Hasil Memuaskan Uji Tabrak Toyota Corolla Cross dari ASEAN NCAP


Sumber: ASEAN NCAP

Corolla Cross menjadi salah satu mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) banyak digunakan masyarakat. Corolla Cross diminati karena mesin dan performanya yang dapat diandalkan serta kenyamanannya yang sangat friendly.


Setiap mobil Toyota wajib melakukan uji tabrak untuk membuktikan keamanan dan keselamatannya, termasuk Toyota Corolla Cross. Uji tabrak ini biasanya dilakukan oleh ASEAN New Car Assessment Program (NCAP).


Semakin tinggi nilai uji tabraknya, maka akan semakin besar kepercayaan masyarakat untuk memiliki mobil All New Corolla Cross. Sebab, dianggap aman untuk digunakan dalam perjalanan jarak jauh sekalipun.



Penasaran berapa nilai uji tabrak All New Corolla Cross? Ini bisa jadi pertimbangan bagi Tunas Friends yang ingin membeli Toyota Corolla Cross 2021, lho! Ayo simak ulasannya berikut ini untuk mengetahui hasil lengkapnya.


Baca juga: Review dan Harga Toyota Corolla Cross Hybrid, Mobil Hybrid Termurah Toyota


Apa itu ASEAN NCAP?

Tunas Friends, pertama-tama pahami dahulu maksud dari NCAP. New Car Assessment Program atau yang disingkat dengan NCAP merupakan lembaga resmi yang bertugas menguji kelayakan dari mobil baru yang dipasarkan.


Meliputi, tes keselamatan pengemudi dan penumpang saat berkendara, serta sistem keamanan aktif maupun pasif. Apa perbedaannya?


Sistem keselamatan aktif yaitu teknologi yang diciptakan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan. Sementara sistem keselamatan pasif yaitu teknologi untuk mengurangi kerusakan dan cedera penumpang saat terjadi kecelakaan.


Penilaian ini disajikan dalam bentuk rating bintang dengan skala 1 sampai 5. Bintang 5 memiliki arti bahwa sistem keamanan aktif dan sistem keamanan pasif yang terdapat pada mobil telah disematkan secara sempurna.


Semakin besar angkanya, maka semakin baik penilaiannya. Sebaliknya, semakin kecil, maka semakin buruk penilaiannya. Dapat disimpulkan, kendaraan yang mendapat nilai tinggi berarti lolos uji tabrak.


Baca juga: Perbedaan Toyota Corolla Cross Bensin dan Hybrid


Hasil Uji Tabrak Corolla Cross 2021

ASEAN NCAP mengumumkan hasil uji tabrak Toyota Corolla Cross melalui saluran Youtube pada tanggal 9 Oktober 2020. Dikatakan bahwa mobil ini mendapat nilai bintang 5, di mana bintang 5 berarti sempurna atau memuaskan.


Mobil Corolla Cross yang digunakan merupakan varian tertinggi yang diproduksi di Thailand dengan dukungan spesifikasi fitur keselamatan dan keamanan yang andal. Berikut ini merupakan penjabaran nilai yang didapat dari total keseluruhan 88,25.


  • Adult Occupant Protection (AOP) 33,01 poin

  • Child Occupant Protection (COP) 40,74 poin

  • Safety Assist Technologies (SATs) 14,5 poin


Data di atas membuktikan bahwa Toyota Corolla Cross mampu memberikan perlindungan keamanan dan keselamatan yang optimal bagi setiap pengemudi dan penumpang ketika berada di perjalanan.


Baca juga: Spesifikasi Lengkap Toyota Corolla Cross 2021 Indonesia


Spesifikasi Toyota Corolla Cross 2021

Melihat dapur pacunya, mobil ini memanfaatkan mesin Completely Built Up (CBU) dari Thailand yaitu 2ZR dan menyalurkan tenaga mesin ke roda depan. Dilengkapi sistem transmisi CVT otomatis dengan 7-percepatan.


Memiliki dua varian, yaitu mesin bensin dan mesin hybrid. Pada varian mesin bensin, dibekali tipe 2ZR-FBE dengan kapasitas 1.798 cc dan mampu menghasilkan tenaga hingga 140 PS.


Sementara, varian mesin hybrid memakai tipe 2ZR-FXE dengan kapasitas 1.798 cc, 4-silinder DOHC berteknologi VVT-i dan mampu menghasilkan tenaga hingga 98 PS (bensin) dan 72 PS (motor listrik).


Kapasitas tangki Corolla Cross versi bensin mencapai 47 liter, sedangkan versi hybrid hanya 36 liter. Dilihat dari spesifikasi mesin, keduanya memiliki dapur pacu dengan performa yang mumpuni. Tunas Friends sudah siap memilikinya?


Baca juga: Hasil Uji Tabrak Toyota Kijang Innova, Bintang 5 ASEAN NCAP


Fitur Keselamatan All New Corolla Cross

Toyota Corolla Cross 2021 sudah mendukung fitur yang akan menjamin keselamatan pengemudi dan penumpang. Seperti, fitur 7-SRS Airbags yang mampu meminimalisir cedera parah saat terjadi kecelakaan.


Melihat sistem pengeremannya, dilengkapi dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS) untuk menjaga tekanan rem tetap seimbang. Lalu, fitur Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), dan Traction Control System untuk menjaga stabilitas kendaraan.


Adanya fitur Emergency Brake Signal (EBS) juga sangat berguna untuk memberi peringatan dari berbagai sisi kepada para pengendara ketika ada kemungkinan mobil mengalami tabrakan.


Fitur keselamatan lainnya yang dimiliki All New Corolla Cross yaitu Pre-Collision System, Lane Departure Alert with Steering Assist, Dynamic Radar Cruise Control with Lane Tracing Assist, hingga Automatic High Beams.


Ditambah fitur Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert, Panoramic View Monitor, dan Wheel Disc Brakes, serta Tire Pressure Monitoring System.


Baca juga: Hasil Uji Tabrak Toyota Fortuner, Bintang 5 ASEAN NCAP


Harga Corolla Cross

Di bawah adalah tabel berisi daftar harga Corolla Cross. Harga yang tercantum sesuai dengan OTR Jakarta per Januari 2021.



Perlu diingat, harga Corolla Cross di atas dapat berubah sewaktu-waktu. Maka, selalu cek perkembangan harga mobil Toyota Indonesia di situs web Tunas Toyota.


Baca juga: Persyaratan Pembuatan dan Perpanjang SIM Gratis


Tunas Friends ingin membeli mobil Corolla Cross dan memanfaatkannya sebagai mobil keluarga? Sebaiknya, lihat spesifikasi lengkapnya terlebih dahulu dan sesuaikan dengan kebutuhan Tunas Friends.


Tunas Toyota adalah pilihan tepat bagi Tunas Friends yang ingin membeli mobil baru dengan harga yang sesuai budget. Nikmati pelayanan yang terpercaya dan memuaskan hanya di Tunas Toyota!



6 views0 comments
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2021

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company