Search

Irit Banget, Inilah Perkiraan Konsumsi BBM Toyota Agya 2021


toyota agya 2021

Toyota Agya 2021 masuk ke dalam kategori mobil Low Cost Green Car (LCGC) dan masih menjadi incaran masyarakat. Mobil golongan Low Cost Green Car (LCGC) ini banyak dicari karena harganya yang murah.


Selain harga, konsumsi BBM Agya juga lebih hemat. Bagi Tunas Friends yang berencana membeli mobil baru yang irit bahan bakar, ramah lingkungan, dan harganya murah, Tunas Friends bisa memilih Toyota Agya 2021.


Mobil ini juga tidak menghasilkan banyak emisi, karena irit bahan bakar. Selain itu, harga jualnya murah dikarenakan biaya pajak yang tidak terlalu besar dan telah mendapat subsidi dari pemerintah Indonesia.


Namun, fitur-fiturnya memang tidak selengkap mobil lain yang harganya lebih tinggi. Walaupun begitu, Toyota Agya 2021 sangat nyaman dikendarai. Di samping itu, suku cadang atau spare part-nya juga mudah didapat dan harganya terjangkau.


Program kendaraan Low Cost Green Car (LCGC) sangat didukung oleh pemerintah, berharap sebagian besar mobil-mobil di Indonesia sudah berteknologi Low Cost Green Car (LCGC).



Tunas Friends bisa simak spesifikasi singkat, termasuk pembuktian mengenai betapa iritnya konsumsi BBM Toyota Agya, serta harga mobil Agya terbaru berdasarkan OTR yang berlaku.


Baca juga: Spesifikasi, Perubahan Fitur, dan Harga Mobil Toyota Agya 2021 Semua Tipe


Spesifikasi Toyota Agya 2021

Mesin Agya terbagi menjadi dua pilihan yang berbeda, yaitu mesin berkapasitas 1.0 liter dan 1.2 liter. Pada variasi 1.0 liter, dibekali mesin DOHC VVT-i 12-katup dengan transmisi manual 5-percepatan bertenaga 67 PS per 6.000 RPM dan torsi 9,1 Kgm per 4.400 RPM.


Sementara variasi 1.2 liter dibekali mesin DOHC Dual VVT-i 16-katup dengan sistem transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Bertenaga 88 PS per 6.000 RPM dengan torsi 11 Kgm per 4.200 RPM. Dibedakan menjadi 2 tipe, yaitu tipe G dan TRD.


Eksteriornya tampil lebih modern dengan gaya mobil hatchback. Dilengkapi dengan Smoked Projector Headlamp with LED Light Guide yang didesain baru berbentuk trapesium enam sisi, sehingga lebih terlihat stylish dan elegan dari versi sebelumnya.


Grille bagian depan dibuat lebih lebar dan bergaya sporty. Terdapat garis lurus membujur dari depan ke belakang di atas side skirt yang berdesain menarik. Dibekali kombinasi lampu belakang yang modern dan spoiler kecil dengan fitur High Mount Stop Lamp.


Beralih pada interior versi facelift yang terasa nyaman dengan gaya baru yang lebih elegan. Ruang kabinnya cukup luas dan mampu menampung hingga 5 orang penumpang. Bagian dasbornya pun telah dilengkapi dengan fitur mumpuni, seperti New Advance Entertainment.


Juga, terdapat fitur Audio Steering Switch, sehingga para pengemudi dapat melakukan pengaturan pada pemutar musik tanpa repot menjangkau panel dasbor di sisi lain. Kursi mobilnya dilengkapi dengan Semi Bucket Seat berbahan kain halus.


Sebagai penunjang keamanan dan keselamatan, Agya menyediakan fitur Dual SRS Airbags, Side Impact Beam, hingga pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) yang berfungsi untuk mengurangi risiko cedera parah saat terjadi tabrakan di tengah perjalanan.


Baca juga: 6 Alasan Memilih Toyota Agya 2021 sebagai Mobil Pertama


Konsumsi BBM Agya 1.0

Sesuai hasil uji atau tes bahan bakar yang pernah dilakukan, Toyota Agya 2021 tipe 1.0 liter dengan mesin DOHC 3-silinder 12-katup ini memiliki tingkat konsumsi BBM sampai 22 km/liter.


Ini didapat berdasarkan konsumsi rata-rata dengan kecepatan konstan. Tentunya lebih baik daripada mesin tanpa teknologi VVT-i yang tingkat konsumsi BBM-nya hanya 20,7 km/liter di kondisi jalan yang sama.


Dengan menggunakan teknologi EFI (electronic Fuel Injection), penggunaan bahan bakar akan semakin irit. Ditambah lagi fitur ECO yang tersemat pada mobil ini, melalui indikatornya Tunas Friends akan mudah mengetahui tingkat konsumsi BBM Agya 1.0 yang efisien.


Baca juga: Toyota Agya, Hatchback Toyota Terlaris Sepanjang 2020


Konsumsi BBM Toyota Agya 1.2

Sementara itu, konsumsi BBM Toyota Agya 1.2 yang mengusung teknologi Dual VVT-i juga memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang sangat baik. Konsumsi BBM Toyota Agya 1.2 mencapai 19 km/liter berdasarkan konsumsi rata-rata dengan kecepatan konstan.


Sama seperti varian 1.0 liter, hasil uji ini dilakukan sesuai dengan pengalaman berkendara yang sebenarnya di kondisi jalan perkotaan yang juga sama.


Efisiensinya juga didukung dengan fitur ECO yang merupakan salah satu fitur terbaik pada Toyota Agya 2021. Sebab, Tunas Friends bisa dengan mudah memantau di titik mana konsumsi bahan bakar yang tepat.


Selain itu, teknologi EFI (Electronic Fuel Injection) pun membuat BBM Agya berkapasitas 1.2 liter semakin hemat. Sehingga Tunas Friends tidak perlu khawatir harus mengisi BBM lebih sering saat mengendarainya.


Baca juga: Harga Toyota Calya Facelift dan 7 Perubahannya


Konsumsi BBM Agya Matic

Baik manual atau matic, keduanya sama-sama irit bahan bakar. Pada intinya, pandai-pandailah mengemudikannya. Walaupun sudah didukung oleh fitur yang dapat membuat bahan bakar irit, pemakaian yang tidak tepat bisa membuatnya boros.


Oleh karena itu, sebisa mungkin, tetap perhatikan pemakaian sehari-hari dan selalu melakukan perawatan mobil secara berkala di bengkel resmi terpercaya. Dengan begitu, mobil akan tetap irit dan lebih awet kondisinya.


Baca juga: 8 Kelebihan Toyota Calya 2021


Harga Mobil Agya

Berikut ini merupakan tabel daftar harga mobil Agya terbaru sesuai dengan OTR Jakarta yang berlaku per April 2021. Harga mobil Agya di bawah ini bisa sewaktu-waktu berubah tanpa pemberitahuan.



Untuk mengetahui harga ter-update, Tunas Friends bisa mengunjungi situs web Tunas Toyota dan melihat-lihat produk Toyota lainnya, serta layanan servis berkala.


Baca juga: Toyota Calya, Mobil LCGC Toyota Paling Laris Sepanjang 2020