Search
  • Admin

Masih Bingung? Inilah Penjelasan Apa Itu BBM dan Jenis-Jenisnya


Apa itu BBM?
Apa itu BBM?

Saat ini sedang ramai perbincangan mengenai BBM, namun sudah taukah tunas friends sebenarnya apa itu BBM dan seperti apa saja jenis-jenis BBM yang saat ini dijual di Indonesia?


Sebelum membahas lebih dalam, sebenarnya apa sih BBM itu? Bahan Bakar Minyak atau yang sering kita sebut dengan BBM merupakan bahan bakar yang digunakan oleh alat transportasi seperti mobil dan juga sepeda motor.


Baca juga: Jangan salah inilah kepanjangan SPBU yang sebenarnya


Namun seperti kita ketahui bahan bakar minyak ini bukan hanya digunakan oleh mobil melainkan digunakan juga untuk transportasi lainnya seperti udara dan laut.


Perlu Tunas Friends ketahui juga ternyata bahan bakar yang digunakan oleh mobil dan sepeda motor dengan pesawat terbang serta transportasi lainnya memiliki memerapa perbedaan loh Tunas Friends.


Lalu sebenarnya ada berapakah jenis bahan bakar ini, Yuk kita simak pembahasan mengenai jenis-jenis BBM.


Jenis-jenis BBM

Seperti penjelasan di awal, BBM ini memiliki banyak jenisnya yang tidak hanya digunakan untuk kendaraan bermotor saja, bahkan ada juga yang memang diperuntukkan untuk beberapa kegiatan rumah tangga. Menurut Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), BBM dikelompokkan menjadi 9 jenis, yaitu:


Aviation Gasoline (Avgas)

Avgas ini merupakan salah satu jenis BBM yang terbuat dari fraksi minyak bumi. BBM jenis ini khusus diperuntukkan oleh pesawat terbang yang memiliki mesin piston yang menggunakan sistem pengapian atau sistem pembakaran dalam.


Baca juga: Konsumsi bbm toyota yaris yang irit


Aviation Turbine (Avtur)

Bahan bakar satu ini juga diperuntukan bagi pesawat terbang. Avtur sendiri merupakan bahan bakar yang mirip dengan Avgas yang membedakan antara Avtur dengan Avgas yaitu Avtur memiliki sistem external combustion (pembakaran luar) selain itu Avtur juga dapat digunakan pada mesin turbin.


Minyak Tanah (Kerosin)

Bahan bakar yang satu ini banyak digunakan untuk keperluan rumah tangga, salah satunya adalah menjadi bahan bakar untuk menyalakan kompor. Minyak tanah sendiri adalah minyak bumi yang memiliki titik didih 150 sampai dengan 300 derajat celcius. Minyak tanah ini memiliki karakteristik yaitu penampakannya yang tidak memiliki warna.


Baca juga: Kelebihan mesin diesel dan mesin bensin toyota innova


High Speed Diesel

HSD atau High Speed Diesel biasanya digunakan untuk kendaraan yang memiliki mesin diesel injeksi mekanik dan juga elektronik. Bahan bakar High Speed Diesel ini diperuntukkan untuk mesin diesel dengan kecepatan tinggi. Selain untuk kendaraan yang bermesin diesel, BBM jenis ini juga sering digunakan untuk mesin industri dengan jenis diesel.


Minyak Diesel

Jenis bahan bakar ini berbeda dengan HSD. Minyak diesel ini khusus diperuntukkan bagi mesin diesel dengan memiliki kecepatan sedang (medium speed diesel), sedangkan HSD diperuntukkan bagi mesin diesel dengan kecepatan tinggi. Biasanya minyak diesel sering sekali digunakan kapal laut yang dapat disebut Marine Diesel Fuel (MDF).


