• Admin

Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Camry Hybrid dan Bensin, Lebih Irit dari Sedan Sejenis



Toyota Camry merupakan salah satu mobil sedan yang terkenal di Indonesia karena pernah dipakai sebagai kendaraan untuk mobilitas pejabat di berbagai generasi. Bahan bakar Toyota Camry ini termasuk yang paling irit dibandingkan sedan jenis lainnya.


Tampilannya juga premium dan berkelas. Itulah mengapa Toyota Camry 2021 banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Toyota Indonesia memperkenalkan Camry dalam beberapa tipe, yaitu 2.5 G, 2.5 V, dan 2.5 HV (Camry Hybrid).


Perbedaan antara Toyota Camry jenis biasa dan hybrid terletak pada konsumsi bahan bakarnya. Selebihnya kurang lebih sama, termasuk performa dan fitur-fiturnya. Camry versi bensin juga masih diminati oleh banyak orang.



Sama halnya dengan Camry hybrid yang juga disenangi oleh sebagian masyarakat lainnya. Bahan bakar Camry hybrid lebih efisien dan hemat.



Kenyamanan memang yang utama tetapi setidaknya juga perlu memperhatikan tentang efisiensi bahan bakar yang digunakan. Walaupun pemiliknya kebanyakan kalangan menengah atas, konsumsi BBM akan berdampak langsung pada pengeluaran sehari-hari.


Daripada menerka-nerka alasannya dan kebenarannya, mari simak artikel berikut ini untuk mengetahui perbedaan dari konsumsi BBM Toyota Camry versi hybrid dengan versi bensinnya.


Baca juga: Inilah Perbedaan Toyota Camry Tipe G dan V, Lengkap dengan Harga dan Spesifikasinya


Konsumsi BBM Camry Hybrid

Teknologi semakin berkembang, Toyota tidak ingin kehilangan kesempatan untuk mengembangkan inovasi produknya menjadi lebih baik. Karena inilah, kendaraan ramah lingkungan Camry hybrid diciptakan.


Kendaraan berjenis sedan ini memiliki tenaga mesin yang besar, namun konsumsi BBM yang sangat irit. Berdasarkan pengujian media nasional dalam jarak tempuh tertentu didapat data berikut.


Dengan mesin A25A-FXS berkapasitas 2.487 cc, tenaga yang dihasilkan cukup besar dan dapat berjalan secara lebih maksimal dengan jarak tempuh yang jauh. Rata-rata konsumsi bahan bakarnya yaitu 24 km/liter.


Mengapa bisa efisien?


Ini dikarenakan dukungan teknologi motor listrik yang disematkan di dalamnya. Dinamo akan bekerja secara bergantian dengan bensin untuk lebih menekan konsumsi BBM jadi jauh lebih hemat.


Saat dinamo bekerja, energi pun kerap disimpan tanpa ada yang terbuang. Jika dijelaskan, cara kerja sistem hybrid ini melalui sisa energi kinetik ketika deselerasi yang dikonversi menjadi daya listrik, lalu daya tersebut disimpan pada baterai.


Kemudian, energi listrik digunakan saat berada di kecepatan rendah dan akselerasi awal, supaya lebih hemat bahan bakar.


Baca juga: 8 Kelebihan Toyota Camry Hybrid, Lengkap dengan Spesifikasi dan Harga


Konsumsi BBM Toyota Camry Bensin

Sementara All New Camry versi bensin, memakai mesin 2AR-FE berkapasitas 2.494 cc mampu mengeluarkan tenaga yang cukup besar dengan performa optimal. Berdasarkan pengujian media otomotif Indonesia, rata-rata konsumsi BBM-nya mencapai 9,8 - 12 km/liter.


Rata-rata 9,8 km/liter adalah konsumsi hanya di dalam kota. Sedangkan rata-rata 12 km/liter dilihat dari konsumsi sampai ke luar kota.


Jika dibandingkan dengan rata-rata konsumsi mobil sedan atau mobil MPV lainnya yang berkapasitas 1.500 cc, Toyota Camry 2021 ini hampir setara bahkan masih lebih irit bahan bakarnya. Apalagi dihitung untuk pemakaian sehari-hari.


