Toyota bZ4X, Mobil SUV Listrik Pertama dari Toyota


toyota bz4x
Sumber: Toyota Global

Kabar baik lagi mengenai mobil listrik Toyota yang belakangan ini menjadi perbincangan masyarakat. Toyota perlahan-lahan merealisasikan rencana-rencananya untuk meluncurkan mobil listrik di seluruh dunia.


Bahkan, beberapa di antaranya sudah muncul di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021 di JIExpo Kemayoran. Toyota juga tengah melangsungkan uji coba mobil listrik di The Nusa Dua, Bali.


Kali ini, Toyota Global memiliki rencana memproduksi mobil SUV listrik pertama yang dinamakan Toyota bZ4X. Pembuatan mobil listrik ini dianggap sangat menguntungkan karena termasuk kendaraan ramah lingkungan tanpa polusi dan hemat bahan bakar.


Sebelum mengetahui koleksi mobil listrik yang nantinya akan diproduksi oleh Toyota, Tunas Friends juga sebaiknya mengetahui berbagai produk Toyota standar yang juga memiliki beragam keunggulan yang dapat diandalkan.



Nah, sekarang, mari membahas tentang Toyota bZ4X. Simak artikelnya berikut yang berisi spesifikasi singkat mobil listrik yang mulai menarik perhatian sebagian besar masyarakat Indonesia.


Baca juga: Mobil Listrik Toyota yang Dibuat di Indonesia


Toyota Global Meluncurkan Toyota bZ4X

Toyota Global secara resmi memperkenalkan mobil Sport Utility Vehicle (SUV) listrik yaitu Toyota bZ4X. Calon SUV listrik pertama Toyota ini menjadi tanda bahwa Toyota akan mulai bermain di segmen crossover bertenaga listrik.


Mobil listrik juga mulai ramai diperbincangkan di dunia otomotif dunia. Dikarenakan keunggulannya yang mumpuni dan dapat diandalkan, tentunya melebihi mobil-mobil standar pada umumnya.


Kabarnya, Toyota berencana meluncurkan bZ4X pada pertengahan tahun 2022, dimulai dari negara Jepang dan China sebelum nantinya ke negara-negara lain termasuk Indonesia.


Mobil ini merupakan hasil dari pengembangan teknologi bersama Subaru. Di mana, bZ4X akan memanfaatkan platform e-TNGA yang didesain khusus untuk kendaraan elektrifikasi Toyota.


Dari namanya, ada kata bZ yang berarti Beyond Zero. Inisial bZ juga akan dijadikan sebagai sebutan untuk keluarga mobil listrik Toyota yang akan datang. Bahkan, Toyota telah mengajukan merek dagang untuk bZ1X sampai bZ5X.


Inisial ‘X’ menunjukkan bahwa mobil tersebut memiliki sistem all wheel drive, jika tidak ada huruf ‘X’ itu berarti sebaliknya.


Adapun rencana Toyota yang lainnya, bahwa perusahaan asal Jepang ini akan memiliki 7 (tujuh) model mobil listrik bZ yang tersebar di seluruh dunia pada tahun 2025 mendatang.


Toyota juga berniat menciptakan sekitar 70 produk dengan model elektrifikasi lainnya, hingga model mobil pickup listrik seperti Toyota Dyna.


Baca juga: Spesifikasi Toyota C+pod, Mobil Listrik Toyota Rp200 Jutaan di Jepang


Eksterior Toyota bZ4X

Model eksterior bZ4X berkonsep modern dan futuristik. Terdapat grille dengan bentuk heksagonal berukuran kecil di bagian bawah, juga sejenis ‘insang’ vertikal di ujung kanan dan kiri mobil.


Headlamp-nya cukup tajam dengan empat elemen yang telah memanfaatkan teknologi LED. Pada lampu daytime running light (DRL) bagian atas, terdapat aksen strip.


Kemudian, di bagian samping ada lekukan yang terlihat berotot dan sedikit tajam. Sementara itu, bagian belakangnya dihiasi strip lampu LED yang berbentuk memanjang dari kiri ke kanan. Serta, konsep LED bertumpuk horizontal membuat terlihat semakin futuristik.


Baca juga: Apa itu Mobil Hybrid? Mengenal Lebih Dalam Mobil Hybrid Toyota


Interior Toyota bZ4X

Sama halnya dengan tampilan interior bZ4X yang juga tampak futuristik. Setir kemudinya bergaya seperti setir kemudi pesawat terbang, di baliknya tersemat instrumen cluster digital yang didesain masa kini.


Tidak hanya itu, tersedia fitur hiburan dengan layar lebar di bagian atas konsol tengah, serta tombol untuk melakukan pengaturan AC di bawahnya. Di konsol tengah terdapat tombol kontrol mode penggerak, tombol untuk memilih sistem bantuan pengemudi, dan touchpad.


Baca juga: Amankah Mobil Hybrid Toyota Melintasi Banjir?


Fakta-Fakta Menarik Mengenai Toyota bZ4X

Adapun fakta-fakta menarik yang berkaitan dengan mobil listrik bZ4X, yaitu:

  1. Memakai platform khusus BEV dengan memadukan wheelbase panjang dengan overhang pendek. Desainnya khas, dengan nuansa interior seperti sedan segmen-D.

  2. Rodanya unik, dilengkapi juga dengan sistem keamanan. Juga, memberi kesan luas pada interiornya.

  3. Mengadopsi sistem steer-by-wire dengan sensasi mulus dan nyaman saat berkendara, sesuai dengan keinginan para pengendara.

  4. Penempatan panel instrumen agak rendah dan visibilitas tinggi sehingga bisa menikmati pengalaman berkendara yang aman dan terjamin.

  5. Telah mengadopsi sistem penggerak AWD baru. Mengedepankan kinerja berkendara yang aman dan menyenangkan, serta respons yang baik dengan kinerja off-road.


Baca juga: Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Camry Hybrid dan Bensin, Lebih Irit dari Sedan Sejenis


Mulai Dijual di 2022

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa Toyota bZ4X akan diperkenalkan ke masyarakat pada tahun 2022. Mobil listrik ini merupakan SUV listrik yang pernah ditampilkan di Auto Shanghai 2021.


“Konsep Toyota bZ4X memberikan pilihan lain dalam portofolio mobil listrik kami yang sudah kuat,” ujar Bob Carter, Executive Vice President of Sales Toyota Motor North America.

Mobil ini nantinya akan bergabung dengan jajaran kendaraan listrik ramah lingkungan, yang sekarang telah menyumbang sebesar 40% dari penjualan di Amerika Serikat, termasuk baterai, hidrogen, hybrid, dan plug-in hybrid.


Indonesia harus bersabar karena bZ4X lebih dulu akan diperkenalkan di Jepang dan China. Satu persatu, pada akhirnya ke seluruh dunia.


Baca juga: Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Corolla Altis Hybrid dan Bensin, Sama-Sama Irit


Mobil listrik yang harganya belum diketahui pasti ini juga membutuhkan perawatan berkala yang ekstra hati-hati. Sama seperti mobil Toyota yang Tunas Friends miliki sekarang. Pilih bengkel resmi terpercaya seperti Tunas Toyota, booking service mobil Toyota Anda di sini sekarang yuk!



34 views0 comments