Mulai 25 Maret, 126 Unit Toyota Yaris GR Sudah Bisa Dipesan



Sebelumnya sudah banyak muncul rumor bahwa Toyota Indonesia akan memasarkan Yaris GR di pasar Indonesia. Mobil andalan varian Toyota GR Yaris ini dikembangkan oleh Toyota Gazoo Racing, pernah muncul di ajang World Rally Championship (WRC).


Sejak diluncurkan oleh Toyota Global pada tahun 2020, Yaris GR sangat disambut hangat dan antusias oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Ini sebagai wujud apresiasi atas respon positif terhadap GR Supra tahun 2019 lalu.


Namun, Toyota Yaris GR ini tidak dijual dalam jumlah banyak, alias terbatas yaitu hanya 126 unit. Tujuan utama peluncuran Toyota Yaris GR adalah untuk membuat ever-better car sesuai dengan filosofi refine people and refine cars.



Mobil sport ini dikemas dengan desain yang aerodinamis. Ada pula pengaplikasian bahan carbon fiber reinforced polymer yang disematkan pada atap mobil, yang membuat bobot jadi lebih ringan dan menurunkan center of gravity.


Spesifikasi lebih jelasnya, mari simak ulasan berikut ini. Simak juga perbedaan antara versi TRD Sportivo dan versi Gazoo Racing, yuk!


Baca juga: Spesifikasi, Perbedaan, dan Harga Toyota GR Yaris di Indonesia


Yaris GR Resmi Masuk ke Indonesia


Mobil Yaris GR adalah produk Toyota Global yang diproduksi sebanyak 25.000 unit agar dapat berkompetisi di ajang World Rally Championship (WRC) dan ajak kompetisi balap lainnya, baik nasional maupun internasional.


Sementara di Indonesia, seperti yang dikatakan sebelumnya hanya tersedia 126 unit dan dapat dipesan mulai 25 Maret 2021 kemarin dengan cara menghubungi dealer resmi Tunas Toyota terdekat.


Baca juga: Berubah Menjadi Cabriolet, Ini Dia Toyota GR Supra Super Top


Spesifikasi Lengkap GR Yaris

Yaris menjadi model mobil Toyota pertama yang memanfaatkan platform TNGA yang menampilkan desain bodi yang dinamis dan ringan dengan pusat gravitasi rendah. Sengaja dibuat dengan keseimbangan yang pas dan geometri suspensi yang lebih optimal.


Digunakan bahan alumunium pada bagian kap mesin, panel pintu, dan bagasi. Sementara panel atapnya memakai bahan plastik yang diperkuat dengan serat karbon dengan metode compound moulding.


Dibekali mesin G16E-GTS berkapasitas 1.618 cc 3-silinder dengan teknologi turbocharger. Serta, dilengkapi dengan sistem penggerak 4 roda (4WD) atau GR-FOUR untuk mendukung sensasi berkendara yang lebih menyenangkan dengan berbagai macam gaya.


Pembagian tenaga roda depan dan roda belakang dilakukan sesuai dengan kebutuhan setiap roda, sehingga mungkin untuk berada dalam kontrol optimal di berbagai kondisi jalanan yang ditempuh.


"Proses perakitan GR Yaris pun langsung dilakukan oleh anggota tim Takumi yaitu para teknisi Toyota yang memiliki keterampilan tinggi. GR Yaris adalah sebuah pure sport model yang memiliki built quality yang baik dan menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan,” ujar Fumitaka Kawashima.

Komponen-komponennya pun ringan. Selain mengoptimalkan turbocharger, sistem intake dan exhaust mesin juga ditingkatkan performanya. Sehingga mampu menghasilkan tenaga 272 PS dan torsi 370 Nm di beberapa tingkat kecepatan mesin.


Dikombinasikan juga dengan sistem transmisi manual 6-percepatan Intelligent Manual Transmission (iMT) dengan teknologi penggantian gigi yang akurat responsif.


Melihat dimensinya dengan panjang 3.995 mm, lebar 1.805 mm, tinggi 1.460 mm, dan berat 1,28 kg, mobil ini cukup ringan dikendarai. Juga, memiliki jarak poros roda (wheelbase) 2.558 mm. Tersedia dalam 3 pilihan mode berkendara, yaitu Normal, Sport, dan Track.


