Search

Sandiaga Uno Membeli Toyota Corolla Cross Hybrid di IIMS 2021


toyota corolla cross hybrid

Corolla Cross Hybrid diperkenalkan di Indonesia sejak 2020. Toyota Corolla Cross merupakan mobil impor utuh dari Thailand yang memiliki berbagai keunggulan, baik dari segi tampilan maupun fitur-fiturnya.


Mobil ini telah mencuri perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Beliau datang ke pameran Indonesia International Motor Show (IIMS 2021) bersama putranya dan memutuskan untuk membeli Corolla Cross Hybrid.


Pada pameran IIMS 2021 ini, disajikan beberapa tipe mobil Toyota yang diletakkan di zona-zona berbeda sesuai dengan keunggulannya. Seperti yang diketahui, Toyota Indonesia memiliki komitmen untuk menciptakan kendaraan ramah lingkungan di negara ini.


Salah satu mobil yang dibeli Sandiaga Uno juga merupakan mobil Toyota berjenis Hybrid favorit yang disukai masyarakat Indonesia. Banyak yang datang untuk melihat spesifikasinya secara langsung sebelum membelinya.



Kebetulan pula, pameran yang diadakan di JIExpo Kemayoran bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Toyota Indonesia ke-50. Semakin meriah dan dianggap spesial bagi perusahaan Toyota Indonesia, serta bagi masyarakat.


Pada artikel kali ini, masih membahas tentang kedatangan tamu spesial, yaitu Sandiaga Uno, ke IIMS 2021. Terdapat pula penjelasan tentang spesifikasi singkat Corolla Cross Hybrid beserta harganya. Simak, yuk!


Baca juga: IIMS Hybrid 2021 Resmi Dibuka dan Spesialnya Booth Toyota Indonesia


Sandiaga Uno Mengunjungi Booth Toyota Indonesia di IIMS 2021

Sudah banyak orang tahu bahwa Sandiaga Uno menggunakan mobil berjenis Low Multi-Purpose Vehicle (LMPV) sebagai transportasi hariannya. Mantan Calon Wakil Presiden Republik Indonesia ini, menyempatkan diri untuk berkunjung ke IIMS 2021.


Ditemani dengan putra bungsunya, Sulaiman Saladdin Uno, ia berkeliling Hall D dan melihat sejumlah mobil yang menarik perhatian. Tidak terkecuali mobil produksi PT Toyota Astra Motor.


Saat berkunjung, Sandiaga Uno kerap berbincang dengan Henry Tanoto (Vice President Toyota Astra Motor) dan Anton Jimmi Suwandi (Marketing Director Toyota Astra Motor). Membahas tentang produksi mobil Toyota di Indonesia.


Henry Tanoto menyebut, produk mobil Toyota yang dijual di Indonesia sudah 92% merupakan produksi dalam negeri. Sementara itu, produk impornya ada sekitar 8%. Perlahan, angka 92% itu akan meningkat seiring berjalannya waktu.


Baca juga: Review dan Harga Toyota Corolla Cross Hybrid, Mobil Hybrid Termurah Toyota


Sandiaga Uno Membeli Corolla Cross Hybrid di IIMS 2021

Mobil Toyota yang dikunjungi Sandiaga Uno bersama anaknya yaitu mobil listrik Battery Electric Vehicle (BEV) Toyota C+pod. Kemudian, beralih ke Corolla Cross Hybrid yang juga terlihat menarik perhatian.


“Mau nggak, Sul (Sulaiman), listrik nih, Sul. Kita belum punya mobil listrik di rumah. Oke, kita pesan, pesannya lewat mana?" kata Sandiaga Uno, tepat di sebelah Toyota Corolla Cross Hybrid.

Awalnya, Sandiaga sempat mengatakan bahwa ia ingin membeli mobil listrik murni yaitu tipe BEV yang dilihat sebelumnya. Namun, melihat Corolla Cross, membuatnya lebih jatuh hati.


"Belum ada yang full listrik itu katanya, kalau ada yang full listrik ada, mau juga saya," tambahnya.

Selanjutnya, ia menyatakan akan menggunakan mobil Toyota Corolla Cross Hybrid sebagai kendaraan operasional dan kegiatan sehari-hari untuk menggantikan mobil lamanya yang dianggap sudah cukup tua.


