Search
  • Admin

Spesifikasi, Perbedaan, dan Harga Toyota GR Yaris di Indonesia

Updated: Sep 19


toyota gr yaris
Sumber: Toyota JP

Toyota GR Yaris diluncurkan sejak September 2020. Mobil berjenis hatchback buatan Toyota Gazoo Racing ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh mobil hatchback lainnya. Jumlah produksi dan penjualannya pun tidak banyak, melainkan terbatas.


Mobil Toyota GR Yaris memiliki penampilan yang sporty dan berukuran mini. Desainnya pun modern dan memberi kesan elegan, sehingga sangat cocok bagi Tunas Friends yang ingin dimanja oleh mobil kesayangan.


Baca juga: Bingung memilih tipe mobil yaris? ikuti tips ini sebelum membeli


Teknologinya juga terbilang canggih dan nyaman digunakan. Namun, tidak semua bisa memilikinya karena stok produksinya terbatas. Bahkan, belum sempat dipasarkan secara resmi di Indonesia, Toyota Yaris GR sudah habis terjual dalam hitungan hari.


Ini dikarenakan masyarakat Indonesia sudah lebih dahulu pesan sebelum benar-benar diluncurkan secara resmi di Indonesia. Walaupun begitu, Tunas Friends bisa membeli Toyota Yaris versi konvensional di Tunas Toyota, lho!



Bicara tentang Toyota GR Yaris, ternyata ada versi Yaris lainnya yaitu Yaris GR yang juga menarik hati para warga Indonesia. Lalu, apakah ada perbedaan di antara keduanya? Simak artikel lengkapnya berikut ini.


Baca juga: Simak! inilah 5 perbedaan toyota yaris terbaru vs lama


Spesifikasi Lengkap Yaris GR

Mesin Toyota GR Yaris
Mesin Toyota GR Yaris

Pertama, mari simak spesifikasinya. Yaris GR dibekali mesin bertipe G16E-GTS 3 Cylinders, In-Line, DOHC 4 valve Roller Rocker, with Turbocharger dan kapasitas 1.618 cc. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 261 PS per 6.500 RPM dan torsi mencapai 360 Nm per 3.000-4.000 RPM.


Dilengkapi dengan sistem transmisi manual 6-percepatan. Toyota menyebutnya dengan Intelligent Manual Transmission with Rev-Matching Function. Di mana, tenaga disalurkan ke roda melalui sistem GR-Four 4WD.


Baca juga: Mengenal 4 tipe yaris 2022 terbaru


GR Yaris mempunyai dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.805 mm, dan tinggi 1.455 mm, serta wheelbase sekitar 2.560 mm. Sementara ground clearance-nya 124 mm dan radius putarnya 5,31 m.

Toyota GR Yaris Depan
Toyota GR Yaris Depan

Mobil dengan kapasitas bahan bakar 50 liter ini memakai suspensi depan Macpherson Strut dan suspensi belakang Double Wishbone pada kaki-kakinya. Lalu, remnya dilengkapi dengan Ventilated Disc Brake.


Selain itu velg yang dipakai berbahan alloy dengan ukuran 18 inci, dilapisi ban bertipe 225/40. Baik di Thailand, Jepang, maupun Indonesia memanfaatkan mesin dan fitur yang sama.


Baca Juga: Agya vs Yaris! mobil hatchback mana yang paling cocok untukmu?


Perbedaan GR Yaris dan Yaris GR

Sebelum hadir GR Yaris, Toyota sempat meluncurkan varian Yaris GR. Sekilas kedua mobil ini memiliki nama yang sama, namun ternyata kedua mobil ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan, loh. salah satunya kita dapat melihat dari perbedaan harga yang cukup signifikan. Didukung dengan fitur-fiturnya yang juga berbeda.


Dari segi eksteriornya, Yaris TRD Sportivo atau yang saat ini kita kenal dengan Yaris GR Sport memiliki dimensi yang lebih panjang dan lebih tinggi (4.145 mm x 1.730 mm x 1.500 mm) dibandingkan Yaris GR yang cenderung lebih ringkas dan simpel.

