Admin

7 Des 20204 mnt

Yuk, Kenali Perbedaan Toyota Avanza Tipe E dan G!

Diperbarui: 23 Agt 2023

Toyota Avanza 2020 ini dapat dipastikan mampu memperketat persaingan di mobil kelas Multi Purpose Vehicle (MPV) di Indonesia. Avanza terbaru ini juga bisa menjadi pilihan Tunas Friends sebagai mobil transportasi keluarga untuk pergi berekreasi.

Perubahannya tidak terlalu tampak dari bentuk fisik, tetapi desain yang dimiliki oleh Avanza terbaru ini memberikan kesan modern dan futuristik. Avanza terbaru juga mengadopsi konsep desain yang lebih sporty dan modern.

Baca juga: Update! Inilah harga toyota avanza 2023 terbaru

Jika Tunas Friends berminat untuk membelinya, kunjungi Tunas Toyota dan pilih warna Toyota Avanza yang sesuai dengan keinginan Tunas Friends!

Mobil Avanza memiliki dua varian, yaitu tipe E dan tipe G. Masing-masing dari kedua tipe ini memiliki cukup banyak perbedaan. Berikut ini adalah perbedaan dari Avanza tipe E dan tipe G secara lebih lengkap.

Baca juga: Seperti apa bagian dalam mobil avanza? yuk, kita explore

Perbedaan Eksterior Avanza Tipe E dan G

Perbedaan eksterior antara Toyota Avanza tipe E dan G yang pertama terdapat pada bagian grille-nya. Toyota Avanza tipe E menggunakan aksen berwarna silver, sedangkan tipe G menggunakan aksen warna chrome yang terlihat lebih mewah.

Pada bagian samping, Toyota Avanza tipe E menggunakan velg dop plastic, sementara tipe G menggunakan velg alloy 8 spoke. Toyota Avanza tipe G sudah dilengkapi dengan lampu sein pada spion yang menggunakan pengaturan elektrik.

Baca juga: Keunggulan avanza 1.5 G CVT TSS tipe tertinggi dari All New Avanza

Lalu di bagian belakang, terdapat shark fin antenna di setiap Varian All New Avanza. Namun, hanya Toyota Avanza tipe G yang memiliki high mount stop lamp, rear spoiler, sensor parkir, dan reflektor. Ditambah list berwarna chrome untuk Toyota Avanza tipe G.

Supaya Tunas Friends dapat membedakan antara Toyota Avanza tipe E dan tipe G, terdapat logo E dan G yang menandakan tipe mobil Avanza.

Baca juga: Besar! Inilah kapasitas tangki avanza

Perbedaan Interior Toyota Avanza Tipe E dan Tipe G

Perbedaan yang sangat terlihat dari interior All New Avanza tipe E dan tipe G ada pada fitur audionya. New Avanza menggunakan audio head unit 1 DIN CD 4-SP, tipe yang satu berwarna hitam dan tipe satunya lagi berwarna silver.

Baca juga: Simulasi kredit toyota avanza 2021, harga mulai dari 187-juta

Pada bagian setir kemudi, Toyota Avanza tipe E terlihat polos hampir tanpa tombol fungsional, tapi di tipe G terdapat tombol fungsional yang dapat mengatur sebagian fitur interior mobil.

Melihat tampilan interior lainnya yaitu pada bagian konsol tengah mobil Avanza tipe G memiliki glove box, sedangkan pada tipe E hanya memiliki tiga cup holder.

Baca juga: Sudah Tahu perbedaan Toyota Yaris TRD dan GR Sport? Berikut Ini ulasannya

Perbedaan Fitur Mobil Avanza Tipe E dan G

Toyota Avanza tipe G lebih menonjolkan kemewahannya karena memiliki head unit dengan tampilan layar penuh dibandingkan tipe E.

Ada pula fitur keselamatan yang dimiliki Toyota Avanza Tipe E dan Tipe G, di mana fitur tersebut masih sama seperti sebelumnya.

Mulai dari Dual SRS Airbags, 3-Points Seatbelt dengan pretensioner dan force limiter, seatbelt warning untuk baris depan, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), dan yang terakhir adalah fitur Side Impact Beam.

Baca juga: Lengkap! Inilah Spesifikasi dan harga toyota agya

Perbedaan Mesin

Mesin yang diberikan kepada All New Avanza dirasa sangat pas untuk setiap tipenya. Ada persamaan mesin untuk Toyota Avanza Tipe E dan Tipe G yaitu menggunakan mesin 1.300 cc, sedangkan untuk mesin 1.500 cc hanya tersedia pada Toyota Avanza Tipe G.

Avanza 1.3 E

Menjadi varian paling bawah, New Avanza 1.3 E mempunyai dua pilihan transmisi yaitu manual (M/T) dan otomatis (A/T). Mesin yang terpasang adalah mesin 4 silinder 1.300 cc dengan teknologi Dual VVT-i.

Mesin ini dapat menghasilkan tenaga 96,5 PS per 6.000 RPM dengan torsi maksimum 120 Kgm per 4.200 RPM. Serta, mempunyai kapasitas penyimpanan tangki bensin hingga 45 liter.

Baca juga: Yuk hitung simulasi kredit toyota raize 2021, harga mulai dari 203 jutaan

Avanza 1.3 G

New Avanza 1.3 G juga mempunyai 2 pilihan transmisi yaitu manual (M/T) dan otomatis (A/T). Mesin yang digunakan oleh New Avanza 1.3 G adalah mesin 4 silinder 1.300 cc dengan teknologi Dual VVT-i.

Mesin New Avanza 1.3 E dan mesin New Avanza 1.3 G adalah sama. Sehingga tenaga yang dihasilkan pun sama, yakni 96,5 PS per 6.000 RPM dengan torsi maksimum 120 Kgm per 4.200 RPM.

Baca juga: Mengulik keunggulan toyota avanza 2021 tipe G

Avanza 1.5 G

New Avanza 1.5 G hanya mempunyai satu pilihan transmisi yaitu transmisi manual (M/T). Mesin yang digunakan adalah mesin 2NR-VE 4 silinder 1.500 cc yang dilengkapi dengan teknologi Dual VVTi.

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin New Avanza 1.5 G mencapai 104 PS per 6.000 RPM dengan torsi maksimum 136 Kgm per 4.200 RPM.

Baca juga: Spesifikasi toyota innova diesel dan harga kijang innova terbaru

Perbedaan Harga Mobil Avanza Tipe E dan G

Bila dibandingkan, harga mobil Avanza tipe E dan tipe G memang memiliki perbedaan harga per tipenya. Lihat daftar harga Avanza baru (Desember 2020) di bawah ini sebelum Tunas Friends memutuskan untuk membelinya.

Dengan melihat perbedaan fitur dan harga Toyota Avanza tipe E dan tipe G di atas, Tunas Friends dapat mempertimbangkan lebih jauh untuk menentukan tipe mobil Avanza mana yang akan Tunas Friends pilih.

Baca juga: Berapakah ukuran ban avanza? berikut ini ulasannya

Harga juga dapat berubah-ubah setiap waktu lho, Tunas Friends. Apabila Tunas Friends ingin membeli Avanza dengan harga yang selalu update, silakan kunjungi website Tunas Toyota dan lihat spesifikasi produk lainnya juga!

    2