• Admin

Masih Tidak Bisa Membedakannya? Ini Perbedaan Toyota Alphard dan Vellfire



Apa yang terpikirkan saat mendengar nama Alphard dan Vellfire? Dua mobil yang diluncurkan oleh Toyota ini dikenal sebagai mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) kelas premium yang diidam-idamkan masyarakat Indonesia.


Bahkan, eksistensi keduanya sangat mudah ditemui di kalangan eksekutif. Tampilannya yang elegan dan berkelas membuat Toyota Alphard dan Toyota Vellfire cocok dijadikan mobil keluarga bagi masyarakat kalangan menengah atas.


Selain karena kenyamanan dan penampilannya, mobil Alphard dan mobil Vellfire juga memiliki banyak fitur mumpuni yang ramah pengguna. Sehingga memudahkan para pengendara dan juga penumpang ketika dalam perjalanan.


Secara kasat mata, kedua mobil ini memang sangat mirip. Mulai dari dimensinya, hingga performa dan fitur-fiturnya. Beberapa dari Tunas Friends mungkin masih bisa membedakannya karena terbiasa melihat spesifikasi banyak mobil.



Namun, sebagian besar masyarakat masih perlu membaca ulang spesifikasi lengkap mengenai kedua mobil ini di internet. Sekaligus mencari tahu letak perbedaan di antara keduanya.


Ketika memilih mobil idaman, hendaknya mempertimbangkan beberapa hal dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. Jangan sampai menyesal karena membeli mobil yang salah dan berakhir di garasi tanpa ada keinginan untuk memakainya.



Berlaku juga saat Tunas Friends bingung, akan membeli Alphard atau Vellfire. Tunas Friends membutuhkan informasi berisi spesifikasi penting di antara keduanya. Barulah Tunas Friends bisa membandingkannya dengan tepat.


Berikut ini, ada beberapa ulasan tentang perbedaan antara mobil Alphard dan juga Vellfire yang bisa Tunas Friends jadikan pertimbangan.


Baca juga: Kilas Balik 2020: Mobil Toyota Terbaru yang Rilis di 2020


Perbedaan Desain Alphard dan Vellfire

Pada Toyota Alphard versi terbaru terlihat semakin menawan dan mewah, bernuansa dinamis nan formal. Sementara Toyota Vellfire memiliki kesan yang gagah dan berkarakter tangguh, modern, canggih.


Desain grille pada eksterior mobil Alphard lebih dominan dengan aksen krom dan bilah vertikal. Lampu utamanya juga dirancang semakin elesan dengan aksen krom yang dibuat memanjang hingga ke bawah bumper.


Berbeda dengan mobil Vellfire, memiliki desain grille dengan ornamen horizontal. Lampu utamanya pun terbagi dua karena aksen horizontal yang dibuat memanjang. Pada bagian fog lamp dirancang lebih pipih, sehingga terlihat sporty.


Perbedaan yang jelas terlihat adalah logo yang tersemat di setiap mobil. Ini menjadi pembeda identitas antara keduanya. Di samping itu, dua mobil ini masih menggunakan velg berbahan alloy dengan ukuran 18 inci yang didesain dual tone dan senada.


Baca juga: Kupas Tuntas Total Biaya Servis Mobil Toyota Avanza Hingga 100.000 Km


Interior Alphard dan Vellfire

Pada bagian kabinnya, masih didominasi unsur kemewahan. Di versi terbarunya, terdapat Captain Seat yang didukung oleh sandaran nyaman serta dibalut dengan material kulit berkualitas, termasuk bagian kursi lainnya.


Tersemat ornamen kayu di sekitar kabin mobil Alphard versi terbaru yang sangat menambah kesan premium dan berkelas. Ornamen ini membuatnya lebih mewah, ditambah aksen metal brown wood (tipe X, G, Hybrid) dan aksen brown olive ash burl wood grain (tipe Q).


Sedangkan pada kabin Vellfire, disematkan aksen metal wood yang didominasi warna hitam untuk menampilkan kesan elegan dan tangguh pada interiornya.


Baca juga: Kupas Tuntas Perbedaan Toyota Hilux Single Cabin dan Double Cabin


Fitur Lengkap Toyota Alphard dan Toyota Vellfire

Kedua mobil ini dibekali dengan berbagai fitur menarik yang ditujukan untuk menunjang kenyamanan berkendara bagi Tunas Friends dan keluarga.


Salah satu fiturnya yaitu Digital Rear View Mirror sebagai pendukung visibilitas kamera saat parkir. Lalu, ada Blind Spot Monitor yang berfungsi untuk menambah luas ruang pandang pengemudi pada area blind spot (titik buta) agar tidak terjadi insiden berbahaya.


Ditambah lagi fitur Airbags, Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA) yang difungsikan sebagai fitur keselamatan jiwa penumpang dan juga pengemudi.


Demi menunjang kenyamanannya, di dalam kabin tersedia fitur Head Unit dengan teknologi touch screen disertai menu-menu multimedia yang mudah dipahami. Didukung pemutar audio 2DIN, CD/DVD, Radio AM/FM, dan sistem navigasi, Bluetooth, serta USB.


Tunas Friends juga akan merasa nyaman mengemudikan Toyota Alphard maupun Toyota Vellfire berkat Multi Information Display (MID) yang lebih informatif dan warna yang lebih atraktif.


Baca juga: 8 Strategi Memulai Bisnis Food Truck dengan Toyota Dyna


Spesifikasi Mesin

Sekarang, mari lihat dapur pacunya. Spesifikasi mesin keduanya masih menggunakan mesin 4 silinder DOHC.


Namun, khusus varian Alphard tertinggi yaitu tipe 3.5 Q, sedikit diberi upgrade dengan teknologi Chain Drive dan Dual VVT-i. Tersemat pula fitur Auto Idling agar performanya lebih optimal dan konsumsi bahan bakarnya lebih efisien, serta ramah lingkungan.


Sementara mobil Vellfire dan Alphard (tipe X dan G) masih memakai mesin bertipe 2AR-FE 4-silinder DOHC Dual VVT-i dengan kapasitas 2.494 cc. Varian Alphard dan Vellfire hanya menyediakan sistem transmisi otomatis (A/T dan CVT).


Kedua mobil ini memiliki daya tampung bensin hingga 75 liter dan telah menggunakan sistem pemasukan bahan bakar Electronic Fuel Injection (EFI) yang berfungsi meningkatkan efisiensi pembakaran.


Baca juga: Toyota CHR Hybrid, Lebih Irit dari LCGC dan Hemat Bensin Puluhan Juta!


Harga Alphard

Adapun daftar harga Alphard terbaru 2021 resmi Tunas Toyota. Harga OTR DKI Jakarta per Desember 2020. Harga dapat berubah sewaktu-waktu. Simak tabel berikut ini.




Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Liburan Offroad Bersama Toyota Hilux


Harga Vellfire

Di bawah ini merupakan daftar harga Vellfire terbaru 2021 resmi Tunas Toyota. Harga OTR DKI Jakarta per Desember 2020. Harga dapat berubah sewaktu-waktu.




Baca juga: Spesifikasi dan Harga Toyota CHR, serta 5 Keunggulannya


Setelah melihat perbedaannya di atas, Tunas Friends bisa memutuskan akan membeli mobil MPV yang mana. Jika masih bingung, Tunas Friends bisa mengunjungi situs web Tunas Toyota untuk mengetahui spesifikasi lengkap, Alphard dan Vellfire.

5 views0 comments
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2021

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company