Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Toyota Anda Secara Online

Updated: Jan 5



Pentingnya sebuah identitas kendaraan yang tertulis pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Tujuannya untuk memastikan bahwa mobil Tunas Friends telah terdaftar dengan nama pemilik yang tepat. Jadi, coba cek plat nomor Tunas Friends sekarang!


Di dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) terdapat informasi mengenai plat nomor, warna kendaraan, tahun pembelian, dan nomor mesin. Sehingga, jika mobil Tunas Friends hilang, ini bisa menjadi bukti kepemilikan yang sah.



Oleh karena itu, sudah sepatutnya Tunas Friends mengetahui caranya cek plat nomor. Selain untuk memastikan kepemilikan, Tunas Friends juga bisa mendapat informasi tentang masa berlaku dan jatuh tempo Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).


Kini, cek plat nomor mobil bisa dilakukan secara daring dan juga SMS. Tunas Friends pun tidak perlu lagi repot-repot datang ke lokasi SAMSAT. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.


Baca juga: Cara Urus dan Daftar Harga Plat Nomor Cantik Mobil


Cara Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online vie Website SAMSAT

Pilihan cek plat nomor online yang pertama adalah melalui situs web resmi E-Samsat yang sesuai dengan tempat pembuatan STNK Tunas Friends. Walaupun sebenarnya, tidak semua daerah Samsat memiliki situs web resmi.


Cara Cek Plat Nomor Jakarta via Website SAMSAT

Bagi yang tinggal di Jakarta, Tunas Friends bisa cek plat nomor Jakarta lewat website E-Samsat Jakarta. Lalu, tulis nomor kendaraan Tunas Friends dan klik ‘Cari’, maka akan keluar deretan informasi mengenai data kendaraan Tunas Friends.


Jawa Barat

Sementara untuk wilayah Jawa Barat, Tunas Friends bisa mengakses melalui link Polda Jabar di internet. Kemudian, masukkan nomor plat dan klik ‘Cari’. Cara cek pemilik plat nomor kendaraan online ini dianggap lebih mudah dan cepat.


Jawa Tengah

Di area Jawa Tengah juga sudah melayani cek plat nomor mobil secara online melalui situs Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD). Pilih ‘Info Cepat’, lalu ‘Info Pajak Kendaraan’ dan ketik nomor plat Tunas Friends dan klik ‘Submit’.


Jawa Timur

Pada area Jawa Timur, Tunas Friends bisa mengakses situs E-Samsat Jatim untuk memeriksa Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Pilih menu ‘Info Pajak Kendaraan’ lalu isi nomor plat, jangan lupa isi kode captcha.


Banten

Cek plat nomor online di daerah Banten, bisa melalui situs DPPKD Banten. Tunas Friends bisa mengunjungi situs tersebut untuk mencari tahu tentang masa berlaku dan jatuh tempo Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Tulis nomor plat, lalu klik ‘Cari’.


Yogyakarta

Pada area Yogyakarta, Tunas Friends bisa cek plat nomor mobil lewat situs resmi NJKB Yogyakarta. Isi dengan nomor plat kendaraan Tunas Friends dan klik ‘Cari’. Akan keluar beberapa informasi, termasuk tentang pajak kendaraan di dalamnya.


Baca juga: Masih Tidak Bisa Membedakannya? Ini Perbedaan Toyota Alphard dan Vellfire


Cara Cek Plat Nomor Online via Aplikasi SAMSAT

Selain situs web di internet, Tunas Friends juga bisa memeriksanya melalui aplikasi Samsat resmi yang terdaftar. Setiap daerah memiliki layanan aplikasi yang berbeda lho, Tunas Friends. Aplikasi ini bisa digunakan untuk menggantikan situs web yang seringkali down.


Cara Cek Plat Nomor Jakarta via Aplikasi SAMSAT

Cek plat nomor Jakarta sekarang bisa menggunakan aplikasi Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta. Unduh, lalu login menggunakan email, setelah itu masukkan nomor plat kendaraan dan juga NIK Tunas Friends.


Jawa Barat

Aplikasi Sambara merupakan aplikasi cek dan bayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) khusus daerah Jawa Barat. Di dalamnya, Tunas Friends juga bisa memeriksa segala informasi plat nomor yang akan di update.


Jawa Tengah

Cek plat nomor online untuk area Jawa Tengah dapat menggunakan aplikasi Sakpole E-Samsat Jateng yang merupakan aplikasi resmi dari Bapenda Jawa Tengah. Unduh secara gratis dan nikmati layanannya.


Jawa Timur

Berikutnya adalah area Jawa Timur. Gunakan aplikasi E-Smart Samsat Jatim untuk memeriksa detail kendaraan hingga mutasi pajak. Namun, Tunas Friends belum bisa menikmati layanan bayar pajak di aplikasi ini.


Yogyakarta

Terdapat pula aplikasi Pajak Kendaraan Jogjakarta bagi Tunas Friends yang tinggal di wilayah ini. Dengan aplikasi ini, Tunas Friends bisa mengetahui informasi tentang data kendaraan, nilai jual kendaraan, dan besaran pajak yang perlu dibayar.


Baca juga: Kilas Balik 2020: Mobil Toyota Terbaru yang Rilis di 2020


Cara Cek Plat Nomor via SMS

Tidak hanya online, pengecekan nomor kendaraan bisa dilakukan melalui SMS. Caranya pun tidak sulit. Tunas Friends dapat mengetahui besaran biaya pajak yang harus dibayarkan berikut jatuh temponya.


Cara Cek Plat Nomor Jakarta via SMS

Tunas Friends cukup mengirimkan SMS ke 1717 dengan format Metro(spasi)Nomor Polisi. Biayanya Rp1.000 per SMS. Maka, Tunas Friends akan mendapat balasan berisi informasi penting mengenai kendaraan sesuai nomor platnya.


Jawa Barat

Pada area Jawa Barat, harap kirim SMS dengan format Info(spasi)nopol(spasi)warna kendaraan ke nomor 08112119211. Nomor telepon ini bisa sewaktu-waktu berubah, jadi mohon berhati-hati.


Jawa Tengah

Khusus Jawa Tengah, kirim SMS ke 9600 dengan format JATENG(spasi)Nomor Polisi. Tunas Friends akan mendapat balasan seputar informasi nomor kendaraan yang dibutuhkan.


Jawa Timur

Bagi Tunas Friends yang tinggal di wilayah Jawa Timur, kirim SMS dengan format JATIM(spasi)Nomor Polisi ke 7070. Setelah itu, tunggu balasannya yang berisi informasi nomor kendaraan milik Tunas Friends.


Yogyakarta

Kirim SMS dengan format DIY(spasi)Nomor Polisi ke 9600, khusus Tunas Friends yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tunas Friends akan dikenakan biaya SMS sekitar Rp1.000 untuk sekali SMS.


Baca juga: Kupas Tuntas Total Biaya Servis Mobil Toyota Avanza Hingga 100.000 Km


Memiliki kendaraan, terutama mobil, memang perlu perhatian khusus. Salah satunya adalah rutin cek plat nomor mobil dan rutin membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Bagi Tunas Friends yang masih mencari-cari mobil idaman. Kunjungi website Tunas Toyota, yuk!



Lebih lengkapnya silakan lihat daftar harga mobil Toyota di sini. Jika Tunas Friends berencana melakukan servis mobil, booking service Toyota Anda sekarang di bengkel Tunas Toyota dan dapatkan pelayanan terbaik!

7 views0 comments
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2021

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company