Search

Berubah Menjadi Cabriolet, Ini Dia Toyota GR Supra Super Top


toyota gr supra

Toyota GR Supra menjadi mobil sport legendaris yang sering kali dijadikan koleksi bagi sebagian masyarakat. Di Indonesia, Toyota Supra dianggap unik dan berpenampilan elegan. Kecepatan merupakan keunggulan utama dari Toyota GR Supra.


Performanya sangat dapat diandalkan. Selain itu, tampilan eksteriornya juga menjadi daya tarik tersendiri. Namun, Tunas Friends tahu tidak? Toyota mendesain Toyota GR dalam versi terbaru yang jauh lebih modern untuk ajang otomotif SEMA di Amerika Serikat.


Mobil versi terbarunya bernama Toyota GR Supra Super Top. Dengan desain tanpa atap, menambah kesan elegan dari mobil ini. Tunas Friends bisa melihat pemandangan malam dan menikmati angin sejuk saat berkendara. Sayangnya, versi Super Top tidak dijual di Indonesia.



Model cabriolet pada mobil sport memang sangat terkenal karena tampak lebih “keren” dibandingkan mobil bermodel coupe. Selain itu, model Cabriolet juga dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang.


Pada artikel kali ini, akan dibahas beberapa penjelasan singkat mengenai perubahan yang terjadi pada Toyota GR Supra. Mulai dari latar belakangnya, modifikasi, hingga performa dari versi terbarunya.


Baca juga: Perubahan Toyota Supra Terbaru dengan Pendahulunya MK4


Latar Belakang Pembuatan Toyota GR Supra Super Top

Pada awalnya, bentuk mobil Supra berbentuk coupé seperti layaknya mobil-mobil sport pada umumnya. Namun, perusahaan Toyota di Amerika Serikat berencana meluncurkan Supra modifikasi, yang semula berdesain coupe menjadi cabriolet.


Cabriolet merupakan istilah desain kendaraan sedan sport dua pintu yang memiliki kap atas terbuka. Definisinya tidak jauh berbeda dengan coupé, namun model coupé berarti model tertutup (tanpa fitur kap atas terbuka).


Mobil Supra modifikasi ini dinamakan Toyota GR Supra Super Top. Sengaja dihadirkan sebagai bentuk penghormatan pada Supra generasi ke-4 yang saat ini masih populer di masyarakat.


Sekaligus sebagai respons atas tanggapan terhadap Supra GR Heritage Edition yang dimunculkan pada booth Toyota di Sema Show tahun 2019.


Baca juga: Ide Modifikasi Toyota 86 Seperti AE-86 Anime Initial D


Modifikasi yang Tidak Mudah

Rencana ini akhirnya menjadi kenyataan. Toyota memulai proyek modifikasi dengan pengembangan yang belum pernah dilakukan sebelumnya, yaitu menghilangkan bagian atap tanpa menghilangkan struktur penting pada mobil Supra.


Toyota memastikan bahwa tingkat kekakuan mobil tidak akan berkurang, meskipun bagian atapnya dihilangkan. Dalam hal ini, atap GR Supra versi terbaru dapat dilepas seluruhnya dan disimpan di dalam bagasi, sangat berbeda dengan cabriolet pada umumnya.


Modifikasi yang tidak mudah ini dilakukan langsung di Michigan, Amerika Serikat, oleh Toyota North America Research & Development.


Bermula dari pembuatan panel komposit pada atap yang dibuat dengan pencetakan 3D khusus. Kemudian, didesain sedemikian rupa supaya senada dengan garis bodinya.


Sementara itu, struktur kaca depan dan struktur bodi pada bagian luar digunakan sebagai struktur basis kendaraan. Supaya struktur bodi tetap utuh saat terjadi tabrakan, maka diperkuat dari bagian bawah tepatnya dari ruang mesin sampai ke kabin belakang.


Tidak hanya struktur bodi dan atapnya, mobil ini juga mendapat pembaruan pada diffuser belakang. Tujuan diffuser ini dibuat yaitu untuk membuat aliran udara di kolong mobil menjadi lebih efisien.


Sistem knalpot juga dilakukan pembaruan desain, termasuk knalpot custom dengan pipa ganda di bagian tengah.


“Pemotongan atap mobil ini bukan perkara mudah. Kami sangat berhati-hati dalam menghilangkan bagian penting dari struktur sebuah kendaraan,” kata Marty Schwerter, Kepala Pengembangan GR Supra Super Top.

Tentu saja, berdasarkan perkataan Marty Schwerter, menghilangkan bagian atap mobil menjadi pekerjaan yang sangat rumit dan membutuhkan kecermatan untuk menjaga kekakuan GR Supra.


Baca juga: Film Pendek untuk Produksi Terakhir Toyota 86


Modifikasi Eksterior Toyota Supra Super Top

Hasil modifikasi ini terbilang cukup impresif dan terlihat alami. Selain atap terbuka, dilakukan juga modifikasi perangkat eksterior lainnya. Seperti, model custom headlamp, disematkan set lensa lingkaran berbentuk blok akrilik dengan aura Supra A80.


Lalu, sayap belakang khas MKIV diperbarui supaya proporsinya mirip dengan Supra A90. Desain diffuser belakang dibuat lebih gahar dan mengganti ventilasi fender bagian depan untuk mengurangi tekanan udara di belakang ban.


Baca juga: Sejarah Toyota Land Cruiser, dari Mobil Militer hingga Mobil Presiden


Performa Mobil Supra Super Top

Dapur pacu mobil Supra ini juga turut dimodifikasi, seperti pengaturan turbo yang dikembangkan oleh Precision Turbo & Engine agar bisa memadatkan udara 18% lebih banyak ke jantung 6-silinder B58. Manajemen mesinnya pun dikalibrasi ulang.


Ada pula penyematan intake custom dan buangan knalpot sebesar 3 inci. Ini membuat Toyota GR Supra mampu mengeluarkan tenaga lebih dari 500 HP.


Pada kaki-kakinya, Toyota menjalin kerja sama dengan Scarbo Performance dalam pengubahan suspensi belakang menjadi model rocker arm. Tujuannya agar mudah memasang ban lebar tanpa merombak bodi mobil.


Jenis velg belakangnya berupa HRE P107SC palang 5 berukuran 19x11 inci yang dibalut dengan ban Toyo Proxes R888R 305/30R19. Sementara velg bagian depan menggunakan jenis yang sama dengan ukuran 19x10,5 inci yang dilapisi ban bertipe 295/30R19.


Dilengkapi dengan kuda-kuda yang semakin sangar melalui suspensi coilover tein dan sistem deselerasinya ditingkatkan dengan rem brembo monobloc berdiameter besar.


Baca juga: Harga dan Spesifikasi Lengkap Toyota Alphard Tipe X, G, dan 3.5 Q


Nah, bagaimana? Pasti semakin penasaran dengan bentuk Toyota GR Supra Super Top yang super canggih dan super sporty. Modifikasi mobil Supra ini memang tidak dijual di Indonesia, namun Tunas Friends bisa memilih produk Supra lain yang sama tangguhnya.


Coba deh, kunjungi situs web resmi Tunas Toyota dan lihat spesifikasi Toyota GR Supra. Atau, lihat Toyota 86 yang juga memiliki spesifikasi mumpuni sebagai mobil sport yang modern dan elegan.


Ayo tentukan pilihanmu, Tunas Friends!