• Admin

Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Corolla Altis Hybrid dan Bensin, Sama-Sama Irit



Corolla Altis masih menjadi mobil sedan pilihan masyarakat Indonesia. Melihat keunggulan suspensi Corolla Altis yang nyaman dan dapur pacu yang mendukung performa optimal, membuat mobil ini terus dianggap sebagai mobil idaman.


Toyota Corolla Altis memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang irit dan efisien, baik yang berbahan bakar bensin maupun hybrid. Benarkah begitu?


Corolla Altis versi hybrid dengan versi bensin biasa tidak terlalu memiliki perbedaan yang mencolok. Baik performa dan fiturnya. Spesifikasinya kurang lebih sama.



Pada model hybrid, terdapat penambahan metode pembakaran menggunakan motor listrik dalam meningkatkan performanya. Bahan bakar yang dikonsumsi oleh model hybrid sangatlah hemat.



Selain kenyamanan, Tunas Friends juga perlu memperhatikan biaya yang mungkin akan dihabiskan untuk satu unit mobil selama satu bulan atau satu tahun. Termasuk, biaya untuk BBM-nya.


Selagi membahas konsumsi Corolla Altis 2021, mari simak perbandingannya antara versi bensin dan versi hybrid berikut ini.


Baca juga: Sejarah Toyota Corolla dari Generasi Pertama Hingga Corolla Altis


Konsumsi BBM Corolla Altis Bensin

Corolla Altis 2021 semakin mengembangkan sayapnya. Melalui performa dan fitur canggihnya, mobil ini kerap disandingkan oleh pesaing lain yang memiliki kesamaan kapasitas mesin.


Untuk kalangan sedan menengah dan berkelas, Altis memiliki tenaga mesin yang tangguh. Namun, penggunaan bahan bakarnya justru sangat irit. Berbekal mesin 4 silinder dengan kapasitas 1.798 cc, dapur pacunya sanggup menghasilkan tenaga yang besar.


Berdasarkan data yang didapat, mobil sedan ini mampu melaju 0-100 km/jam dalam waktu 10,9 detik. Dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, bahan bakar yang digunakan mencapai 14 km/liter khusus rute dalam kota.


Sementara pada rute bebas hambatan, Altis versi bensin yang dikendarai dengan kecepatan rata-rata sebesar 90 km/jam menghabiskan bahan bakar sebesar 19,6 km/liter. Sangat pas jika Tunas Friends menggunakannya sebagai mobilitas sehari-hari.


Baca juga: 6 Kelebihan Toyota Corolla Altis Hybrid, Sedan Hybrid Termurah Toyota


Konsumsi BBM Toyota Corolla Altis Hybrid

Beralih ke Altis Hybrid, teknologi yang disematkan pada mobil ini terbilang canggih dengan performa yang cukup tangguh. Terutama untuk menempuh jalur tempuh dalam kota maupun luar kota.


Dengan jantung penggerak ganda, yaitu bensin dan motor listrik, mobil ini dikatakan unggul dan kuat menempuh perjalanan jauh tanpa menghabiskan banyak bahan bakar. Dengan rata-rata di atas 20 km/liter.


Toyota Electrified Vehicle Journalist Test Drive membuktikan bahwa Corolla Altis versi hybrid masuk ke dalam daftar unit mobil dengan bahan bakar yang paling hemat di antara mobil Toyota berteknologi hybrid lainnya.


Dengan tenaga yang besar, mobil Corolla Altis mencatat angka 26 km/liter sebagai rata-rata penggunaan bahan bakarnya. Sehingga Altis hybrid meraih posisi kedua sebagai mobil hybrid paling hemat (setelah Toyota C-HR).


Baca juga: Spesifikasi Lengkap Toyota Corolla Cross 2020 Indonesia


Spesifikasi Corolla Altis 2021

Spesifikasi Corolla Altis Bensin

Altis versi bensin dibekali dengan mesin berkapasitas 1.798 cc 4 silinder 16 katup bertipe DOHC dengan teknologi VVT-i yang cukup tangguh dan mampu memberi performa yang dapat diandalkan.


Memiliki kapasitas tangki 50 liter dan telah menggunakan teknologi EFI sebagai sistem pemasukan bahan bakar bensin.


Dilengkapi dengan sistem transmisi otomatis CVT 7-percepatan (tipe G dan tipe V). Tenaga yang dihasilkan mencapai 140 PS per 6.400 RPM dengan torsi maksimum sebesar 17,5 Kgm per 4.000 RPM.


