Search
  • Admin

Waspada! Kenali Ciri Aki Rekondisi

Updated: Oct 4


Ciri Aki Rekondisi
Ciri Aki Rekondisi

Aki merupakan komponen yang menjadi sumber tenaga bagi kendaraan. Beragam merek dan jenis ditawarkan. Harganya sendiri juga tak murah. Karena komponen ini cukup rumit dan vital.


Sayangnya hal tersebut dimanfaatkan oleh sebagian pihak untuk mengambil keuntungan dengan menjual aki rekondisi. Aki rekondisi yang dimaksud adalah aki yang sudah uzur yang kemudian diperbaiki dan di jual kembali.


Baca juga: Mudah inilah cara merawat aki kering mobil agar lebih awet


Sebenarnya, ketika aki sudah tidak digunakan oleh pemiliknya harus dihancurkan. Hal ini lantaran kemampuan aki untuk menyimpan listrik memang sudah tak prima lagi.


Harga aki mobil pada kondisi baru mulai dari 500 ribuan atau ada yang lebih dari 2 jutaan tergantung tipe dan jenisnya. Sedangkan Aki rekondisi menawarkan harga sedikit lebih murah.


Beberapa oknum melakukan rekondisi dengan tujuan membuat aki yang komponennya sudah lemah diganti dan kemudian diisi kembali dayanya. Bahkan ada yang hanya dibersihkan lalu dijual lagi dengan setengah harga.


Baca juga: Perkiraan total biaya servis mobil toyota avanza


Beberapa hal yang dapat dirasakan adalah yang seharusnya kamu bisa menggati aki di beberapa tahun kedepan, dengan memakai aki rekondisi hanya mampu bertahan minimal setahun bahkan dalam beberapa bulan saja.


Ciri Aki Rekondisi

Lalu, bagaimana cara Tunas Friends mengenali ciri aki rekondisi? Aki rekondisi biasanya terlihat dari terminal dan fisik kutup aki, terminal aki rekondisi umumnya mudah tergores karena sudah pernah digunakan.


Badan aki juga terlihat gembung karena sudah mengalami proses kimiawi di dalamnya. Selain itu bagian tutup aki dan tubuhnya juga biasanya terlihat tak lagi rapat karena sudah dibuka.


Baca juga: 3 rekomendasi bengkel toyota jakarta selatan


Variabel lain yang dapat dilihat warnanya yang sudah kusam. Pada umumnya aki rekondisi seperti itu dijual di pinggir jalan atau kios-kios kecil.


Tempat yang paling aman untuk ganti Aki ya hanya di bengkel resmi. Selain itu biasanya aki asli juga memiliki masa garansi hingga 1 tahun.


Jika tunas friend memiliki permasalahan aki mobil, tunas friend bisa langsung membawa mobil toyota kesayangan ke bengkel resmi toyota untuk pengeekan lebih lanjut. Dan untuk mempermudah, bisa langsung melakukan booking servis via website resmi tunas toyota.


Baca juga: Daftar bengkel mobil toyota bandung


Selain menghemat waktu, tunas friends juga bisa mendapatkan promo menarik berupa hadiah dengan total jutaan rupiah. Tunggu apa lagi. yuk service di bengkel resmi tunas toyota.




0 comments