Hasil Uji Tabrak Toyota Kijang Innova, Bintang 5 ASEAN NCAP

Updated: Jun 4


Innova 2021
Sumber: ASEAN NCAP

Pada 15 Oktober 2020, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Kijang Innova versi terbaru dengan tampilan yang lebih memukau, serta didukung fitur-fitur canggih yang mumpuni dan ramah pengguna.


Dalam meyakinkan masyarakat, Toyota Innova melakukan serangkaian uji kendaraan, salah satunya adalah uji tabrak. Mobil Innova ini telah menjalani uji tabrak yang diadakan khusus oleh ASEAN New Car Assessment Program (NCAP).


Uji tabrak tersebut bertujuan untuk membuktikan bahwa Kijang Innova menjadi mobil yang aman dikendarai dan dimanfaatkan di berbagai situasi medan jalan. Diharapkan mobil ini bisa menjadi mobil Innova 2021 yang berguna bagi seluruh masyarakat Indonesia.



Membicarakan uji tabrak Innova 2021 di ASEAN NCAP, hasilnya mengungkapkan bahwa mobil ini mendapat nilai yang sempurna. Mau tahu informasi lebih lengkap? Simak ulasannya berikut ini.


Baca juga: Spesifikasi Toyota Innova Diesel dan Harga Kijang Innova Terbaru 2021


Apa itu ASEAN NCAP?

Tunas Friends sudah tahu apa itu NCAP? Mari lihat definisinya terlebih dahulu. New Car Assessment Program atau yang disingkat dengan NCAP merupakan lembaga resmi yang bertugas menguji kelayakan dari mobil baru yang dipasarkan.


Kelayakan ini meliputi tes keselamatan pengemudi dan penumpang saat berkendara, juga mencakup sistem keamanan aktif dan sistem keamanan pasif.


Apa beda di antara keduanya?


Sistem keselamatan aktif yaitu teknologi yang diciptakan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan. Sedangkan sistem keselamatan pasif yaitu teknologi untuk mengurangi kerusakan dan cedera penumpang saat terjadi kecelakaan.


Penilaian New Car Assessment Program (NCAP) ini berupa rating bintang dengan skala 1 sampai 5. Bintang 5 memiliki arti bahwa mobil telah disematkan sistem keamanan aktif dan sistem keamanan pasif yang sempurna.


Baca juga: Spesifikasi Lengkap Toyota Venturer Diesel dan Harga Innova Venturer 2021


Hasil Uji Tabrak Innova 2021

Innova 2021 telah melakukan uji tabrak ASEAN NCAP dengan menggunakan unit mobil yang diproduksi tahun 2016 yang spesifikasinya tidak jauh berbeda.


Seluruh unit Toyota Kijang Innova yang digunakan merupakan hasil produksi dari Thailand. Kemudian dikembangkan menjadi standar keamanan di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.


Fitur-fitur keselamatan yang diuji mencakup Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), dan Hill Start Assist (HSA). Selain itu, ada pula fitur Airbags, 3-Points Seat Belt, serta ISOFIX.


Berdasarkan uji tabrak yang dilakukan, Toyota Innova memperoleh bintang 5 dari 5 dengan skor keseluruhan 82,69 poin. Berikut penjabarannya:

  • Adult Occupant Protection (AOP) 45,90 poin

  • Child Occupant Protection (COP) 21,51 poin

  • Safety Assist Technologies (SATs) 15,28 poin


Data di atas membuktikan bahwa mobil Innova mampu memberikan perlindungan keamanan dan keselamatan yang maksimal bagi para penumpangnya saat berada di perjalanan.


Baca juga: Apa itu Platform TNGA pada Mobil Toyota Terbaru?


Spesifikasi Toyota Innova

Membicarakan spesifikasinya, Toyota Kijang Innova menawarkan dua pilihan mesin, yakni mesin bensin 2.000 cc dan mesin diesel 2.400 cc dengan sistem transmisi manual 5-percepatan dan transmisi otomatis 6-percepatan.


Tipe mesin yang digunakan pada mesin bensin adalah 1TR-FE 4-silinder 16-katup berteknologi DOHC VVT-i. Sedangkan tipe mesin Toyota Innova dengan bahan bakar diesel yaitu 2GD-FTV 4-silinder 16-katup berteknologi DOHC VNT Intercooler.


Melihat tipe mesinnya, mobil ini mengusung performa yang tangguh dan irit bahan bakar (terutama varian mesin diesel).


Innova 2021 berbahan bakar bensin mampu mengeluarkan tenaga hingga 139 PS per 5.600 RPM dan torsi mencapai 18,7 Kgm per 4.000 RPM. Sementara mesin diesel, bertenaga 149 PS per 3.400 RPM dan torsi mencapai 36,7 Kgm per 1.200-2.600 RPM.


Baca juga: Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Toyota Anda Secara Online


Fitur Keselamatan Toyota Kijang Innova

Bahasan penting selanjutnya adalah mengenai fitur-fitur keselamatan yang sempat disinggung pada poin sebelumnya.


Fitur yang pertama yaitu Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Braking-Force Distribution (EBD). Fungsinya untuk memberikan kualitas pengereman terbaik dan mencegah ban mobil slip.


Lalu, terdapat fitur Dual Airbags khusus untuk meminimalisir cedera seandainya terjadi kecelakaan. Ada pula Driver Knee Airbag khusus melindungi bagian kaki pengemudi.


Kemudian, fitur Vehicle Stability Control (VSC) yang berfungsi untuk menjaga stabilitas kendaraan saat menikung dan menghindari over atau under steering. Fitur Hill Start Assist (HSA) yang berfungsi untuk mencegah mobil tergelincir saat berada di jalan yang menanjak.


Terakhir, ada fitur ISOFIX untuk memudahkan Tunas Friends dalam memasang kursi khusus bayi berusia kurang dari 15 bulan, fitur ini dilengkapi dengan tingkat keamanan yang tinggi menurut standar internasional.


Baca juga: Cara Urus dan Daftar Harga Plat Nomor Cantik Mobil


Harga Innova

Perhatikan dengan cermat tabel yang berisi daftar harga Innova di bawah ini. Harga yang tercantum sesuai dengan OTR Jakarta per Januari 2021.



Perlu diketahui, harga Innova di atas dapat berubah sewaktu-waktu. Oleh karena itu, selalu cek perkembangan harga mobil Toyota di sini dan dapatkan harga terbaik hanya di Tunas Toyota.


Baca juga: Masih Tidak Bisa Membedakannya? Ini Perbedaan Toyota Alphard dan Vellfire


Bagi Tunas Friends yang ingin membeli mobil Innova, lihat spesifikasi lengkapnya terlebih dahulu dan sesuaikan dengan kebutuhan Tunas Friends. Sebab, dibutuhkan pertimbangan khusus dalam memilih sebuah mobil yang hendak dibeli.



Tunas Toyota merupakan pilihan tepat bagi Tunas Friends yang ingin membeli mobil baru dengan harga yang pas budget. Nikmati pelayanan yang terpercaya dan memuaskan hanya di Tunas Toyota!

73 views0 comments