4 Kelebihan dari Mesin Diesel 2GD-FTV pada Toyota Innova, Fortuner, & Hilux


mesin diesel

Mobil yang menggunakan mesin diesel semakin marak dipilih karena performanya yang lebih tangguh dibandingkan mesin bensin biasa. Beberapa mobil Toyota yang memanfaatkan mesin diesel yaitu Toyota Innova, Toyota Fortuner, dan Toyota Hilux.


Ketiga mobil yang disebutkan di atas sama-sama menggunakan mesin bertipe 2GD-FTV dengan teknologi diesel. Penggunaan mesin ini diketahui memiliki banyak keunggulan, terutama dari segi performa.


Mesin diesel tidak menggunakan busi seperti mesin bensin atau mesin gas pada umumnya. Melainkan menggunakan panas kompresi untuk menyalakan bahan bakar yang diinjeksikan ke ruang bakar.


Nah, apabila Tunas Friends berminat untuk membeli salah satu di antara mobil Toyota Innova, Toyota Fortuner, dan Toyota Hilux, jangan ragu untuk mengunjungi situs web resmi Tunas Toyota.



Berikut ini adalah empat kelebihan dari mesin diesel yang dapat Tunas Friends ketahui sebelum memutuskan untuk membeli mobil. Siapa tahu bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk kemudian disesuaikan dengan kebutuhan Tunas Friends.


Baca juga: 3 Alasan Utama Memilih Toyota Innova Diesel Matic


4 Kelebihan Mesin Diesel Toyota (2GD-FTV)

Tenaga yang Besar

Seperti yang sudah disinggung di awal, bahwa mesin ini bekerja dengan cara mengandalkan proses pemadatan kompresi bahan bakar untuk memicu pembakaran. Proses inilah yang dapat meningkatkan performa sebuah mobil.


Dalam menciptakan mobil berbahan bakar diesel, Toyota memanfaatkan beragam teknologi mutakhir yang fokus pada peningkatan kinerja ruang bakar mesin 2GD-FTV.


Teknologi yang dimaksud adalah Thermo Swing Wall Insulation dan piston yang dilengkapi dengan Silica Reinforced Porous Aluminium. Gunanya untuk meningkatkan efisiensi pada termal agar mampu melalui proses pembakaran yang sempurna.


Akhirnya, mobil dapat menghasilkan tenaga dengan putaran mesin yang jauh lebih maksimal dan dapat diandalkan.


Baca juga: Spesifikasi Lengkap Toyota Venturer Diesel dan Harga Innova Venturer 2021


Torsi yang Merata

Selanjutnya, penggunaan bahan bakar diesel dapat menghasilkan torsi yang merata di seluruh putaran mesin. Berkat adanya teknologi Variable Nozzle Turbocharger (VNT) pada mesin 2GD-FTV, tekanan udaranya dapat diatur sesuai dengan putaran mesin.


Selain itu, berfungsi juga untuk meminimalisir gejala turbo terjeda (lag) ketika sedang menunggu tekanan turbo masuk ke ruang bakar.


Baca juga: Kupas Tuntas Perbedaan Toyota Hilux Single Cabin dan Double Cabin


Lebih Hemat BBM

Di samping memaksimalkan efisiensi pada termal, proses pembakaran yang sempurna di dalam ruang bakar juga berdampak positif pada jumlah bahan bakar yang digunakan.


Sebab, semakin baik proses pembakarannya, maka semakin hemat dan akurat konsumsi bahan bakarnya. Mau dibawa berkendara dengan jarak tempuh dekat maupun jauh dan di dalam kota maupun luar kota, pemakaiannya akan tetap hemat.


Keberadaan perangkat teknologi VNT juga mampu membuat pemakaian bahan bakar lebih efisien dan cenderung irit sekitar 15% daripada mesin diesel versi sebelumnya.


