Search

Sangat Irit! Estimasi Konsumsi BBM Toyota Calya 2021


toyota calya 2021

Selain Agya, Toyota Calya 2021 juga sangat dikenal sebagai mobil Low Cost Green Car (LCGC) dengan bahan bakar yang irit dan harga yang cenderung murah. Toyota Calya 2021 pun menjadi salah satu mobil MPV dengan penjualan terlaris di Indonesia.


Bukan hanya itu, mobil Low Cost Green Car (LCGC) juga dianggap sebagai mobil ramah lingkungan. Perlu diketahui, mobil ini tidak mengeluarkan polusi udara sebanyak mobil lainnya karena termasuk ke dalam golongan LCGC, sama seperti Toyota Agya.


Fitur-fiturnya memang tidak selengkap mobil lain yang harganya selangit. Namun, bisa dipastikan, fitur-fitur yang tersemat pada Toyota Calya 2021 sudah cukup untuk mendukung kenyamanan berkendara Tunas Friends di jalanan perkotaan maupun pedesaan.


Bagi Tunas Friends yang berencana membeli mobil berjenis Low Cost Green Car (LCGC), pilihlah Toyota Calya. Tunas Friends akan dimanjakan di dalamnya, sehingga tidak ingin beranjak keluar dari mobil.



Sekarang, saatnya mengetahui bukti bahwa konsumsi BBM Calya tergolong irit dan efisien. Di bawah ini juga terdapat penjelasan spesifikasi singkat mengenai Toyota Calya 2021, berikut dengan harga terbarunya. Simak yuk!


Baca juga: Harga Toyota Calya Facelift dan 7 Perubahannya


Spesifikasi Toyota Calya 2021

Mobil berkategori Multi-Purpose Vehicle (MPV) memanfaatkan mesin 3NR-FE dengan kapasitas 1.197 cc berteknologi Dual VVT-i 4-silinder. Tenaga yang dihasilkan mencapai 88 PS per 6.000 RPM dengan torsi maksimum 11 Kgm per 4.200 RPM.


Dibekali pilihan sistem transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Tunas Friends dapat memilih tipe yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, serta kenyamanan mengendarainya.


Pada eksteriornya didesain lebih modern dengan konsep Partner in Times. Seperti di bagian depannya terdapat headlamp bergaya baru yang lebih agresif dengan teknologi LED, juga grill bernuansa dark chrome yang berukuran besar dengan tiga garis ditambah logo Toyota.


Dilengkapi pula dengan lampu kabut yang didesain memanjang ke lampu utama pada sisi depan kiri dan kanan. Terlihat garis tipis di bodi mobil kanan dan kiri mulai dari handle door sampai ke belakang.


Mengintip interiornya, terdapat dasbor multilayer dengan paduan warna black dan dark brown sehingga tampak elegan dan premium. Lalu, fitur hiburan berupa head unit berteknologi layar sentuh dengan menu-menu pendukung yang mudah dioperasikan.


Disematkan juga fitur New Underseat Compartment Tray pada kursi penumpang baris pertama untuk penyimpanan barang. Setir kemudinya sudah mengusung fitur Audio Steering Switch dengan kemudahan mengontrol audio secara terpusat.


Sementara itu, kursi mobilnya menggunakan material berkualitas dengan warna dark brown yang mampu memanjakan para penumpangnya.


Kemudian, tersedia pula fitur-fitur keamanan dan keselamatan andal berupa ABS, EBD, SRS Airbags, Rear Parking Sensor, Immobilizer Key, Anti Theft System, hingga ISOFIX pada pemasangan kursi balita.


Baca juga: 8 Kelebihan Toyota Calya 2021


Konsumsi BBM Calya

Berdasarkan pengujian yang pernah dilakukan oleh beberapa orang, tingkat konsumsi BBM Toyota Calya di rute kombinasi bisa mencapai 13,5 km/liter. Angka tersebut didapat dari jarak tempuh pengetesan sejauh 400 kilometer dengan kecepatan berbeda-beda.


Rute kombinasi yang dimaksud adalah melewati jalanan yang macet, perkotaan, jalan tol, dan menggunakan AC di sepanjang perjalanan, serta melakukan akselerasi saat kondisi jalanan sedang lancar.


Tentunya konsumsi BBM Calya Matic ini cukup membuat tercengang, di mana telah terbukti bahwa bahan bakarnya cenderung irit dan dapat diandalkan untuk perjalanan jauh sekalipun.


Baca juga: Toyota Calya, Mobil LCGC Toyota Paling Laris Sepanjang 2020


Konsumsi BBM Calya Matic vs Manual

Kini, giliran melihat perbandingan tingkat konsumsi BBM Calya Matic versus Calya Manual nih, Tunas Friends!


Pada rute pertama di dalam kota, Toyota Calya Matic tercatat menghabiskan 1 liter bahan bakar untuk jarak sejauh 13,9 kilometer (13,9 km/liter). Sementara versi manualnya berada di angka yang sama yaitu 13,9 km/liter.


Lalu, dilakukan pengujian kedua dengan rute luar kota. Di sini terlihat perbedaannya, kalau Toyota Calya 2021 versi matic berada di angka 19,2 km/liter, sedangkan versi manualnya hanya 17,4 km/liter.


Walaupun begitu, Calya dengan transmisi manual masih termasuk mobil yang hemat bahan bakar. Sebab, ketika dilakukan uji coba pada kecepatan konstan di 60 km/jam, Calya manual menjadi juaranya di angka 28,4 km/liter, sementara Calya matic hanya 25,8 km/liter.


Kemudian, pada kecepatan konstan (lagi) di 100 km/jam, angkanya menunjukkan di 20,7 km/liter untuk Calya matic dan 19,2 km/liter untuk Calya manual.


Di luar data pengujian di atas, kebiasaan dan gaya berkendara setiap orang juga mempengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar. Tunas Friends bisa mencobanya sendiri, kok.


Baca juga: Irit Banget, Inilah Perkiraan Konsumsi BBM Toyota Agya 2021


Konsumsi BBM Toyota Calya dengan Mode Eco Driving

Selain menggunakan data dari tes rute kombinasi jarak jauh, bisa juga dilakukan tes dengan mode Eco Driving untuk membuktikannya. Uji coba ini dilakukan di jarak sejauh 40 kilometer dengan kecepatan maksimum 100 km/jam.


Tercatat konsumsi BBM Calya mencapai 25 km/liter sesuai dengan data yang diperoleh dari mode Eco Driving. Angka tersebut sudah cukup impresif untuk sebuah mobil berjenis Low Cost Green Car (LCGC).


Baca juga: Konsumsi BBM Toyota Yaris 2021 yang Sangat Irit


Harga Toyota Calya

Berikut ini merupakan tabel daftar harga Toyota Calya terbaru sesuai dengan OTR Jakarta yang berlaku per April 2021. Harga Toyota Calya di bawah ini bisa sewaktu-waktu berubah tanpa pemberitahuan.



Untuk mengetahui harga ter-update, Tunas Friends bisa mengunjungi situs web Tunas Toyota dan melihat-lihat produk Toyota lainnya, serta layanan servis berkala.


Baca juga: Toyota CHR Hybrid, Lebih Irit dari LCGC dan Hemat Bensin Puluhan Juta!


Bagaimana Tunas Friends? Mirip dengan Toyota Agya 2021, mobil Toyota Calya 2021 juga tidak kalah hemat dan efisien kan bahan bakarnya? Saatnya Tunas Friends memilih akan membeli mobil yang mana di antara kedua mobil LCGC ini?



276 views0 comments