Search

Spesifikasi Toyota C+pod, Mobil Listrik Toyota Rp200 Jutaan di Jepang


toyota c+pod
Sumber: Toyota Global

Salah satu mobil listrik Toyota yang kerap menjadi perbincangan adalah Toyota C+pod. Toyota C+pod ini merupakan mobil listrik Toyota berbasis baterai atau yang disebut BEV (Battery Electric Vehicle). Mobil listrik ini khusus difungsikan untuk mobilitas jarak dekat.


Siapa saja bisa mengendarainya, mulai dari masyarakat di pedesaan maupun perkotaan. C+pod pertama kali diperkenalkan di Jepang yaitu pada tanggal 25 Desember 2020. Beberapa bulan setelahnya, Indonesia baru bisa mencobanya.


Sambil menunggu hadirnya C+pod dan dijual secara resmi, Tunas Friends bisa memiliki produk Toyota unggulan terlebih dahulu. Baik yang bermesin standar, maupun mesin hybrid yang dikenal hemat bahan bakar.



Bagi yang sudah tidak sabar mengetahui spesifikasi dari Toyota C+pod, mari simak penjelasan singkatnya di bawah ini.


Baca juga: Mobil Listrik Toyota yang Dibuat di Indonesia


Spesifikasi Toyota C+pod

Toyota menciptakan sebuah mobil listrik ramah lingkungan, salah satunya bertipe C+pod yang menggunakan teknologi baterai sebagai jantung pacunya.


Ukurannya tergolong mungil dan berbentuk unik. Memiliki panjang 2.490 mm, lebar 1.290 mm, dan tinggi 1.550 mm. Sementara radius putarnya sekitar 3,9 m, sehingga mampu bermanuver di jalanan sempit dan mudah ketika parkir.


Mobil compact ini dibekali motor listrik 1RM atau magnet permanen dengan daya maksimum 9,2 kW (setara dengan 12,3 hp dan torsi maksimum 56 Nm.


Melihat kecepatannya, C+pod memiliki kecepatan 60 km/jam yang diperkuat dengan baterai Lithium Ion 51 Ah / 177,6 Volt / 9,06 kWh. Daya jelajah baterai tersebut sekitar 150 km dalam sekali pengisian daya (WLTC mode).


Baterai dapat diisi ulang dalam waktu 5 (lima) jam pengisian daya standar yaitu 200V/16A dan 16 jam pengisian daya 100V/6A. Kabel pengisi dayanya adalah 100/200 VAC yang dapat terhubung langsung ke stopkontak.


Kemudian, melihat tampilan eksteriornya, C+pod menggunakan bahan plastik untuk mengurangi bobot kendaraan sehingga sangat ringan dikendarai. Tersedia dalam dual-tone warna, seperti kombinasi Cyan-Metallic dan kombinasi Orange-Metallic.


Saat ini, Toyota C+pod memiliki dua varian, yakni tipe X dan tipe G dengan harga yang berbeda-beda. Harga yang ditetapkan masih tetap disesuaikan dengan keunggulan yang dimiliki.


Baca juga: Apa itu Mobil Hybrid? Mengenal Lebih Dalam Mobil Hybrid Toyota


Kolaborasi Pengembangan Mobil Listrik Toyota

Toyota berencana mempromosikan dan memopulerkan mobil listrik tipe BEV (Battery Electric Vehicle), serta melakukan pengembangan model bisnis baru dan melakukan peluncuran skala penuh secara individual pada tahun 2022 mendatang.


Mobil listrik dengan kapasitas dua orang penumpang ini dirancang sebagai pilihan transportasi untuk meningkatkan efisiensi energi setiap individu masyarakat.


Seperti yang sudah disinggung di awal pembahasan bahwa C+pod ditujukan untuk mobilitas jarak dekat. Juga, ditujukan kepada para pengguna di sebuah perusahaan yang sering melakukan kunjungan pelanggan.


Termasuk para pengguna yang tinggal di perkotaan atau pedesaan yang tengah membutuhkan pilihan transportasi aman, tidak terbatas, dan tentunya ramah lingkungan (anti polusi).


Dalam rangka memopulerkan dan memperluas pasar, Toyota membentuk kolaborasi terbuka dalam membangun model bisnis baru berbasis kendaraan elektrifikasi murni.


Tunas Friends perlu tahu, di Jepang, awalnya Toyota fokus pada mobil listrik C+pod, Walking Area BEV dan Toyota i-Road dengan lebih dari 200 mitra dan pemerintah lokal yang terlibat dalam eksplorasi transportasi baru.


