top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

3 Cara Jumper Aki Mobil Soak Yang Aman


Jumper Aki Mobil
Jumper Aki Mobil

Aki mobil memang terkadang ada dalam kondisi yang lemah atau mati. Terdapat beberapa faktor yang membuat hal ini terjadi. Namun bagaimana solusinya apabila kita dalam kondisi mendesak? Jawabannya adalah Jumper aki mobil.


Jumper Aki Mobil adalah solusi cepat yang sangat berguna dalam situasi mendesak. Tetapi tentu perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak aki atau bahkan mengakibatkan cedera. Kali ini kita akan membahas mengenai 3 cara untuk jumper aki mobil dengan aman dan memberikan beberapa tips untuk mencegah aki mobil agar tidak soak.


Cara Jumper Aki Mobil

Yang pertama perlu diperhatikan sebelum melakukan jumper aki adalah memeriksa kondisi aki dengan benar. Perhatikan tanda-tanda aki yang sudah tua, aus, atau rusak. Apabila tunas friends melihat tanda-tanda korosi pada terminal aki (titik di mana kabel terhubung), cobalah untuk bersihkan terminal tersebut dengan sikat aki.



Lalu, cobalah untuk memeriksa level air aki. Pastikan level air dalam setiap bagian aki berada di atas batas minimum yang ditandai. Jika tidak, segeralah untuk tambahkan air aki murni sesuai dengan kebutuhan kebutuhan.


Apabila hal diatas sudah dicek, hal lain yang bisa dilakukan adalah memilih dan menggunakan alat jumper yang tepat. Cobalah untuk gunakan kabel jumper yang cukup panjang dan memiliki daya yang mencukupi. Alat jumper yang baik biasanya memiliki isolasi kabel yang kuat dan klip yang dapat terpasang dengan erat pada terminal aki.


Apabila beberapa hal diatas sudah dilakukan, Coba letakkan kedua kendaraan dalam jarak yang cukup dekat satu sama lain, tetapi pastikan mereka tidak bersentuhan. Setelah itu, Pastikan mesin pada kendaraan mati dan transmisi dalam posisi "N".


Lalu, hubungkan kabel jumper dengan benar, satu ujung merah ke terminal positif aki kendaraan yang mati, satu ujung merah ke terminal positif aki kendaraan yang masih hidup, satu ujung hitam ke terminal negatif aki kendaraan yang masih hidup, dan satu ujung hitam ke titik tanah pada kendaraan yang mati.



Setelah terpasang, coba untuk menyalakan kendaraan yang masih hidup dan biarkan mesinnya berjalan selama beberapa menit untuk mengisi aki pada kendaraan yang mati. Cobalah nyalakan kendaraan yang mati. Jika berhasil, biarkan kedua kendaraan berjalan selama beberapa menit sebelum melepaskan kabel jumper dan pastikan melepas dengan hati-hati.


Untuk menghindari aki mobil soak, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan. Yang pertama adalah menjalankan kendaraan secara teratur.


Rutinlah melakukan pemeriksaan pengisian aki. Pastikan sistem pengisian daya aki, termasuk alternator dan regulator tegangan, berfungsi dengan baik. Jika tunas friends mencurigai masalah dengan pengisian aki, segera periksakan ke bengkel.



Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan apabila terjadi aki soak dan cara melakukan jumper aki mobil. Dengan mengikuti langkah-langkah jumper aki yang aman dan merawat aki mobil dengan baik, Tunas Friends dapat memastikan bahwa kendaraan selalu siap digunakan.


Apabila masih bingung, tunas friends bisa langsung mendatangi bengkel resmi tunas toyota untuk melakukan pengecekan dan perbaikan pada bagian aki mobil. Yuk, hubungi kami untuk booking service.

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Bình luận


bottom of page