Baca juga: Perbedaan Toyota Corolla Cross Bensin dan Hybrid


Rencana Toyota Indonesia Memproduksi Mobil Hybrid di Indonesia

Dari awal berdiri, PT Toyota Astra Motor sudah berkomitmen menciptakan mobil ramah lingkungan. Kabarnya, mobil-mobil yang sudah dijual di Indonesia akan ditambah versi hybrid-nya. Dikarenakan mobil hybrid termasuk hemat bahan bakar dan lebih bertenaga.


Proyek ini dilakukan pada mobil-mobil yang mungkin bisa dijadikan hybrid, seperti Avanza Hybrid atau Kijang Innova Hybrid. Rencananya, mobil berteknologi hybrid akan diluncurkan tahun depan, tepatnya di Hari Ulang Tahun Toyota Indonesia lagi.


"Saya sampaikan tahun depan kita mulai meluncurkan produksi-produksi dalam negeri yang berteknologi hybrid dari model yang sudah ada, nanti ya kita lihat," ujar Bob Azam, selaku Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Baca juga: Apa itu Mobil Hybrid? Mengenal Lebih Dalam Mobil Hybrid Toyota


Spesifikasi Toyota Corolla Cross Hybrid 2021

Berikutnya, mari mengulas sedikit tentang spesifikasi mobil yang membuat Sandiaga Uno tertarik. Corolla pada awalnya hadir dalam bentuk sedan, hatchback, hingga station wagon. Namun, kini menambah model baru sebagai mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV).


Posturnya gagah, bodinya kokoh dan tampak aerodinamis. Mobil berkapasitas 5 orang penumpang ini memiliki dimensi panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm.


Interior kabinnya juga terasa lega dengan head clearance bagian depan setinggi 105 mm dan bagian belakang 87 mm. Mobil bernuansa hitam ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, seperti Steering Switch pada setir kemudi, MID 4,2 inci, dan AC Digital Dual Zone.


Juga, fitur Head Unit berukuran 9 inci yang dibekali dengan menu Radio, Bluetooth, NFC, Miracast, dan Voice Command. Ada pula fitur Moonroof dan Rain Sensor di balik kaca depan yang berfungsi untuk mengaktifkan wiper secara otomatis.


Corolla Cross Hybrid yang akhirnya dibeli Sandiaga Uno telah memanfaatkan mesin 2ZR-FXE DOHC VVT-i 4-silinder dengan kapasitas 1.798 cc.


Serta, mampu menghasilkan tenaga hingga 98 PS dan torsi maksimumnya mencapai 142,1 Nm. Mesin tersebut dikolaborasikan dengan motor listrik bertenaga 72 PS dan torsi sebesar 162,7 Nm.


Selain itu, dilengkapi fitur keamanan ABS, EBD, 3-Points Seat Belt with Pretensioner & Force Limiter, 7-Airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Parking Sensor, Parking Camera, Immobilizer, dan Alarm.


Tersedia juga fitur kenyamanan yaitu pengaturan posisi duduk elektrik 6 arah. Kemudian, fitur Power Back Door dengan kick sensor yang akan memberi kemudahan bagi para pengguna ketika mengakses pintu bagasi.


Baca juga: Hasil Memuaskan Uji Tabrak Toyota Corolla Cross dari ASEAN NCAP


Harga Corolla Cross

Saat ini, berdasarkan informasi terbaru, Corolla Cross versi hybrid dibanderol seharga Rp518.480.000. Berikut ini adalah tabel yang berisi daftar harga Corolla Cross secara keseluruhan sesuai dengan OTR Jakarta per April 2021.



Harga Corolla Cross di atas bisa berubah tanpa pemberitahuan. Oleh karena itu, terus ketahui update-nya di situs web Tunas Toyota.


Baca juga: Amankah Mobil Hybrid Toyota Melintasi Banjir?


Demikianlah pembahasan singkat mengenai Corolla Cross Hybrid yang diperlihatkan di IIMS 2021 dan pada akhirnya dibeli oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kita, Sandiaga Uno.


Ketahui spesifikasi lengkap Toyota Corolla Cross dan Toyota Corolla Cross Hybrid sebelum memutuskan untuk membelinya. Semoga artikel ini bermanfaat!



8 views0 comments