Search

Toyota Global Resmi Meluncurkan GR 86 Terbaru


toyota gr 86
Sumber: Toyota Global

Toyota GR 86 akhirnya resmi muncul pada bulan April 2021. Tambahan Gazoo Racing (GR) tersemat di tengah-tengah nama Toyota 86. Pada Toyota GR 86, nuansanya kerap berbeda dengan mobil GR lainnya karena memiliki ciri khas masing-masing.


GR 86 sengaja didesain khusus untuk performa berkendara tingkat tinggi dan bertenaga besar. Konfigurasi mesin depan dengan penggerak roda belakang yang digunakan sangat responsif dan dapat diandalkan.


Mobil keluaran Toyota sejak tahun 2012 ini, biasa dimanfaatkan sebagai mobil balap. Total penjualannya sudah sampai 200.000 unit, bahkan lebih dari itu. Seluruh dunia telah mengakui bahwa mobil Toyota 86 GR memiliki performa dan fitur canggih yang mumpuni.



Tipe mobil balap GR 86 bisa Tunas Friends jadikan koleksi dan teman perjalanan di kala sedang bosan. Sekarang, saatnya simak artikel ini untuk mengetahui pembahasan detail mengenai peluncuran Toyota 86 GR.


Baca juga: Ide Modifikasi Toyota 86 Seperti AE-86 Anime Initial D


Toyota GR 86 Resmi Meluncur

Bulan April menjadi awal diperkenalkannya Toyota GR 86. Dengan performa mesin yang bertenaga dan tampilan desain yang mewah, membuat mobil balap versi terbaru ini banyak dicari oleh masyarakat.


Baik itu collector maupun masyarakat biasa yang sedang ingin membeli mobil sport bernuansa baru, menjadikan Toyota 86 sebagai pilihan kendaraan beroda empat yang paling tepat untuk dikendarai.


Tunas Friends akan jadi lebih percaya diri saat berkendara dengan mobil ini. Sebab, siapa yang tidak kenal GR 86? Model mobil ini sudah sangat mendunia dan memiliki ketertarikan tersendiri.


Bagaimana Tunas Friends? Siap untuk memilikinya? Hubungi dealer resmi Tunas Toyota dan dapatkan promo-promo menarik yang sangat menguntungkan!


Baca juga: Film Pendek untuk Produksi Terakhir Toyota 86


Ganti Nama Menjadi GR 86

Awalnya, mobil sport dengan model coupe berkapasitas empat penumpang ini muncul dengan nama Toyota 86 atau sering disebut 86 saja. Namun, untuk versi terbarunya, dibentuk nama baru dengan tambahan GR.


GR sendiri diambil dari singkatan Gazoo Racing yang merupakan merek performa dan motor sport Toyota, sama seperti produk Toyota sebelumnya yaitu GR Supra dan GR Yaris.


Walaupun berganti nama, mobil ini dikembangkan dengan platform yang sama. Komposisinya juga serupa yaitu dengan kapasitas 2+2 penumpang, menggunakan sistem penggerak roda belakang, dan memiliki mesin boxer di bagian depan.


Baca juga: Mulai 25 Maret, 126 Unit Toyota Yaris GR Sudah Bisa Dipesan


Toyota 86 Juga Mengganti Dapur Pacunya

Tanpa disadari, GR 86 dianggap lebih bertenaga dari versi sebelumnya. Memanfaatkan mesin 2.387 cc non-turbo dengan 4-silinder. Dapur pacunya cukup mengesankan dan performanya pun dapat diandalkan.


Tenaga yang dihasilkan hingga 235 PS per 7.000 RPM dan torsi mencapai 250 Nm per 3.700 RPM. Tentunya tenaga yang disebutkan lebih besar dari Toyota 86 versi sebelumnya.


Dengan mesin terbarunya, terasa lebih responsif untuk 0-100 km/jam yang dapat ditempuh hanya dengan 6,3 detik. Sementara sistem transmisinya adalah manual 6-percepatan, ada pula pilihan sistem transmisi otomatis 6-percepatan.


Tunas Friends bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga tidak perlu khawatir saat memutuskan. Sebelum membeli sebuah mobil baru, memang harus benar-benar memikirkan banyak pertimbangan, Tunas Friends!


Baca juga: Spesifikasi, Perbedaan, dan Harga Toyota GR Yaris di Indonesia


Spesifikasi dan Fitur yang Terdapat di Toyota 86 GR

Adapun spesifikasi Toyota 86 lainnya, seperti fitur Head Unit berukuran 7 inci dengan berbagai menu fungsional yang sangat ramah pengguna dan layar MID TFT yang lebih atraktif.


Melihat besarnya, 86 versi terbaru memiliki dimensi panjang 4.265 mm, lebar 1.775 mm, dan tinggi 1.310 mm, serta jarak sumbu roda (wheelbase) sekitar 2.575 mm. Didukung pula dengan velg ban bertipe 215/40 dan berukuran 18 inci.


Khusus 86 dengan sistem transmisi otomatis 6-percepatan, telah memanfaatkan teknologi EyeSight atau yang dikenal sebagai Driver Assist Technology. Teknologi ini merupakan sistem keselamatan komprehensif yang menjadi standar mobil 86.


Mobil ini juga memaksimalkan aliran udara dari depan ke belakang untuk memperkuat downforce dan tentunya akan memudahkan pengendalian.


Baca juga: Berubah Menjadi Cabriolet, Ini Dia Toyota GR Supra Super Top


Toyota GR 86 Bisa Dinikmati dengan Gratis

Bagi para pecinta mobil balap harus mengetahui hal ini! Kini, Tunas Friends bisa menikmati pengalaman berkendara yang menyenangkan menggunakan Toyota 86 GR tanpa harus membelinya alias gratis.


Tunas Friends bisa melakukannya di dalam game balap mobil Gran Turismo Sport yang ada di game konsol PlayStation 4.


Unit Toyota 86 versi terbaru akan diikuti dalam Gran Turismo Sport di event Toyota Gazoo Racing GT Cup. Para pembalap virtual bisa menggunakan GR 86, GR Supra, dan GR Yaris untuk memenangkan pertandingan.


Toyota Gazoo Racing GT Cup memiliki 7 (tujuh) sesi kualifikasi dan 1 (satu) ronde final. Setiap peserta akan bergantian memakai unit GR 86, GR Supra, dan GR Yaris dalam pertandingan. Balapan virtual ini akan diadakan pada 25 April 2021, siap-siap ya!


Baca juga: Ide Modifikasi Agresif ala Toyota C-HR GR Sport


Rencanakan budget Tunas Friends untuk segera memiliki Toyota 86 GR! Tunas Friends bisa menghubungi dealer resmi Tunas Toyota atau kunjungi langsung ke cabang lokasi terdekat.


Namun, sebagai alternatif, Tunas Friends bisa memilih memilih Toyota GR Supra dengan performa yang lebih besar dan fitur-fiturnya yang canggih. Tampilannya pun keren dan mampu menemani perjalanan Tunas Friends sepanjang hari.


Demikian ulasan mengenai kemunculan New GR 86 di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menginspirasi!