindar dari mogok.



Pastikan juga untuk mengganti aki dengan aki yang asli dan dibengkel resmi agar permasalahan mengenai aki tekor ini bisa teratasi dengan baik. Jika tunas friends menggunakan mobil toyota, bisa langsung menghubungi kami untuk melakukan booking servis mobil toyota kesayangan agar dapat dilakukan pengecekan menangani kondisi aki.


Tips Memilih Aki Asli yang Tepat

Ketika mengganti sebuah aki yang soak atau rusak sebaiknya kita memili aki yang asli dan tepat karena hal ini akan mempengaruhi kondisi kendaraan kedepannya. Adapun beberapa tips untuk memilih aki yang tepat adalah sebagai berikut.


Kenali Tipe dan Ukuran Aki yang sesuai, Seperti kita ketahui setiap kendaraan memiliki tipe dan ukuran aki yang berbeda. Pastikan tunas friends memahami spesifikasi aki yang dibutuhkan oleh mobil Anda.



Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menemukan informasi ini di buku panduan kendaraan atau dengan berkonsultasi kepada teknisi atau mekanik yang berpengalaman.


Lalu pilihlah Aki dari Produsen Terpercaya Ketika membeli aki baru, pilihlah dari produsen yang telah terbukti menghasilkan produk berkualitas. Merek-merek terkenal seringkali menawarkan jaminan dan dukungan purna jual yang lebih baik, sehingga memberikan keamanan tambahan bagi pembeli.



Selanjutnya, Tunas friends juga dapat periksa tanggal produksi. Hindari memilih aki yang telah lama duduk di toko atau gudang karena performanya mungkin sudah menurun. Pilih aki dengan tanggal produksi yang relatif baru untuk memastikan kualitasnya.


Selain itu, perhatikan kondisi dan penyegelan aki. Pastikan aki dalam kondisi baik dan tidak rusak. Periksa segel pada aki untuk memastikan bahwa aki belum pernah dibuka atau diisi kembali oleh pihak yang tidak kompeten. Itulah beberapa tips untuk memilih aki yang tepat dan asli, semoga bermanfaat.

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page