Salah satu upaya pengembangan C+pod, akan ada demonstrasi layanan baru yang dikhususkan untuk kategori BEV yang bernama Toyota Green Charge, fasilitasnya seperti CO2-free Power.


Proyek ini berhasil dikembangkan oleh Toyota, bekerja sama dengan Chubu Electric Power Miraiz, Kansai Electric Power Co., Inc, dan TEPCO Energy Partner, Inc.


Sementara itu, layanan lainnya yaitu berbagi kendaraan listrik yang menggabungkan dengan informasi wisata dengan Toyota Share, sekaligus mempromosikan lokasi wisata.


Baca juga: Amankah Mobil Hybrid Toyota Melintasi Banjir?


Toyota C+pod Bisa Dijadikan Generator Listrik

Menariknya, mobil C+pod dapat dimanfaatkan sebagai genset darurat saat terjadi pemadaman listrik atau saat bencana alam. Pasokan listrik yang didapat bisa mencapai 10 jam lamanya, terhitung dari konsumsi daya hariah 10 kWh.


Maka dari itu, masyarakat tidak perlu khawatir lagi jika memiliki C+pod. Saat terjadi pemadaman listrik, bisa langsung menggunakan tenaga dari mobil ini sebagai pengganti listrik PLN yang mati.


Baca juga: Review dan Harga Toyota Corolla Cross Hybrid, Mobil Hybrid Termurah Toyota


Tergolong Sebagai Mobil Listrik Toyota dengan Fitur Keamanan yang Lengkap

Mobil listrik C+pod memakai struktur yang sangat efisien dengan cara menyebarkan dan menyerap energi tumbukan ke komponen-komponen yang ada. Serta, selalu memastikan keselamatan apabila terjadi benturan dari sisi depan, samping, maupun belakang.


Toyota C+pod juga dapat mengurangi dampak bagi pejalan kaki ketika terjadi tabrakan, ini dikarenakan struktur badan kendaraan yang ringan. Sehingga dapat meminimalisir cedera pada pejalan kaki.


Mirip seperti mobil Toyota lainnya, disediakan pula fitur Dual Airbags, ABS+EBD, VSC, TRC, Pre-Collision Safety System, dan Intelligent Clearance Sonar with Parking Support Brakes.


Baca juga: 6 Kelebihan Toyota Corolla Altis Hybrid, Sedan Hybrid Termurah Toyota


Harga Toyota C+pod

Saat ini, Toyota menetapkan harga Toyota C+pod tipe X senilai 1,650 juta Yen atau setara dengan Rp224,7 juta dan harga Toyota C+pod tipe G senilai 1,716 juta Yen atau setara dengan Rp233,7 juta.


Harga Toyota C+pod tersebut bisa saja mengalami perubahan tanpa pemberitahuan ya, Tunas Friends!


Baca juga: 8 Kelebihan Toyota Camry Hybrid, Lengkap dengan Spesifikasi dan Harga


Bisa Uji Coba Toyota C+pod di Bali

Walaupun mobil C+pod belum diperjualbelikan secara resmi di Indonesia, Tunas Friends bisa lebih dulu mencobanya di The Nusa Dua, Bali.


Proyek yang sudah berjalan sejak 31 Maret 2021 lalu ini memberi kesempatan bagi setiap masyarakat setempat maupun yang ada di luar pulau Bali untuk merasakan pengalaman berkendara dengan mobil listrik.


Tunas Friends dapat mengunjungi stasiun di depan central parkir The Nusa Dua, tepatnya di depan Bali Collection. Atau, datang ke stasiun di area pintu masuk Pulau Peninsula The Nusa Dua.


Perlu diketahui proyek mobil listrik (EV Smart Mobility) ini sudah didukung akses serba digital melalui aplikasi mToyota dan TRAC To Go.


Baca juga: Toyota CHR Hybrid, Lebih Irit dari LCGC dan Hemat Bensin Puluhan Juta!


Bagaimana? Berminat untuk berpartisipasi dalam uji coba C+pod? Siapkan diri dan kunjungi Bali untuk melepas rasa penasaran Tunas Friends!


Jangan lupa untuk melihat produk-produk Toyota lainnya, ketahui daftar harga mobil Toyota di sini atau kunjungi situs web resmi Tunas Toyota.



505 views0 comments