Biodiesel

Bahan bakar alternatif sebagai pengganti minyak diesel adalah Biodiesel. Bahan bakar Biodiesel terbuat dari sumber daya seperti minyak nabati. Kandungan yang terdapat pada bahan baka Biodiesel ini kebanyakan 95% minyak diesel petroleum (minyak bumi) ditambah minyak kelapa sawit (crude palm oil) yang sudah menjadi Fatty Acid Methyl Ester sebesar 5%.


Baca juga: Inilah keunggulan dan kekurangan toyota fortuner dengan mesin diesel


Minyak Bakar

Minyak bakar ini merupakan hasil dari proses pengumpulan sisa kimia dari minyak bumi yang memiliki tingkat kekentalan tinggi. Bahan bakar ini biasanya digunakan pada industri besar, bahkan digunakan pada sistem pembangkit listrik tenaga uap yang menggunakan proses pembakaran langsung.


Bensin

Jenis bahan bakar yang terakhir ini mungkin yang sering kita jumpai, karena BBM jenis bensin merupakan bahan bakar yang banyak digunakan untuk bahan bakar kendaraan yang digunakan sebagai sarana transportasi.


Bahan bakar ini khususnya digunakan untuk mesin yang menggunakan sistem pengapian. Ternyata bahan bakar berjenis bensin ini terbagi lagi kedalam beberapa jenis loh. Kategori ini biasa disebut dengan RON.


Baca juga: Simak! inilah alasan mengapa mobil anda tidak lulus uji emisi


BBM Kategori Bensin berdasar nilai RON


RON 88

Bahan bakar dengan RON 88 ini merupakan produk BBM yang memiliki nilai oktan paling rendah diantara yang lainnya. Bahan bakar ini sangat direkomendasikan untuk kendaraan yang memiliki kompresi mesin rendah yaitu 9:1. Biasanya kita mengenal bahan bakar dengan ron 88 sebagai bensin jenis premium.


RON 90

Bahan bakar dengan RON 90 ini merupakan salah satu bahan bakar yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena bahan bakar dengan RON 90 ini memiliki harga yang relatif terjangkau untuk kocek masyarakat. Selain itu, kebanyakan mobil juga cocok dengan oktan yang satu ini.


Baca juga: Super irit! inilah konsumsi bbm avanza


Bahan bakar jenis RON 90 ini mungkin sering kita kenal sebagai bahan bakar berjenis pertalite. Di indonesia sendiri, bahan bakar jenis ini merupakan salah satu bahan bakar yang mendapatkan subsidi dari pemerintah.


RON 92

Bahan bakar ini memiliki oktan dengan minimal 92. Bahan bakar berjenis RON 92 ini lebih cocok untuk kendaraan seperti mobil modern yang memiliki perbandingan kompresi 10-11:1 atau bisa juga untuk kendaraan yang sudah menggunakan teknologi Electronics Fuel Injection (EFI).


BBM jenis ini sering kita kenal dengan bahan bakar pertamax, BBM jenis ini juga memiliki teknologi ecosave yang dapat berfungsi sebagai pembersih bagian dalam mesin (detergency).


RON 98

Jenis bahan bakar dengan RON 98 ini pertama kali diluncurkan di Belgia. BBM jenis ini banyak digunakan untuk mesin mobil dengan teknologi yang tinggi.


Baca juga: Sangat irit, yuk cek estimasi konsumsi bbm toyota calya


Kompresi mesin yang sangat cocok dengan bahan bakar ini yaitu dengan perbandingan 11-13:1. Nah, bahan bakar ini juga dikenal tidak merusak kualitas udara atau ramah lingkungan.


Harga bahan bakar jenis ini memang tergolong lebih mahal dibandingkan dengan yang lainnya, namun dengan teknologi dan kandungan yang ada didalamnya tentu akan memberikan performa yang baik untuk kendaraan Tunas Friends semua.


Itulah pembahasan singkat mengenai apa itu BBM dan apa saja jenis-jenis BBM yang saat ini dijual di Indonesia. Jadi tunas friends memakai bahan bakar yang mana untuk mobil toyota kesayangannya? Komen di bawah ini yah.

177 views0 comments