Baca juga: 6 Kelebihan Toyota Corolla Altis Hybrid, Sedan Hybrid Termurah Toyota


Spesifikasi Toyota Camry 2021

Spesifikasi Camry Hybrid

Dibekali dengan mesin yang cukup tangguh dan mampu memberi performa yang dapat diandalkan. Sudah disebutkan di awal, Camry Hybrid menggunakan mesin A25A-FXS 4-silinder dengan sistem transmisi otomatis CVT.


Kapasitas tangkinya mencapai 50 liter. Serta, tenaga yang dikeluarkan sebesar 178 PS per 5.700 RPM dengan 221 Kgm (bensin) dan 202 Kgm (motor listrik) per 3.600-5.200 RPM.


Suspensinya mengandalkan MacPherson Strut dan Double Wishbone untuk lebih bisa meredam getaran saat berkendara. Juga, Ventilated Disc Brake dan Solid Disc Brake supaya tetap seimbang saat berada di kecepatan tinggi.


Mengarah pada fiturnya, versi hybrid ini sudah mengusung knalpot Dual Chrome-tipped Exhaust yang mampu melakukan pembakaran secara lebih optimal. Serta, Enchanting LED Front Lamp dan Bold LED Rear Lamp yang didesain aerodinamis.


Pada interiornya, terdapat fitur Convenient Rear Seat Control dengan pengaturan canggih dan Head Unit berteknologi layar sentuh berukuran 9 inci. Sistem kemudinya menggunakan fitur Advanced Steering Wheel yang terintegrasi dengan Head Unit.


Dilengkapi juga dengan fitur Exciting Moon Roof dengan teknologi tilt dan slide, Tunas Friends akan merasakan pengalaman berkendara yang sangat menyenangkan.


Ada pula fitur keselamatannya, meliputi SRS Airbags, Rear Cross Traffic Alert, dan Blind Spot Monitor. Ditambah Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking-Force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA) yang mampu mencegah ban mobil tergelincir.


Baca juga: Sejarah Toyota Corolla dari Generasi Pertama Hingga Corolla Altis


Spesifikasi Toyota Camry

Mobil berkapasitas 2.494 cc ini memanfaatkan mesin 2AR-FE 4-silinder Dual VVT-i dengan kapasitas tangki 60 liter. Dilengkapi sistem transmisi otomatis 6-percepatan sequential pada tipe 2.5 V dan 2.5 G.


Tenaganya mencapai 183 PS per 6.000 RPM dengan torsi maksimum 239 Kgm per 4.100 RPM. Suspensinya sama dengan versi hybrid, yaitu mengandalkan MacPherson Strut dan Double Wishbone. Ditambah rem Ventilated Disc Brake dan Solid Disc Brake.


Camry 2021 menggunakan knalpot yang sama dengan hybrid yaitu Dual Chrome-tipped Exhaust. Serta, keberadaan Enchanting LED Front Lamp dan Bold LED Rear Lamp yang didesain gagah.


Pindah ke bagian interiornya, ada fitur Convenient Rear Seat Control dan Head Unit berteknologi layar sentuh dengan ukuran 9 inci. Sistem kemudinya menggunakan fitur Advanced Steering Wheel yang terintegrasi dengan Head Unit.


Terdapat pula fitur Vibrant Color Head-Up Display berteknologi drive smarter dan fitur MID dengan layar TFT yang atraktif.


Fitur keselamatannya pun tidak berbeda, ada SRS Airbags, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitor, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking-Force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).


Baca juga: Harga dan Spesifikasi Lengkap Toyota Alphard Tipe X, G, dan 3.5 Q


Harga Toyota Camry

Terakhir, mari simak harga Toyota Camry berikut ini. Tabel berisi daftar harga Toyota Camry mengikuti harga OTR Jakarta per Februari 2021 dan dapat berubah sewaktu-waktu.



Baca juga: Masih Tidak Bisa Membedakannya? Ini Perbedaan Toyota Alphard dan Vellfire


Masih ragu dengan efisiensi bahan bakar Toyota Camry 2021? Lihat spesifikasinya Toyota Camry 2021 di sini dan Toyota Camry Hybrid di sini sebelum benar-benar membelinya. Versi bensin atau hybrid, keduanya sama-sama hemat BBM, kok. Tinggal sesuaikan saja dengan budget yang Tunas Friends miliki.


Atau, Tunas Friends sedang mencari lokasi servis yang terpercaya? Bengkel resmi Tunas Toyota solusinya! Booking service mobil Toyota Anda sekarang dan rasakan pelayanan dengan kualitas terbaik!

7 views0 comments
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2021

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company