Search

5 Mobil Toyota yang Masuk dalam Kriteria PPnBM 0%


mobil toyota

Beberapa hari lalu, terdapat peraturan relaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) yang diberlakukan pada kendaraan bermotor di Indonesia, termasuk mobil Toyota. Tujuannya apa sih?


Jelas saja, untuk memulihkan industri manufaktur, salah satunya industri di bidang otomotif yang terdampak oleh pandemi COVID-19. Rencananya, relaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) ini berlaku secara bertahap di sepanjang tahun 2021.


Besaran relaksasi pajaknya pun berbeda di beberapa periode, inilah yang dinamakan bertahap. Mobil Toyota yang masuk ke dalam kategori relaksasi atau diskon pajak yaitu Toyota Avanza, Toyota Calya, Toyota Agya, Toyota Rush, dan Toyota Vios.


Sebelum lanjut ke peraturan sebenarnya tentang relaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM), Tunas Friends dapat membaca spesifikasi mobil Toyota yang baru saja disebutkan, sebagai wawasan produk sebelum membelinya.



Baiklah, berikut ini merupakan berbagai poin penting yang perlu Tunas Friends ketahui mengenai PPnBM. Simak, yuk!


Baca juga: Mulai 1 Maret 2021, Pemerintah Gratiskan Pajak PPnBM Mobil Baru Toyota


Kriteria Mobil Baru yang Mendapatkan PPnBM 0%

Sudah disiapkan peraturan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) khusus mobil baru, dimulai dari bulan Maret tahun 2021. Pemberian insentif ini dilakukan secara bertahap selama sembilan bulan lamanya, yang dibagi menjadi tiga periode.


Tahap pertama di bulan Maret-Mei, diberikan insentif PPnBM sebesar 100% (alias gratis). Lalu, diikuti insentif PPnBM sebesar 50% dari tarif normal pada tiga bulan di periode kedua dan 25% pada tiga bulan di periode ketiga.


Kemudian ada kriteria lain yang dijadikan acuan mendapat relaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM), seperti:

  • Mobil dengan kubikasi mesin kurang dari 1.500 cc berpenggerak dua roda atau 4x2

  • Sedan dengan kapasitas mesin kurang dari 1.500 cc


Ada pula jenis mobil Toyota yang masuk ke dalam kriteria penurunan tarif pajak, adalah:

  • Low Multi Purpose Vehicle (MPV), seperti Toyota Avanza

  • Low Cost Green Car (LCGC), seperti Toyota Calya dan Toyota Agya

  • Low Sport Utility Vehicle (SUV), seperti Toyota Rush dan Toyota Vios


Seperti yang telah disinggung sebelumnya, penurunan tarif pajak ini bertujuan untuk membantu sektor industri yang mengalami kerugian akibat pandemi COVID-19. Sehingga diharapkan peraturan ini dapat meningkatkan kembali produktivitas industri otomotif.


"Harapannya, konsumsi masyarakat kalangan menengah atas lebih meningkat, mampu meningkatkan utilisasi industri otomotif dan mendorong pertumbuhan ekonomi di kuartal pertama tahun ini," ujar Airlangga Hartarto, Menteri Koord. Bidang Perekonomian.

Pemberian insentif ini juga didukung dengan kebijakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mendorong kredit pembelian kendaraan bermotor, seperti peraturan penyerahan uang muka (Down Payment) sebesar 0% dan penurunan Aktiva Tertimbang Menurut Risiko (ATMR).


Baca juga: Usulan Pajak Mobil Baru 0% dari Menperin


Mobil Toyota yang Masuk Kriteria PPnBM 0%

Toyota Avanza

toyota avanza 2021

Mobil Toyota pertama adalah Toyota Avanza. Memakai mesin berteknologi DOHC Dual VVT-i 4-silinder dengan pilihan kapasitas mesin 1.496 cc dan 1.329 cc. Tersedia dalam dua jenis sistem transmisi, yaitu otomatis 6-percepatan dan manual 5-percepatan.


Tenaga yang dihasilkan dari mobil yang muat hingga 7 (tujuh) penumpang ini mencapai 104 PS per 6.000 RPM dengan torsi maksimum 13.9 Kgm per 4.200 RPM untuk mesin berkapasitas 1.496 cc.


Sementara untuk mesin berkapasitas 1.329 cc, tenaganya sebesar 96.5 PS per 6.000 RPM dengan torsi 12.3 Kgm per 4.200 RPM.


Dilengkapi fitur-fitur menarik pada interior, eksterior, dan juga keselamatannya. Sehingga membuat para pengguna merasa nyaman dan aman.


Baca juga: Yuk, Kenali Perbedaan Toyota Avanza Tipe E dan G!


Harga Toyota Avanza

Di bawah merupakan tabel daftar harga Toyota Avanza terbaru OTR bulan Februari 2021 dan belum dipotong dengan diskon PPnBM. Harga ini bisa sewaktu-waktu berubah tanpa pemberitahuan.



Baca juga: Toyota Avanza, Mobil Toyota Terlaris Sepanjang 2020


Toyota Calya

toyota calya 2021

Adapun mobil Toyota Calya yang menggunakan mesin 3NR berteknologi Dual VVT-i 4-silinder dengan kapasitas mesin 1.197 cc. Tersedia dalam dua jenis sistem transmisi, yaitu otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan.


Tenaga yang dihasilkan dari mobil yang muat hingga 7 (tujuh) penumpang ini mencapai 88 PS per 6.000 RPM dengan torsi maksimum 11 Kgm per 4.200 RPM. Konsumsi bahan bakarnya cukup irit, sebab mobil ini mampu menempuh jarak 20 km/liter.


Dilengkapi fitur-fitur canggih pada interior, eksterior, dan juga keselamatannya. Sehingga membuat para pengguna merasa nyaman dan aman.


Baca juga: 8 Kelebihan Toyota Calya 2021


Harga Toyota Calya

Di bawah merupakan tabel daftar harga Toyota Calya terbaru OTR bulan Februari 2021 dan belum dipotong dengan diskon PPnBM. Harga ini bisa sewaktu-waktu berubah tanpa pemberitahuan.