Kaki-kakinya didukung oleh ban tipe 225/40ZR yang berukuran 18 inci di setiap rodanya, depan maupun belakang. Didukung juga dengan sistem rem Ventilated Disc.


Baca juga: Fast and Furious 9: Han Kembali dengan Toyota Supra Terbaru


Perbedaan Toyota GR Yaris dan Toyota Yaris TRD Sportivo

Sebelum muncul Toyota Yaris GR di Indonesia, terdapat varian Yaris yang lain yaitu TRD Sportivo. Walaupun sama-sama memiliki aura mobil sport atau mobil balap, tentu saja ada perbedaan di antara keduanya terutama harganya.


Baca juga: Perubahan Toyota Supra Terbaru dengan Pendahulunya MK4


Perbedaan Eksterior Yaris GR

Secara kasat mata, eksterior GR dan TRD Sportivo terlihat berbeda. Di mana varian GR hanya memiliki dua pintu, sedangkan TRD Sportivo memiliki empat pintu.


Dimensinya pun juga berbeda, TRD Sportivo berdesain lebih panjang dengan ukuran 4.145 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.500 mm.


Sementara desain GR lebih memperhatikan aerodinamis yang tinggi dan ringkas. Dimensi Yaris versi GR berukuran panjang 3.995 mm, lebar 1.805 mm, dan tinggi 1.455 mm.


Baca juga: Film Pendek untuk Produksi Terakhir Toyota 86


Perbedaan Interior GR Yaris

Interior Yaris khusus didesain agar nyaman bermanuver. Dengan warna bernuansa hitam pada interiornya, juga kursi dan setir kemudi khas mobil balap, membuat Toyota GR Yaris terus menerus menjadi incaran masyarakat.


Sementara pada bagian pedal gas, rem, dan koplingnya terbuat dari bahan alumunium. Tersedia pula layar TFT berukuran 4.2 inci yang menampilkan tekanan turbo, distribusi torsi, dan informasi penting lainnya.


Sebagai hiburan, pada Yaris GR disematkan head unit berteknologi layar sentuh dan berukuran 7 inci. Dijamin, tidak akan bosan selama berkendara bersama GR Yaris.


Jika Tunas Friends mencari mobil dengan ruang kabin yang luas, pilih TRD Sportivo. Selain luas, desainnya juga elegan karena dilengkapi dengan ornamen silver. Tidak mau kalah, TRD Sportivo juga mengusung head unit dengan berbagai fitur fungsional.


Baca juga: Ide Modifikasi Toyota 86 Seperti AE-86 Anime Initial D


Perbedaan Mesin Toyota GR Yaris

Melihat mesinnya, tentu berbeda. Varian GR dibekali mesin berkapasitas 1.618 cc 3-silinder yang mampu menghasilkan performa yang maksimal. Juga, dilengkapi dengan sistem transmisi manual 6-percepatan dengan penggerak 4WD (GR-FOUR).


Sedangkan versi TRD Sportivo mesinnya hanya berkapasitas 1.496 cc dengan teknologi DOHC Dual VVT-i. Kemudian, sistem transmisinya disediakan dalam dua pilihan yaitu otomatis CVT dan manual 5-percepatan.


Walaupun berbeda tipe mesin, performanya masih dapat diandalkan. Setiap varian Yaris memiliki keunggulan masing-masing, hendaknya Tunas Friends bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.


Baca juga: Ide Modifikasi Agresif ala Toyota C-HR GR Sport


Pesan Toyota Yaris GR di Dealer Tunas Toyota Terdekat

Saatnya Tunas Friends mencari lokasi dealer resmi Toyota untuk memiliki Toyota GR Yaris sebagai teman perjalanan Tunas Friends. Daripada bingung, mari kunjungi bengkel Tunas Toyota!


Temukan lokasi bengkel Tunas Toyota terdekat dari lokasi tempat tinggal supaya lebih mudah untuk berkonsultasi. Klik di sini untuk mengetahui lokasi dealer Tunas Toyota terdekat dari rumah Anda!


Baca juga: Harga Toyota Yaris 2021 setelah Potongan PPnBM 0%


Setelah membaca seluruh informasi mengenai Toyota GR Yaris pada artikel ini, apakah Tunas Friends mulai berniat untuk membelinya? Selain spesifikasi, ketahui juga harga terbaru Yaris GR atau mobil Toyota lainnya sesuai dengan OTR per April 2021 di sini.



5 views0 comments
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2021

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company