Interior Toyota GR Yaris
Interior Toyota GR Yaris

Keduanya sama-sama mampu menampung kapasitas hingga 5 orang, namun pada sisi interiornya masih unggul GR Yaris karena pada Toyota Yaris GR memang sengaja dirancang untuk bermanuver dan sangat terasa vibes mobil balapnya.


Yang unik adalah, berbeda dari toyota Yaris biasa, Toyota GR Yaris ini merupakan mobil yaris 2 pintu. Bukan hanya sekedar tampilan, yaris 2 pintu ini tentu memiliki funsinya tersendiri untuk meningkatkan performa dari mobil ini.


Baca juga: Mengulik lebih dalam spesifikasi mesin toyota yaris


Jok yang digunakan sudah menggunakan model sport dengan setir kemudi khas balap, ditambah nuansa hitam di seluruh interiornya. Pada pedal gas, rem, dan kopling dilapisi aluminium. Ada pula head unit 7” dan layar MID TFT 4,2” di dalam Yaris GR ini.


Sementara itu, apabila Tunas Friends mencari ruang kabin yang lebih lega dan nyaman, Tunas Friends bisa memilih Yaris versi GR Sport. Dibekali dengan interior bernuansa silver dan dilengkapi fitur hiburan, serta kamera parkir yang modern.


Kemudian, melihat performanya, versi TRD Sportivo memiliki kapasitas mesin 1.496 cc berteknologi DOHC Dual VVT-i dengan tenaga 107 PS dan torsi 145 Nm. Sistem transmisinya tersedia dalam dua pilihan, yaitu CVT dan M/T 5-percepatan.


Sangat berbeda dengan versi GR, di mana tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 261 PS dan torsi puncaknya 360 Nm dengan kapasitas mesin 1.618 cc. Transmisinya pun menggunakan transmisi manual 6-percepatan, dilengkapi teknologi GR-Four 4WD.


Terakhir, perbedaannya terletak pada harga. Toyota Yaris GR Sport dibanderol seharga Mulai dari 308.100.000 hingga 325.700.000 (OTR DKi Jakarta pada septemeber 202w) sedangkan harga versi GR, Tunas Friends bisa simak penjelasan lengkapnya di poin berikutnya.


Baca juga: Berubah Menjadi Cabriolet, Ini Dia Toyota GR Supra Super Top


Harga Toyota GR Yaris

Toyota GR Yaris Samping
Toyota GR Yaris Samping

GR Yaris dijual terbatas karena produksi di Jepang sangatlah sedikit. Toyota mengatakan bahwa mobil ini diproduksi di Jepang dengan target penjualan sekitar 1.100 unit per bulannya.


Toyota GR Yaris di Jepang tersedia dalam varian RS, RC, dan High Performance. Harganya mencapai 2,7 juta - 4,6 juta Yen atau setara dengan Rp367 juta - Rp633 juta Rupiah.


Di Thailand, mobil ini dijual seharga 2,7 Baht atau setara dengan Rp1,2 miliar jika dirupiahkan. Sementara di Malaysia, harganya menyentuh 299 ribu Ringgit atau sekitar Rp1,03 miliar jika dirupiahkan.


Toyota GR Yaris yang dijual di Indonesia juga dipastikan dalam Permendagri Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor.


Mobil yang satu ini dapat di katakan sebagai mobil yang cukup langka karena memang jumlah produksi yang tidak banya. Harga mobil GR Yaris ini sekitar 750 juta hingga 850 juta.


Harga ini hanya perkiraan, sebab pada kenyataannya mobil ini sudah ludes terjual sebelum ada peluncuran resmi di Indonesia. Benar-benar fenomena yang luar biasa, terlihat begitu menariknya mobil balap milik Toyota Yaris ini.


Baca juga: Ide Modifikasi Agresif ala Toyota C-HR GR Sport


Jangan khawatir, bagi Tunas Friends yang masih mencari mobil Toyota idaman, Toyota Yaris 2021 konvensional adalah jawaban yang paling tepat untuk dipilih. Fitur-fiturnya pun tidak kalah canggih, harganya pun bisa disesuaikan dengan budget yang Tunas Friends miliki.


Apabila Tunas Friends mencari mobil Toyota lainnya klik di sini, ada banyak jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan Tunas Friends. Berminat? Hubungi Tunas Toyota sekarang juga!



3,493 views0 comments