Film Pendek untuk Produksi Terakhir Toyota 86



Toyota 86 yang merupakan mobil khas drifting bergaya sporty ini sangat terkenal dari penampilannya yang menawan, juga dari performa yang tangguh. Penciptaan Toyota GT 86 dimulai sejak tahun 2005 dengan segala keunggulannya yang mampu menarik hati masyarakat.


Bahkan penjualannya sudah sampai di berbagai negara Internasional. Selama itu pula, Toyota berencana untuk membuat film pendek dengan cara mengabadikan sejumlah momen terbaik FT 86 selama hampir satu dekade terakhir.


Ini dilakukan sebagai wujud apresiasi dan juga salam perpisahan dari perusahaan kepada produk Toyota FT 86. Di mana film pendek ini menjadi tanda akhir dari perjalanan Toyota 86, baik produksi dan juga penjualannya.


Membicarakan Toyota GT 86, Tunas Friends pasti sudah mengetahui bahwa mobil sport ini dapat dimanfaatkan untuk perjalanan jauh maupun dekat. Tunas Friends bisa mengendarainya dengan kecepatan tinggi.



Sebelum membahas ke film pendek yang dibuat, mari ketahui lebih dahulu mengenai sejarah singkat Toyota 86. Ayo simak selengkapnya berikut ini.


Baca juga: Ide Modifikasi Toyota 86 Seperti AE-86 Anime Initial D


Sejarah Toyota 86

Mobil Toyota drift ini pertama kali diperkenalkan pada Tokyo Motor Show 2009, kemudian kembali dipamerkan pada Tokyo Auto Salon 2010. Dilanjutkan pada pameran mobil di Indonesia International Motor Show dan Geneva Auto Show tahun di tahun 2011.


Secara garis besar, mobil 86 resmi dijual pada tahun 2012 ke beberapa bagian negara di dunia. Menawarkan spesifikasi yang mumpuni, sehingga mampu memikat berbagai kalangan masyarakat.


Walaupun termasuk ke dalam kategori mobil sport, Toyota GT 86 fokus pada pengendalian terbaik, bukan pada penggunaan tenaga yang besar. Mobil ini juga memiliki fitur keselamatan yang baik dengan titik gravitasi rendah, sehingga bisa tetap stabil.


Baca juga: Perubahan Toyota Supra Terbaru dengan Pendahulunya MK4


Film Pendek untuk Toyota GT 86

Kembali pada topik “film pendek” yang dibuat oleh Toyota. Berdasarkan alasan yang disinggung di pembuka artikel ini, film pendek dibuat sebagai apresiasi sekaligus perpisahan dari Toyota terhadap produk 86 yang dibuatnya.


Sebenarnya, Toyota Inggris tidak menyebutkan bahwa produksi mobil ini benar-benar berakhir. Melainkan, pengadaan film pendek ini memberi pertanda bahwa akan ada versi terbaru dari 86.


“Ini bukanlah akhir dari cerita, masih ada bab berikutnya,” ujar pihak Toyota Inggris.

Toyota memberitahu bahwa mereka telah menyiapkan All New Toyota 86 versi terbaru dengan performa yang lebih memuaskan. Peluncurannya ada di sekitar tahun 2021, tepatnya ada di kuartal ketiga yaitu bulan Juli hingga September.


Lokasi peluncuran pertama kalinya di Amerika Serikat dengan tambahan nama baru di depannya, yakni Gazoo Racing atau yang disingkat GR.


Gazoo Racing (GR) merupakan divisi performa dan tim balap di perusahaan Toyota. Terdapat mobil lain yang sudah memakai nama depan GR, seperti Yaris dan Supra.


Gazoo Racing (GR) juga bertanggung jawab atas perlombaan ketahanan mobil atau dikenal dengan Le Mans. Tipe 86 terbaru ini diprediksi akan menggunakan dapur pacu mesin yang lebih baru yaitu turbocharged berkapasitas 2,4 liter.


Jadi, sudah percaya kalau faktanya film pendek yang diciptakan oleh Toyota bukanlah tanda berakhirnya versi Toyota 86. Jangan sedih lagi ya, Tunas Friends. Anggap saja film pendek ini sebagai momen indah perjalanan 86 sejak pertama kali lahir ke dunia.


Baca juga: Harga dan Spesifikasi Lengkap Toyota Alphard Tipe X, G, dan 3.5 Q


Spesifikasi Toyota FT 86

Saat ini, Toyota FT 86 dibekali dengan mesin Boxer berkapasitas 1.998 cc dan berteknologi DOHC 4-silinder. Dilengkapi dengan 6-percepatan sistem transmisi manual (M/T) dan sistem transmisi otomatis (A/T & A/T TRD).


Dapur pacunya mengandalkan mesin legendaris dengan teknologi balap Naturally Aspirated dan Limited Slip Differential (LSD). Tenaga yang dihasilkan pun mencapai 200 PS per 7.000 RPM dengan torsi maksimum 20,9 Kgm per 6.600 RPM.


Selain performanya yang tangguh, mobil ini didukung oleh suspensi yang nyaman. Di mana suspensi depan menggunakan MacPherson Strut, sementara suspensi belakangnya menggunakan Double Wishbone.


Pada bagian remnya, memanfaatkan Ventilated Disc untuk rem depan dan juga rem belakang. Tujuannya, supaya seluruh penumpang dan pengemudi di dalamnya selalu merasakan kenyamanan terbaik saat melakukan perjalanan.


Tidak hanya kenyamanan dan performa mesin yang mumpuni, Toyota juga mampu menciptakan mobil sport yang aman digunakan. Dilengkapi dengan beberapa fitur keselamatan yang canggih dan ramah pengguna.


Seperti, fitur 3-Points Seat Belt dengan pretensioner dan force limiter untuk menjaga keselamatan setiap penumpang. Lalu, fitur Dual SRS Airbags dengan teknologi Restrain System Airbags untuk meminimalisir cedera parah saat terjadi kecelakaan.


Tersemat pula fitur keselamatan di bagian remnya, yaitu Anti-lock Braking System (ABS) dan Brake Assist (BA). Kedua fitur ini digunakan untuk memastikan keamanan maksimum saat melakukan pengereman tanpa terjadi slip dan selalu dalam keadaan stabil.


Selain itu, terdapat fitur Front and Rear Disc Brake yang disematkan pada setiap roda. Fitur ini dapat meningkatkan keamanan Tunas Friends dan penumpang lainnya ketika berkendara.


Baca juga: Masih Tidak Bisa Membedakannya? Ini Perbedaan Toyota Alphard dan Vellfire


Harga Toyota 86

Di bawah ini merupakan tabel yang berisi daftar harga Toyota 86 dari Tunas Toyota. Harga Toyota 86 yang tercantum disesuaikan dengan OTR Jakarta per Februari 2021.



Harga Toyota 86 dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Oleh karena itu, selalu cek perkembangannya secara lebih lengkap di Tunas Toyota.


Baca juga: Sejarah Toyota Land Cruiser, dari Mobil Militer hingga Mobil Presiden


Bagi Tunas Friends yang ingin memiliki mobil Toyota FT 86, ketahui spesifikasinya terlebih dahulu, lalu sesuaikan dengan budget yang Tunas Friends miliki. Jika sudah mempertimbangkannya secara matang, silakan hubungi Tunas Toyota!


Sementara itu, jika Tunas Friends tengah mencari dan membutuhkan jasa servis mobil, Tunas Friends bisa melaukan booking service mobil Toyota Anda di sini untuk menikmati pelayanan servis mobil yang memuaskan dari Tunas Toyota.



5 views0 comments
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2021

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company