Sah! April 2021 PPnBM 50% untuk Mobil Toyota 2.500 cc


mobil toyota

Kini, relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) khusus mobil baru diperluas untuk mobil Toyota versi 2.500 cc. Sebelumnya, program diskon PPnBM ini hanya terbatas pada mobil sedan 4x2 berkapasitas hingga 1.500 cc.


"Potongan pajak akan diberikan kepada KBM-R4 (kendaraan bermotor roda empat) dengan kapasitas tersebut (1.501-2.500 cc) dan segmen 4x2 serta 4x4," ujar Agus Gumiwang Kartasasmita, selaku Menteri Perindustrian.

Bukan tanpa alasan, pemerintah mengeluarkan kebijakan ini dengan tujuan tertentu yang berdampak pada masyarakat, baik secara langsung maupun tidak. Termasuk pada perkembangan industri otomotif di Indonesia.


Mobil Toyota yang memenuhi persyaratan untuk memperoleh insentif PPnBM yaitu Fortuner 2021 dan Innova 2021. Kedua mobil ini bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi Tunas friends yang berniat mencari mobil baru dengan harga yang lebih terjangkau.



Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini. Semoga bisa membuka wawasan Tunas Friends tentang kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).


Baca juga: Rencana PPnBM 0% untuk Mobil Toyota 2.500 cc


Mulai 1 April 2021, Mobil Toyota Mendapatkan Potongan PPnBM 50%

Kebijakan ini mulai berlaku tanggal 1 April 2021. Tunas Friends yang ingin memiliki mobil Toyota baru berkapasitas sampai 2.500 cc, sudah pasti akan mendapat potongan PPnBM 50% sehingga biaya yang dikeluarkan menjadi lebih murah.


Peraturan mengenai relaksasi PPnBM telah diputuskan dalam rapat koordinasi yang dipimpin oleh Airlangga Hartarto, sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Rapat tersebut dihadiri juga oleh Sri Mulyani selaku Menteri Perindustrian dan Menteri Keuangan.


Ini waktu yang tepat bagi Tunas Friends untuk membeli Fortuner 2021 atau Innova 2021 di dealer resmi Tunas Toyota terdekat. Tunggu apalagi?


Baca juga: Harga Mobil Avanza 2021 setelah Potongan PPnBM 0%


Tujuan Memperluas PPnBM 2.500 cc

Dengan kebijakan ini diharapkan dapat mendorong peningkatan penjualan kendaraan bermotor. Pada minggu pertama di bulan Maret, keberadaan program relaksasi ini berhasil meningkatkan penjualan hingga 14%.


Dengan demikian, industri otomotif Indonesia akan bangkit kembali sekaligus pulih dari keterpurukan ekonomi nasional akibat pandemi COVID-19.


"Dari evaluasi, dapat dilihat bahwa program relaksasi PPnBM efektif untuk meningkatkan purchasing power dari masyarakat. Hal ini juga berdampak positif karena dapat men-jumpstart perekonomian. Pulihnya produksi dan penjualan industri otomotif akan memiliki multiplier effect bagi sektor industri lainnya," kata Agus Gumiwang.

Kendaraan model SUV memakai komponen lokal, seperti bodi mobil dan sasis, serta komponen lainnya yakni velg, exhaust system, hingga interior parts. Jika model mobil Toyota SUV tersebut mendapat diskon PPnBM juga, dampaknya ke industri akan lebih besar.


Pemerintah sangat optimis bahwa kebijakan ini bisa berjalan sesuai rencana dan tepat sasaran, sehingga menguntungkan banyak pihak, baik masyarakat, industri, dan juga pemerintahan.


Baca juga: Harga Toyota Rush 2021 setelah Potongan PPnBM 0%


Skema PPnBM 50% untuk Mobil Toyota 2.500 cc 4x2

Terdapat dua skema insentif PPnBM yang diberikan pada kendaraan bermotor. Pertama, skema untuk kendaraan dengan roda penggerak 4x2.


Diskon yang berlaku yaitu sebesar 50% yang sebelumnya dikenakan tarif pajak 20%, lalu dipotong lagi 10% untuk tahap I di bulan April hingga Agustus 2021.


Juga, diskon senilai 25% yang sebelumnya 20% dan dipotong jadi 15% untuk tahap II di bulan September hingga desember 2021.


