Hasil Uji Tabrak Toyota Fortuner, Bintang 5 ASEAN NCAP

Updated: Jan 10



Salah satu mobil Toyota yang mengalami perkembangan di tahun 2020 adalah Toyota Fortuner. Kini, Fortuner 2021 telah didukung fitur-fitur canggih, termasuk performa yang mumpuni.


Mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) ini mencoba meyakini masyarakat dengan memperlihatkan hasil dari uji tabrak pada ASEAN New Car Assessment Program (NCAP). Uji tabrak ini digunakan sebagai bukti bahwa Fortuner 2021 aman dikendarai.


Walaupun sebenarnya Toyota tidak benar-benar menggunakan mobil Fortuner untuk diuji, melainkan mobil lain yang memiliki spesifikasi dan platform yang sama dengan Fortuner yaitu Toyota Hilux.



Membicarakan uji tabrak Fortuner 2021 di ASEAN NCAP, hasilnya mengungkapkan bahwa mobil ini mendapatkan nilai yang sempurna. Simak informasi lebih lengkapnya berikut ini, Tunas Friends!


Baca juga: Spesfikasi Toyota Fortuner VRZ TRD Diesel dan Harga Fortuner 2021 Terlengkap


Apa itu ASEAN NCAP?

Bagi Tunas Friends yang belum memahami apa itu NCAP, jangan lewatkan bagian ini ya! Jadi, New Car Assessment Program atau yang disingkat dengan NCAP merupakan lembaga resmi yang bertugas menguji kelayakan dari mobil baru yang dipasarkan.


Kelayakan ini mencakup tes keselamatan pengemudi dan penumpang saat berkendara, serta sistem keamanannya (baik aktif maupun pasif). Apa beda di antara keduanya?


Sistem keselamatan aktif adalah teknologi yang diciptakan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan. Sementara sistem keselamatan pasif adalah teknologi untuk mengurangi kerusakan dan cedera penumpang saat terjadi kecelakaan.


Penilaian New Car Assessment Program (NCAP) ini berupa rating bintang dengan skala 1 sampai 5. Bintang 5 memiliki arti bahwa mobil telah disematkan sistem keamanan aktif dan sistem keamanan pasif yang sempurna.


Sebaliknya, semakin kecil angka, maka semakin buruk penilaiannya. Dengan kata lain, kendaraan yang mendapat terendah bisa dianggap jauh dari kata lolos.


Baca juga: Hasil Uji Tabrak Toyota Kijang Innova, Bintang 5 ASEAN NCAP


Hasil Uji Tabrak Fortuner 2021

Toyota Fortuner, Kijang Innova, dan Hilux merupakan bagian dari program Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV). Di mana ketiganya berada dalam satu segmen dan menggunakan platform yang sama.


Karena hal tersebut, hasil uji tabrak mobil Fortuner menggunakan hasil uji tabrak Hilux facelift. Penilaian Fortuner 2021 berdasarkan mobil Hilux bukan yang pertama kali. Pada tahun 2016, juga dilakukan pengujian yang sama.


Tahun ini, uji tabrak menggunakan varian Hilux 2.8D dengan 3 Airbags. Berdasarkan pengujian, didapat skor keseluruhan sebesar 87,46 poin dengan bintang 5 dari 5. Berikut penjabarannya:


  • Adult Occupant Protection (AOP) 47,27 poin

  • Child Occupant Protection (COP) 22,13 poin

  • Safety Assist Technologies (SATs) 18,06 poin


Data di atas membuktikan bahwa Toyota Fortuner mampu memberi perlindungan keamanan dan keselamatan yang optimal bagi setiap pengemudi dan penumpang ketika berada di perjalanan.


Baca juga: Manfaat dari Uji Emisi Kendaraan Bermotor


Spesifikasi Toyota Fortuner

Sekarang, mari tilik spesifikasinya. Mobil ini memiliki dua pilihan mesin, yaitu mesin bensin bertipe 2TR-FE Dual VVT-i berkapasitas 2.694 cc dan mesin diesel bertipe 2GD-FTV berkapasitas 2.393 cc. Masing-masing memiliki besar tenaga dan torsi yang berbeda.


Tenaga yang dihasilkan dari mesin bensin sebesar 163 PS per 3.400 RPM dengan torsi mencapai 24.7 Kgm per 4.000 RPM. Sedangkan, tenaga yang dihasilkan dari mesin diesel sebesar 149.6 PS per 3.400 RPM dengan torsi mencapai 40.8 Kgm per 1.600-2.000 RPM.


Fortuner 2021 telah menyematkan supply bahan bakar Common Rail khusus mesin diesel dan Fuel Injection untuk mesin bensin. Di samping itu, tersedia juga mesin bensin/diesel berpenggerak 4x4 atau 4x2.


Mobil dengan bahan bakar diesel lebih mampu menghasilkan tenaga yang maksimal, sementara mobil dengan bahan bakar bensin memiliki akselerasi yang lebih responsif. Keduanya irit bahan bakar dan memiliki performa mumpuni ketika dibawa berkendara.


Baca juga: 24 Januari 2021, Kendaraan Bermotor Wajib Melakukan Uji Emisi


Fitur Keselamatan Mobil Fortuner

Mobil Fortuner sudah mendukung fitur yang akan menjamin keselamatan pengemudi dan penumpang. Seperti, fitur SRS Airbags yang mampu melindungi seisi penumpang dari cedera parah saat terjadi kecelakaan.


Melihat sistem pengeremannya, Fortuner 2021 dilengkapi dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD) untuk menjaga tekanan rem tetap seimbang. Kemudian, tersemat fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan Trailer Sway Control (A-TRC) untuk menjaga stabilitas kendaraan.


Terdapat pula fitur Hill Start Assist (HSA) untuk menjaga stabilitas kendaraan supaya tidak mudah tergelincir atau bergerak mundur saat berada di tanjakan yang curam. Disematkan juga, fitur keamanan Trailer Sway Control.


Keberadaan fitur Emergency Brake Signal (EBS) juga sangat berguna untuk memberi peringatan dari berbagai sisi kepada para pengguna ketika ada kemungkinan mobil mengalami tabrakan.


Fitur penting lainnya yaitu ISOFIX, fitur ini akan memberi kemudahan dalam pemasangan kursi khusus bayi di bawah 15 bulan dengan standar keamanan internasional.


Baca juga: Mobil Toyota Terbaru dengan Platform TNGA


Harga Fortuner

Perhatikan tabel yang berisi daftar harga Fortuner di bawah ini. Harga yang tercantum sesuai dengan OTR Jakarta per Januari 2021.



Perlu diingat, harga Fortuner di atas dapat berubah sewaktu-waktu. Maka dari itu, selalu cek perkembangan harga mobil Toyota hanya di situs web Tunas Toyota.


Baca juga: Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Toyota Anda Secara Online


Tunas Friends ingin membeli mobil Fortuner dan memanfaatkannya sebagai mobil keluarga? Sebaiknya, lihat spesifikasi lengkapnya terlebih dahulu dan sesuaikan dengan kebutuhan Tunas Friends.


Tunas Toyota adalah pilihan tepat bagi Tunas Friends yang ingin membeli mobil baru dengan harga yang sesuai budget. Nikmati pelayanan yang terpercaya dan memuaskan hanya di Tunas Toyota!



6 views0 comments
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2021

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company