Search

Konsumsi BBM Toyota Yaris 2021 yang Sangat Irit

Updated: Jan 27


toyota yaris 2021

Toyota Yaris 2021 bisa Tunas Friends jadikan pilihan untuk memiliki pengalaman perjalanan baru yang berbeda. Tampilannya terlihat lebih sporty dan modern. Mobil berjenis hatchback yang elegan ini tersedia dalam dua pilihan, yaitu tipe G dan tipe TRD.


Desain dan fitur yang melekat pada Yaris 2021 sangat mampu menyesuaikan selera pemuda pemudi. Mulai dari kenyamanan hingga keamanannya yang mumpuni.


Toyota Yaris 2021 ini bisa menampung hingga lima orang, performanya juga sama sekali tidak mengecewakan para penggunanya. Bahkan, Tunas Friends tidak akan mau beranjak ketika sudah berada di dalamnya.



Kabarnya, Yaris 2021 juga memiliki satu keunggulan yang membuat banyak orang jatuh cinta yaitu bahan bakarnya yang sangat irit. Benarkah begitu? Kalau tidak percaya, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.


Baca juga: Spesifikasi Lengkap New Yaris 2021


Konsumsi BBM Yaris 2021

yaris 2021

Mobil ini mempunyai tiga mode berkendara, mode berkendara Normal, Sport, dan Eco. Ketiganya memiliki pengaruh yang berbeda terhadap sistem transmisi, performa mesin, hingga kecepatan mobil.


Dalam penggunaan tertentu, seperti di lingkup perkotaan atau dalam kota, konsumsi bahan bakar Toyota Yaris mencapai 13,8 km/liter. Cenderung lebih hemat lagi untuk perjalanan ke luar perkotaan dengan konsumsi bahan bakar hingga 17,4 km/liter.


Apabila Tunas Friends memanfaatkan mode Eco, mobil ini akan menghabiskan bahan bakar sekitar 13,4 km/liter untuk area dalam perkotaan. Sementara area di luar kota bisa mencapai 19,6 km/liter.


Baca juga: Muat Hingga 7 Penumpang, Ini Detail Panjang Mobil Avanza


Perbandingan Konsumsi BBM dengan Mobil Sejenis

Tentu terdapat perbandingan antara konsumsi bahan bakar Yaris dan mobil sejenis lainnya. Salah satu pesaing Toyota Yaris 2021 memiliki performa yang sama, dengan klaim ‘hemat bahan bakar’.


Mobil tersebut mampu menempuh 12,8 km/liter untuk perjalanan di dalam kota dan 17,2 km/liter untuk pemakaian sampai ke luar kota. Berdasarkan angka ini, terlihat jelas bahwa Yaris 2021 masih jauh lebih hemat dibandingkan pesaingnya.


Mobil pesaing sebagai pembanding Toyota Yaris 2021 saat ini memang memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar, namun konsumsi bahan bakarnya tidak terlalu irit bahkan cenderung boros.


Baca juga: Fitur Lengkap yang Dimiliki oleh Toyota Avanza Veloz


Cara Mengendarai Toyota Yaris 2021 agar Tetap Irit

toyota yaris 2021

Sempat disinggung pada poin sebelumnya bahwa Toyota Yaris 2021 memiliki beberapa mode berkendara yang membuatnya tetap irit, yaitu mode Normal, Sport, dan Eco. Ketiganya berpengaruh pada sistem transmisi, mesin, dan juga kecepatan mobil.


Berikut ini ada tiga tips mengenai cara mengendarai mobil ini agar konsumsi bahan bakarnya jauh lebih hemat dan efisien lagi dibandingkan dalam keadaan normal yang sebenarnya sudah cukup ‘hemat’.


Baca juga: Daftar Harga Innova 2021 Terlengkap


Menggunakan Mode Berkendara ‘Eco’

Pertama, gunakan mode berkendara Eco. Dengan memilih mode berkendara ini, membuat konsumsi bahan bakar jadi irit.


Saat berada di dalam posisi mode berkendara Eco, respon gas mobil menjadi sedikit kurang responsif dan terasa agak berat. Ini hal yang wajar, respon gas yang ‘kurang agresif’ ini tidak akan mempengaruhi perjalanan Tunas Friends kok!


Baca juga: Ini Dia Fitur-Fitur yang Terdapat di Toyota Innova Venturer


Menjaga Putaran Mesin di 2000 - 3000 RPM

Kedua, menjaga putaran mesin tetap berada di putaran yang rendah. Pertahankan sistem transmisinya agar selalu berada di posisi D. Pada posisi ini, mesin mobil akan stay di putaran rendah sehingga pemakaian bahan bakarnya lebih irit.


Umumnya, torsi yang paling efisien ada pada putaran 2.000 RPM hingga 3.000 RPM. Jika putarannya terlalu tinggi melebihi angka tersebut, maka supply bensin ke ruang pembakaran bisa semakin banyak.


Sebaliknya, jika putarannya terlalu rendah, Tunas Friends harus mengeluarkan tenaga ekstra ketika menginjak pedal gas lebih dalam untuk menambah kecepatan mobil. Pastinya ini memerlukan konsumsi bahan bakar yang lebih besar.


Baca juga: Daftar Harga Calya 2021 Terbaru


Menggunakan Bensin Berkualitas Tinggi

Tips yang ketiga adalah memakai bahan bakar yang berkualitas tinggi. Semakin bagus kualitasnya, maka tenaga yang dikeluarkan semakin optimal tanpa menghabiskan bensin dalam jumlah banyak.


Jika Tunas Friends memilih untuk memakai bahan bakar bensin yang berkualitas rendah, kemungkinan terjadi kerusakan mesin mobil jadi lebih besar. Bahkan bisa terjadi engine knocking pada mesin.


Engine knocking ini dapat mengakibatkan penurunan pada performa mesin dan meningkatkan konsumsi bahan bakar.


Baca juga: Toyota Rush, SUV 7 Penumpang Terlaris dari Toyota


Spesifikasi Toyota Yaris 2021

yaris 2021