Skema kedua, mari lihat di poin setelah ini ya, Tunas Friends!


Baca juga: Harga Toyota Sienta 2021 setelah Potongan PPnBM 0%


Skema PPnBM 25% untuk Mobil Toyota 2.500 cc 4x4

Selanjutnya, skema kedua untuk kendaraan dengan roda penggerak 4x4. Diskon PPnBM dikenakan 25% yang sebelumnya 40% menjadi 30% untuk tahap I di bulan April hingga Agustus 2021.


Kemudian, diskon 12,5% yang sebelumnya 40% menjadi 35% untuk tahap II di bulan September hingga Desember 2021.


Baca juga: Harga Toyota Vios 2021 setelah Potongan PPnBM 0%


Persyaratan Mobil Toyota yang Mendapatkan Potongan PPnBM

Adapun syarat agar bisa mendapatkan relaksasi PPnBM ini, yaitu pada mobil 4x2 dan 4x4 dengan kapasitas mesin 1.501 sampai dengan 2.500 cc diharuskan memenuhi syarat local purchase minimal 60%.


Di mana tujuannya adalah untuk mempercepat pemulihan industri otomotif Indonesia, atau mengembalikan jumlah penjualan setiap unit mobil Toyota.


Baca juga: Harga Toyota Yaris 2021 setelah Potongan PPnBM 0%


Spesifikasi Fortuner 2021

Mari membahas sedikit mengenai spesifikasi Fortuner 2021. Dalam menunjang performanya, Fortuner 2021 didukung dengan mesin diesel berkapasitas 2.393 cc.


Dengan mesin 2GD-FTV, Fortuner 2021 mampu menghasilkan tenaga hingga 149,6 PS per 3.400 PM dengan torsi maksimum 40,81 Kgm per 1.600-2.000 RPM.


Sementara fitur-fiturnya, baik interior maupun eksterior, cenderung lengkap dan ramah pengguna. Tampilannya mengusung konsep stylish and confidence yang lebih mewah, juga berkelas.


Disematkan fitur Steering Switch, Paddle Shift and Sequential, Eco/Power Mode, dan Rear Diff Lock yang dapat menambah kenyamanan para penumpangnya. Ditambah MID TFT Color 4,2 inci yang sangat informatif dan kursi mobil bermaterial kulit yang nyaman.


Tidak lupa disediakan fitur keselamatan, seperti ABS, EBD, Vehicle Stability Control (VSC), Trailer Sway Control, Active Traction Control (A-TRC), Emergency Brake Signal, Hill Start Assist, serta Rear Parking Camera and All Around Sensor.


Baca juga: Perkiraan Harga Fortuner 2021 Apabila Mendapatkan Potongan PPnBM 0%


Spesifikasi Innova 2021

Ada pula spesifikasi singkat Innova 2021, meliputi dapur pacu dan fitur-fitur andalan yang mudah dioperasikan. Innova 2021 dibekali dengan mesin bensin 2.000 cc dan diesel 2.400 cc. Sistem transmisinya yaitu manual 5-percepatan dan otomatis 6-percepatan.


Telah memanfaatkan tipe 2GD-FTV DOHC with VNT Intercooler pada mesin diesel dan 1TR-FE DOHC with Dual VVT-i pada mesin bensin (gasoline). Rata-rata konsumsinya untuk jalur kombinasi ada di kisaran 9,5 km/liter.


Ada beberapa fitur kenyamanan yang disediakan, seperti Seat Back Table, Gadget Charger, Auto A/C, Head Unit berukuran 8 inci dengan menu multimedia Miracast, Voice Command, hingga Drive Mode System.


Sementara fitur keamanannya ada Curtain Shield Airbags, Side Airbags, Knee Airbag, Dual SRS Airbags, Smart Entry, ABS, EBD, Hill Assist Control, Vehicle Stability Control, dan juga ISOFIX.


Baca juga: Perkiraan Harga Innova 2021 Apabila Mendapatkan Potongan PPnBM 0%


Segera tentukan pilihan mobil Toyota yang sesuai dengan keinginan Tunas Friends! Baik Toyota Fortuner 2021 maupun Toyota Kijang Innova 2021, masing-masing memiliki keunggulan. Tunas Friends hanya perlu melihat dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. Kunjungi Tunas Toyota, yuk!



10 views0 comments