Suspensinya mengandalkan MacPherson Strut di bagian depan dan Double Wishbone di bagian belakang. Ditambah rem Ventilated Disc dan Solid Disc, sehingga stabilitasnya lebih terjamin.


Pada fitur eksteriornya, tersemat velg Striking Alloy Wheels berukuran 17 inci dengan tampilan mewah. Lalu, tampak desain baru pada grille dan bumper yang lebih besar. Ada pula fog lamp di sisi kanan dan kiri mobil bagian depan.


Tunas Friends akan melihat ruang kabin yang cukup luas dengan desain Modern Center Cluster pada dasbornya. Terdapat pula fitur Advanced Multimedia System berukuran 4.2 inci dan Attractive MID berukuran 4.2 inci.


Setir kemudinya sudah mendukung fitur pengaturan sistem audio. Kemudian, keberadaan fitur Electronic Parking Brake dan Drive Mode dapat dimanfaatkan ketika berkendara.


Di samping itu, ada juga fitur-fitur keselamatan yang disematkan. Seperti, fitur Clearance Sonar System berteknologi 6 sensor ultrasonik di bagian depan dan belakang untuk meminimalisir potensi tabrakan.


Tambahan kelengkapan fitur Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert, Adaptive Cruise Control and Pre-Collision System, Lane Departure Alert with Steering Control, dan Automatic High Beam.


Serta, fitur keselamatan pada bagian rem yaitu Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking-Force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), dan Vehicle Stability Control (VSC).


Baca juga: Review dan Harga Toyota Corolla Cross Hybrid, Mobil Hybrid Termurah Toyota


Spesifikasi Corolla Altis Hybrid

Mobil berkapasitas 1.798 cc ini menggunakan mesin 2ZR-FXE 4-silinder 16-katup berteknologi VVT-i dengan kapasitas tangki 43 liter. Dilengkapi pula dengan sistem transmisi otomatis CVT.


Tenaga maksimal yang dihasilkan yaitu 95 PS per 5.200 RPM dengan torsi maksimum sebesar 14.47 Kgm per 4.000 RPM.


Suspensinya sama dengan versi bensin, yaitu mengandalkan MacPherson Strut di bagian depan dan Double Wishbone di bagian belakang. Ditambah rem Ventilated Disc Brake dan Solid Disc Brake.


Tersemat velg Striking Alloy Wheels berukuran 17 inci pada fitur eksteriornya. Lalu, tampak desain baru pada grille dan bumper yang lebih besar. Ada pula fog lamp di sisi kanan dan kiri mobil bagian depan.


Ruang kabinnya juga cukup dengan desain Modern Center Cluster pada bagian dasbor. Terdapat fitur Integrated Multimedia System berukuran 4.2 inci dan Progressive Combination Meter berukuran 7 inci.


Setir kemudinya sudah mendukung fitur pengaturan sistem audio. Kemudian, keberadaan fitur Electronic Parking Brake, serta Drive Mode & EV Mode dapat dimanfaatkan ketika berkendara.


Selain itu, ada pula beberapa fitur keamanan dan keselamatan yang melekat. Seperti, fitur Clearance Sonar System, Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert, Adaptive Cruise Control and Pre-Collision System, Lane Departure Alert with Steering Control, dan Automatic High Beam.


Ditambah fitur keselamatan lain pada bagian rem yaitu Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking-Force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), dan Vehicle Stability Control (VSC).


Baca juga: Perbedaan Toyota Corolla Cross Bensin dan Hybrid


Harga Corolla Altis

Terakhir, mari simak harga Corolla Altis berikut ini. Tabel berisi daftar harga Corolla Altis mengikuti harga OTR Jakarta per Februari 2021 dan dapat berubah sewaktu-waktu.



Baca juga: Hasil Memuaskan Uji Tabrak Toyota Corolla Cross dari ASEAN NCAP


Bagi Tunas Friends yang masih meragukan efisiensi bahan bakar Toyota Corolla Altis, mari lihat spesifikasi lengkap Toyota Corolla Altis 2021 di sini dan di sini untuk spesifikasi lengkap Toyota Corolla Altis Hybrid. Segera miliki mobilnya dan rasakan kenyamanannya! Hubungi Tunas Toyota sekarang, yuk!

7 views0 comments
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2021

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company