Baca juga: Total Biaya Servis Berkala Toyota Innova Diesel 2021


Eco-Friendly

Terakhir, keunggulan mesin diesel versi terbaru yang tersemat pada Toyota Innova, Toyota Fortuner, dan Toyota Hilux adalah ramah lingkungan. Kadar emisinya cenderung rendah dan lebih bersih saat pembakaran, berbeda dengan mesin diesel yang dulu.


Salah satu tujuan Toyota mengembangkan bahan bakar diesel pada mesin 2GD-FTV yaitu untuk mereduksi kadar emisi gas buangnya. Teknologi yang digunakan adalah Selective Catalytic Reduction (SCR) yang ditempatkan di sekitar area pembakaran.


Teknologi SCR ini mampu mengurangi kandungan nitrogen oksida yang dikeluarkan oleh mesin, jumlahnya bisa sampai 99%.


Baca juga: Ide Modifikasi Agresif ala Toyota C-HR GR Sport


Spesifikasi dan Harga Toyota Innova

toyota innova

Toyota Innova diesel tersedia dalam kapasitas 2.393 cc dengan sistem transmisi manual 5-percepatan dan sistem transmisi otomatis 6-percepatan. Menggunakan mesin 2GD-FTV 4-silinder dan 16-katup berteknologi DOHC dengan VNT Intercooler.


Mesinnya mampu menghasilkan tenaga mencapai 149 PS per 3.400 RPM dengan torsi maksimum 36,7 Kgm per 1.200-2.600 RPM.


Berdasarkan harga OTR per Februari 2021, harga Toyota Innova berada di kisaran Rp370,7 juta hingga Rp442,9 juta. Angka ini dapat berubah sewaktu-waktu, jadi pantau terus perkembangan harganya.


Baca juga: Spesifikasi Toyota Innova Diesel dan Harga Kijang Innova Terbaru 2021


Spesifikasi dan Harga Toyota Fortuner

toyota fortuner

Toyota Fortuner diesel tersedia dalam kapasitas 2.393 cc dengan sistem transmisi manual 5-percepatan dan sistem transmisi otomatis 6-percepatan. Menggunakan mesin 2GD-FTV 4-silinder dan 16-katup berteknologi DOHC dengan VNT Intercooler.


Mesinnya mampu menghasilkan tenaga mencapai 149,6 PS per 3.400 RPM dengan torsi maksimum 40,8 Kgm per 1.600-2.000 RPM.


Berdasarkan harga OTR per Februari 2021, harga Toyota Fortuner berada di kisaran Rp509,9 juta hingga Rp709,5 juta. Angka ini dapat berubah sewaktu-waktu, jadi pantau terus perkembangan harganya.


Baca juga: Spesfikasi Toyota Fortuner VRZ TRD Diesel dan Harga Fortuner 2021 Terlengkap


Spesifikasi dan Harga Toyota Hilux

toyota hilux

Toyota Hilux diesel tersedia dalam kapasitas 2.393 cc dengan sistem transmisi manual 6-percepatan dan sistem transmisi otomatis 6-percepatan. Menggunakan mesin 2GD-FTV 4-silinder dan 16-katup berteknologi DOHC dengan VNT Intercooler.


Mesin Hilux Double Cabin mampu menghasilkan tenaga mencapai 149,6 PS per 3.400 RPM dengan torsi maksimum 40,8 Kgm per 1.600-2.000 RPM.


Berdasarkan harga OTR per Februari 2021, harga Toyota Hilux D-Cab berada di kisaran Rp429,75 juta hingga Rp497,65 juta. Angka ini dapat berubah sewaktu-waktu.


Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Liburan Offroad Bersama Toyota Hilux


Ganti mobil lama Tunas Friends menjadi mobil berbahan bakar diesel, yang tentunya dapat menghemat pengeluaran bulanan! Selain tangguh, Toyota Innova, Toyota Fortuner, dan Toyota Hilux D-Cab sangat cocok untuk menemani perjalanan sehari-hari Tunas Friends.


Jangan lupa untuk mengunjungi situs web resmi Tunas Toyota untuk mengetahui perkembangan harga mobil terbaru dan pelayanan produk lainnya!



105 views0 comments